Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARYAWAN. Keselamatan Karyawan Memantau secara ketat proses produksi (memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan semuanya telah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARYAWAN. Keselamatan Karyawan Memantau secara ketat proses produksi (memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan semuanya telah."— Transcript presentasi:

1 TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARYAWAN

2 Keselamatan Karyawan Memantau secara ketat proses produksi (memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan semuanya telah berfungsi dengan baik, menggunakan kacamata keselamatan dan peralatan lain yang dapat mencegah terjadinya cedera). Menekankan tindakan pencegahan khusus melalui seminar-seminar dan pelatihan.

3 PERLAKUAN YANG SEMESTINYA DARI KARYAWAN LAIN Harus memastikan bahwa karyawan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan lain dalam hal keragaman dan pencegahan pelecehan seksual.

4  Saat ini karyawan semakin beragam, lebih banyak wanita memasuki dunia kerja dan lebih banyak kaum minoritas yang memiliki keterampilan dan pendidikan yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan.  Latar belakang karyawan yang berbeda, suku berbeda, keyajinan berbeda, dapat menimbulkan konflik ditempat kerja.

5  Misal beberapa karyawan memiliki keyakinan politik yang kuat dapat menimbulkan perbedaan atau friksi dengan karyawan lain yang tidak memiliki keyakinan yang sama.  Beberapa karyawan mungkin lebih tua dibandingkan dengan karyawan yang lain sehingga dapat menyebabkan perbedaan padangan di dalam maupun diluar tempat kerja

6 Respon perusahaan terhadap keragaman tersebut Mencoba mengintegrasikan karyawan yang berbeda latar belakang agar belajar bekerja sama guna mencapai tujuan perusahaan. Menawarkan seminar-seminar mengenai keragaman, seperti keragaman budaya. Informasi seperti ini dapat membantu karyawan untuk mengenali bahwa pernyataan atau perilaku tertentu dapat berarti ofensif bagi orang lain.

7 Respon perusahaan terhadap keragaman tersebut Memiliki tim keragaman yang mengembangkan pedoman bagi perencanaan keragaman tenaga kerja dari bisnisnya.

8 PENCEGAHAN TERJADINYA PELECEHAN SEKSUAL Pelecehan seksual bisa terdiri dari:  Komentar  Tindakan yang bersifat seksual dan tidak dapat diterima.  Melakukan pelecahan seksual dengan mengandalkan kekuasaan pribadi dalam perusahaan untuk mengancam suatu pekerjaan karyawan lain.

9 RESPON PERUSAHAAN Menawarkan seminar mengenai pelecehan seksual sehingga dapat membantu karyawan untuk mengenali pernyataan atau perilaku yang merupakan ofensif bagi karyawan lain. Seminar bukan hanya tindakan tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan tetapi juga dapat meningkatkan produktifitas perusahaan dengan menolong karyawan untuk dapat bekerja sama.

10 PELUANG YANG SETARA Karyawan yang melamar sebaiknya tidak didiskriminasikan karena, Ras, Suku, negara gender atau agama. Hal yang bisa dilakukan:  Menugaskan seseorang untuk memantau proses perekrutan awal karyawan hingga menepakan kenaikan gaji dan promosi jabatan diperusahaan.

11 MEMUASKAN KARYAWAN  Wegman food market (New York) Menyediakan beasiswa kuliah bagi karyawan selam 20 tahun terakhir, baik penuh maupun paruh waktu. Juga Menyediakan pelatihan yang baik dan berkelanjutan guna memastikan bahwa karyawannya memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan mereka masing-masing sehingga tingkat perputaran karyawan akan lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lain.

12 Station Casinos (Nevada)  Menawarkan layanan dokter gigi yang lengkap dan tempat penitipan anak 24 jam bagi karyawannya. General Mills  Memberikan penggantian uang kuliah sampai $.6000 pertahun bagi karyawan barunya.

