Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Profesi Kependidikan Syahrudi, M.Pd. Apa yang Anda ketahui tentang Guru ?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Profesi Kependidikan Syahrudi, M.Pd. Apa yang Anda ketahui tentang Guru ?"— Transcript presentasi:

1 Konsep Profesi Kependidikan Syahrudi, M.Pd

2 Apa yang Anda ketahui tentang Guru ?

3 Guru adalah seorang yang mempunyai kemampuan dalam menata dan mengolah kelas (laurence D. Hazkew & jonathan). Guru adalah mereka yang secara sadar mengarahkan pengalaman dan tingkah laku dari seorang individu hingga dapat terjadi pendidikan (Jean D. Grambs & C. Morris).

4 Jadi, guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik. Orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan.

5 ”BAHWA ILMU PENGETAHUAN ITU LEBIH UTAMA DALAM SEGALA HAL, MAKA MEMPELAJARINYA ADALAH MENCARI YANG LEBIH MULIA, MAKA MENGAJARKANNYA PUN ADALAH MEMBERIKAN FAEDAH DAN KEUTAMAAN”. (AL. GHOZALI)

6 GURU MENUNTUT PARADIGMA BARU INI BUKAN HANYA BERTINDAK SEBAGAI PENYAMPAI INFORMASI, PENGALIHAN ILMU PENGETAHUAN, TETAPI SEBAGAI MOTIVATOR DAN FASILITATOR DALAM PBM.

7 Apa yang Anda ketahui tentang Profesi ?

8 ”Profesi pada hakekatnya adalah suatu pernyataan atau janji yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu”. (Prof.Piet Sahertian). ”Profesi adalah merupakan simbol dari suatu pekerjaan dan selanjutnya menjadi pekerjaan itu sendiri.” (Chandler).

9 Jadi, pengertian profesi mengajar adalah suatu jabatan yang mempunyai kekhususan, yakni memerlukan kelengkapan mengajar dan atau keterampilan yang menggambarkan bahwa seseorang itu melakukan tugas mengajar dan membimbing kepada para peserta didik.

10 Makna Profesional Ahli (Expert). Artinya ahli dalam bidang pengetahuan yang diajarkan dan ahli dalam tugas mendidik. Memiliki otonomi dan rasa tanggung jawab. Yang dimaksud dengan otonomi adalah suatu sikap profesional yang disebut mandiri yakni dapat mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Pengertian tanggung jawab disini adalah guru mampu memberi pertanggung jawaban dan kesediaan untuk diminta pertanggung jawaban (terhadap diri sendiri, siswa,orang tua, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara dan akhirnya kepada Tuhan Yang Maha Pencipta). Memiliki rasa kesejawatan. Salah satu tugas dari organisasi profesi adalah menciptakan rasa kesejawatan sehingga ada rasa aman dan perlindungan jabatan.

11 Ciri-ciri Guru sebagai Suatu Profesi. (Hoyle, dalam Prof. Piet Sahertian). 1.Hakekat suatu profesi adalah bahwa seorang guru itu lebih mengutamakan tugasnya sebagai suatu layanan sosial. 2.Suatu profesi dilandasi dengan memiliki sejumlah pengetahuan yang sistematis. 3.Suatu profesi punta otonomi yang tinggi artinya bahwa guru itu memiliki kebebasan dalam melaksanakan tugasnya, karena merasa mempunyai tanggung jawab moral yang tinggi. 4.Suatu profesi mempunyai kode etik. 5.Suatu profesi umumnya mengalami pertumbuhan terus menerus.


Download ppt "Konsep Profesi Kependidikan Syahrudi, M.Pd. Apa yang Anda ketahui tentang Guru ?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google