Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NOMENCLATUR DAN KLASIFIKASI Binomial nomenclature : Sistem penamaan mahkluk hidup dengan nama yang terdiri dari dua bagian Klasifikasi : pengelompokan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NOMENCLATUR DAN KLASIFIKASI Binomial nomenclature : Sistem penamaan mahkluk hidup dengan nama yang terdiri dari dua bagian Klasifikasi : pengelompokan."— Transcript presentasi:

1 NOMENCLATUR DAN KLASIFIKASI Binomial nomenclature : Sistem penamaan mahkluk hidup dengan nama yang terdiri dari dua bagian Klasifikasi : pengelompokan mahkluk hidup berdasarkan persamaan cirri Taksonomi : cabang dari biologi yang mempelajari klasifikasi mahkluk hidup.

2 Klasifikasi bakteri Bakteri diberi nama yang terdiri dari nama jenis (genus), spesies dan galur (strain). Nama spesies kadang-kadang menunjukkan sifat, warna atau penemunya. Contoh Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberculosis) Streptococcus albus (berwarna putih) Bacillus stearothermophilus (bersifat termofilik) Clostridium welchii (ditemukan oleh Welchii) Propionibacterium shermanii(ditemukan oleh Shermanii) Bakteri diklasifikasikan berdasarkan ciri struktur tubuhnya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : Archaebacteria (berdasarkan lingkungan ekstrimnya, Archaebacteria dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : bakteri metanogen, bakteri halofil dan bakteri termoasidofil) Eubacteria terdiri dari : bakteri dan Cyanobacteria (ganggang hijau biru)

3 Pembagian mahkluk hidup berdasarkan klasifikasi : Sistem dua Kingdom : Animalia dan Plantae Sistem tiga Kingdom : Animalia, Plantae dan Protista Sistem empat Kingdom : Animalia, Plantae, Protista, dan Monera Sistem Lima Kingdom : Animalia, Plantae, Protista, Monera dan Fungi Sistem enam Kingdom : Animalia, Plantae, Protista, Monera, Fungi dan virus

4 Klasifikasi sistem enam kingdom No Kelompok utamaCiri utama 1 MoneraProkariot, berukuran renik, uniseluler 2 ProtistaEukariot, uniseluler atau multiseluler yang sederhana, bersifat autotrof atau heterotrof dengan cara menyerap atau menelan makanan 3 FungiEukariot, sebagian besar multiseluler, menyerap zat-zat makanan dari lingkungan, 4 VirusAseluler, berukuran sangat renik, menunjukkan cirri kehidupan didalam sel organisme lain. 5 PlantaeEukariot, multiseluler dan melakukan fotosintesis 6 AnimaliaEukariot, multiseluler dan bersifat heterotrof

5 Klasifikasi bakteri Bakteri diberi nama yang terdiri dari nama jenis (genus), spesies dan galur (strain). Nama spesies kadang-kadang menunjukkan sifat, warna atau penemunya. Contoh Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberculosis) Streptococcus albus (berwarna putih) Bacillus stearothermophilus (bersifat termofilik) Clostridium welchii (ditemukan oleh Welchii) Propionibacterium shermanii(ditemukan oleh Shermanii

6 Bakteri diklasifikasikan berdasarkan ciri struktur tubuhnya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : Archaebacteria (berdasarkan lingkungan ekstrimnya, Archaebacteria dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : bakteri metanogen, bakteri halofil dan bakteri termoasidofil) Eubacteria terdiri dari : bakteri dan Cyanobacteria (ganggang hijau biru)

7 Archaebacteria 1.Bakteri metanogen adalah bakteri yang menghasilkan metana dari gas hydrogen dan CO 2 atau asam asetat. Metana disebut juga bioga.Hidup di rawa sebagai pengurai c/ Methanobacterium 2. Bakteri Halofil (halo=garam, Philos=suka) adalah bakteri yang hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi. Bakteri halofil hidup optimal pada lingkungan dengan kadar garam 20%. Beberapa jenis bakteri halofil membutuhkan lingkungan dengan kadar garam sepuluh kali lebih tinggi dari kadar garam air laut. c/ Halobacterium 3.Bakteri termoasidofil hidup di lingkungan ekstrim yang panas dan asam. Kondisi optimal untuk bakteri ini adalah Temp o C dengan pH 2-4 Bakteri ini terdapat pada daerah yang mengandung asam sulfat, misalnya kawah vulkanik c/ bakteri Sulfolobus dan Thermoplasma


Download ppt "NOMENCLATUR DAN KLASIFIKASI Binomial nomenclature : Sistem penamaan mahkluk hidup dengan nama yang terdiri dari dua bagian Klasifikasi : pengelompokan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google