13 Publix Super Market  Menyediakan tunjangan kesehatan bagi karyawannya yang berkerja paruh waktu dan memberikan bonus cuti ekstra selam satu minggu.  Memiliki tempat fitness dan kebugaran, kolam renang, meja pingpong dan lapangan tenis bagi karyawannya.

14 Memastikan tanggungjawab pada karyawan Cool Jewel Company, menetapan pedoman untuk memastikan perlakuan yang adil terhadap karyawan antara lain:  Memberikan pelatihan mengenai keselamatan kerja pada karyawan yang membuat perhiasan.  Mengumumkan kepada seluruh karyawan bahwa pelecehan seksual tidak dapat ditoleransi dan menetapkan suatu prosedur pengaduan bagi mereka yang merasa dilecehkan.

15  Proses perekrutan fokus pada menemukan orang yang terbaik untuk setiap posisi dan menekankan peluang yang setara bagi semua suku dan gender. Sebagai hasil dari perlakuan yang baik bagi karyawan maka tingkat perputaran karyawan sangat renda diperusahaan ini, dan ini merupakan suatu alasan utama bagi keberhasilan dalam operasional perusahaan. Pertanyaan:

16 1.Mengapa tanggung jawab Cool Jewel terhadap karyawannya menghasilkan kinerja bisnis yang lebih baik? 2.Apakah sebaiknya kebijakan perekrutan Cool Jewel memungkinkan anggota keluarga karyawan yang ada saat ini direkrut?

17 TANGGUNG JAWAB PADA PEMEGANG SAHAM  Manajer harus memantau keputusan karyawan guna memastikan bahwa keputusan tersebut dibuat untuk kepentingan pemilik perusahaan.  Kompensasi perusahaan dapat berkaitan langsung dengan kinerja perusahaan.  contoh: Perusahaan dapat memberikan saham perusahaan kepada manajemen puncak sebagai bagian dari kompensasi.

18  Jika manajer membuat keputusan yang mengarah pada tingkat kinerja yang tinggi, nilai saham perusahaan akan meningkat dan oleh karena itu nilai saham yang dimiliki manajer tersebut akan meningkat.

19 Konflik dalam usaha memastikan tanggung jawab Beberapa manajer yang telah menerima saham kemudian melaporkan kinerja perusahaan yang lebih tinggi (padahal sifatnya hanya artifisial saja) pada periode dimana mereka ingin menjual saham yang dimilikinya sehingga mereka bisa menjual saham dengan harga tinggi, ini artinya manajer memanipulasi laporan keuangan untuk membesarkan kinerja perusahaan.

20 Konflik dalam usaha memastikan tanggung jawab Menyesatkan investor potensial maupun investor saat ini dengan sengaja tidak menyebut informasi yang relevan yang dapat membuat saham mereka menjadi jatuh. Membuat laporan dengan menerbitkan pendapatan dan laba yang terlalu dibesar- besarkan sehingga menyebabkan investor membayar terlalu banyak untuk saham perusahaan

21 contoh Bulan Januari 2001 CEO dari Oracle Corporation menjual 29 juta lembar saham yang dimiliki oleh oracle. Selama beberapa bulan berikutnya perusahaan mengungkapkan labanya untuk kuartal I tahun 2001 lebih rendah dari yang diperkirakan dan sebagai akibatnya harga saham oracle turun. Pemegang saham oracle menuduh bahwa CEO mengetahui hal tersebut saat melakukan penjualan saham sebelum mengungkapkan berita buruk tersebut dan akibatnya pemegang saham dirugikan.

22 BAGAIMANA PEMEGANG SAHAM MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB  Usaha aktif pemegang saham untuk mempengaruhi manajemen perusahaan ketika mereka tidak puas dengan gaji eksekutif perusahaan atau kebijakan lainnya.  Investor institusional: Lembaga keuangan yang membeli sejumlah besar saham. Misal perusahaan asuran menginvestasikan sejumlah besar premis asuransi yang diterimanya dalam saham.

23 BAGAIMANA PEMEGANG SAHAM MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB  Jika satu investor institusional yakin bahwa perusahaan dikelola dengan buruk, maka investor tersebut dapat mencoba bertemu dengan eksekutif perusahaan dan menyatakan ketidakpuasannya.  Berkolaborasi dengan investor institusional lainnya yang memiliki sejumlah besar saham perusahaan. Hal ini akan meningkatkan kekuasan lebih besar untuk negosiasi dengan eksekutif perusahaan.

24 Contoh tanggungjawab pada investor Dewan Direksi Cool Jewel Corporation telah mengembangkan suatu kebijakan kompensasi bagi para eksekutif puncaknya yang juga dimaksudkan untuk memuaskan investor (pemegang sahamnya). Para eksekutif menerima gaji dan lembar saham perusahaan stiap tahunnya. Hal tersebut dapat menjadi insentif dalam membuat keputusan yang akan meningkatkan kinerja perusahaan yang juga akan meningkatkan harga saham mereka bersambung.....

25 Sambungan... Untuk memastikan bahwa eksekutif tidak akan memanipulasi tingkat laba yang dilaporkan direksi mengharuskan para eksekutif untuk menyimpan sahamnya minimum 5 tahun. Hal ini mendorong eksekutif untuk mengambil keputusan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan. 1.Jelaskan mengapa eksekutif cool Jewel tidak akan tergoda untuk memanipulasi harga saham? 2.Jelaskan bagaimana dewan direksi menyesuaikan bauran gaji dan saham jika mereka ingin memberikan lebih banyak insentif kepada eksekutif untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan nilai saham, artinya melayani pemegang saham.

26 TANGGUNGJAWAB PADA KREDITOR Wajib memenuhi tanggungjawab keuangan kepada kreditor. Bila ada masalah keuangan diinformasikan kepada kreditor --- penundaan jatuh tempo, saran perbaikan kondisi keuangan. Hindari rekayasa untuk meningkatkan limit kredit. Konsekuensi bila wanprestasi --- perusahaan dipaksa pailit.

27 TELKOMSEL Telkomsel menunjuk Prima Jaya mendistribusikan kartu prima voucher isi ulang dan kartu perdana pra bayar. Adapun jumlah voucher yang harus didistribusikan Prima Jaya mencapai 10 juta kartu perdana dan 120 juta lembar voucher isi ulang, yang terdiri dari voucher isi ulang seharga Rp per lembar dan yang Rp per lembar. Perjanjian itu dibuat sejak tanggal 1 Juni 2011 untuk jangka waktu dua tahun.

28 Kerja sama itu kandas di tengah jalan. Prima Jaya menuding Telkomsel menghentikan pendistribusian kartu prabayar tersebut sejak 21 Juni 2012 lalu. Padahal Prima Jaya sudah mengirimkan dua kali pemesanan supaya voucher tersebut dikirimkan. Alhasil, Prima Jaya merasa dirugikan. Nilainya mencapai Rp 5,3 miliar. Kerugian inilah yang kemudian diklaim sebagai utang.

29 Berdasarkan pendapat ahli, dan sesuai dengan Undang-Undang kepalitan, hakim menyatakan perjanjian yang tidak dipenuhi dan bisa dinilai dengan uang bisa dikategorikan sebagai utang. Unsur adanya utang yang dapat ditagih dan jatuh tempo pun terpenuhi.

30 Telokmsel pailit JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Niaga Jakarta Pusat telah memutuskan bahwa PT Telkomsel berstatus pailit pada 14 September 2012 lalu. Lantas, apakah masih ada peluang bagi Telkomsel untuk menang saat banding?PT Telkomsel berstatus pailit Pada Jumat (21/9/2012), Telkomsel telah mengajukan kasasi ke pengadilan. Pihaknya siap beradu argumentasi dengan PT Prima Jaya Informatika selaku penggugat. Dalam memori kasasinya, Telkomsel menyertakan sejumlah alasan hukum mengapa dirinya tidak pantas dipailitkan oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.Telkomsel telah mengajukan kasasi

31 TINDAKANNYA MERUGIKAN KREDITOR Memang bila dilihat dari kesehatan keuangan, perseroan tidak mengalami masalah. Bahkan sangat jauh bila diberi status pailit. Namun, pengadilan ternyata tidak memandang perseroan dari kesehatan keuangannya. Tapi, pengadilan melihat apakah ada tindakan yang merugikan pihak lain atas kesepakatan yang telah dicapainya. Ternyata, pengadilan justru memenangkan pihak penggugat (PT Prima Jaya Informatika) dan Telkomsel terpaksa menerima status pailit.

32 Perlawanan telkomsel Memang bila dilihat dari kesehatan keuangan, perseroan tidak mengalami masalah. Bahkan sangat jauh bila diberi status pailit. Namun, pengadilan ternyata tidak memandang perseroan dari kesehatan keuangannya. Tapi, pengadilan melihat apakah ada tindakan yang merugikan pihak lain atas kesepakatan yang telah dicapainya. Ternyata, pengadilan justru memenangkan pihak penggugat (PT Prima Jaya Informatika) dan Telkomsel terpaksa menerima status pailit.

33 "Hanya ada satu senjata bagi Telkomsel untuk memenangkan kasus tersebut. Telkomsel harus all out dalam kasasi nanti. Buktikan dengan alasan yang kuat sehingga pengadilan bisa mencabut status pailit itu," kata pengamat telekomunikasi Heru Sutadi, Selasa (25/9/2012). Menurut Heru, Undang-undang nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan dan Penundaan Kewajiban Pemegang Utang ini memang sudah kepalang tanggung. Aturan tersebut sebenarnya muncul saat masa krisis moneter pada 1998 lalu. Saat itu, banyak perusahaan yang tidak mampu membayar utang atas kondisi yang ada sehingga muncullah aturan itu.

34 Masalahnya, kata Heru, aturan tersebut tidak membedakan antara perusahaan yang mampu membayar atau tidak. Pengadilan berhak memutus pailit bagi perusahaan yang sehat sekalipun, bila terindikasi melakukan kesalahan. "Nah, Telkomsel dianggap sama saja. Meski keuangannya sehat, labanya banyak, asetnya triliunan, kalau sudah diputus pailit, maka perusahaan pun harus patuh kepada hukum," jelasnya.

35 Saham TLKM Jeblok Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) langsung jeblok pada perdagangan awal pekan ini. TLKM terkena sentimen negatif dari berita keputusan pailit anak usahanya, Telkomsel, di Jumat lalu (15/9). Hingga penutupan perdagangan Senin (17/9/2012) sesi pertama, harga saham TLKM tergerus Rp 250 atau 2,59 persen ke level Rp

36 Direksi telkomsel dinilai arogan JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran direksi PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dinilai bersikap arogan ketika menyikapi permasalahan dengan PT Prima Jaya Informatika (PJI). Manajemen dianggap menyederhanakan gugatan PT PJI, hingga akhirnya berdampak buruk, yakni diputuskan pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.PT Telekomunikasi Selulerdiputuskan pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

37 Direksi arogan menganggap sepele. Kalau terjadi sesuatu, Anda (direksi) yang harus bertanggungjawab," kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar Enggartiasto Lukita, saat rapat dengan jajaran direksi PT Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/10/2012). Rapat itu digelar untuk mendengar penjelasan PT Telkomsel dan pemerintah terkait putusan pailit Telkomsel oleh PN Jakarta Pusat. Hadir dalam rapat Direktur Utama PT Telkomses Alex Sinaga, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Syukri Batubara.penjelasan PT Telkomsel

38


Download ppt "TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARYAWAN. Keselamatan Karyawan Memantau secara ketat proses produksi (memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan semuanya telah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google