Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok Nyata Di Susun oleh :XI.IPS2 1.Emi Fitria Baharsyah 2.Fatmawati Nur Hidayah 3.Inez Novindriastuti 4.Talitha Lintang Pertiwi 5.Andreas Bagas K.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok Nyata Di Susun oleh :XI.IPS2 1.Emi Fitria Baharsyah 2.Fatmawati Nur Hidayah 3.Inez Novindriastuti 4.Talitha Lintang Pertiwi 5.Andreas Bagas K."— Transcript presentasi:

1 Kelompok Nyata Di Susun oleh :XI.IPS2 1.Emi Fitria Baharsyah 2.Fatmawati Nur Hidayah 3.Inez Novindriastuti 4.Talitha Lintang Pertiwi 5.Andreas Bagas K. 6.Brelian Santoso 7.M. Risky Nafi’an Di Susun oleh :XI.IPS2 1.Emi Fitria Baharsyah 2.Fatmawati Nur Hidayah 3.Inez Novindriastuti 4.Talitha Lintang Pertiwi 5.Andreas Bagas K. 6.Brelian Santoso 7.M. Risky Nafi’an

2 Pengertian Kelompok Nyata Kelompok nyata adalah kelompok yang kehadirannya selalu konstan (Tetap), namun belum tentu karena kesengajaan. Sekalipun mempunyai berbagai macam bentuk, macam-macam kelompok nyata itu mempunyai ciri-ciri yang sama, yaitu kehadirannya selalu konstan. Kelompok nyata adalah kelompok yang kehadirannya selalu konstan (Tetap), namun belum tentu karena kesengajaan. Sekalipun mempunyai berbagai macam bentuk, macam-macam kelompok nyata itu mempunyai ciri-ciri yang sama, yaitu kehadirannya selalu konstan.

3 Macam-macam Kelompok Nyata

4 1.Kelompok statistik (statistical group) Kelompok statistik adalah kelompok sosial yang dibentuk tanpa harus diketahui oleh anggota kelompok. Hal itu karena mereka tidak menyadari sebagai bagian dari kelompok. Selain itu, kelompok statistik ini biasanya dibentuk untuk kepentingan sensus penelitian. Kelompok statistik memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Tidak direncanakan, tidak disengaja, tidak mendadak, melainkan sudah terbentuk dengan sendirinya. Tidak terhimpun dan tidak terorganisir dalam wadah tertentu. Tidak ada interaksi, interelasi, dan komunikasi secara terus menerus. Tidak ada kesadaran berkelompok. Kehadirannya konstan. 1.Kelompok statistik (statistical group) Kelompok statistik adalah kelompok sosial yang dibentuk tanpa harus diketahui oleh anggota kelompok. Hal itu karena mereka tidak menyadari sebagai bagian dari kelompok. Selain itu, kelompok statistik ini biasanya dibentuk untuk kepentingan sensus penelitian. Kelompok statistik memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Tidak direncanakan, tidak disengaja, tidak mendadak, melainkan sudah terbentuk dengan sendirinya. Tidak terhimpun dan tidak terorganisir dalam wadah tertentu. Tidak ada interaksi, interelasi, dan komunikasi secara terus menerus. Tidak ada kesadaran berkelompok. Kehadirannya konstan.

5 Meskipun banyak ahli sosiologi tidak menganggap kelompok ini sebagai sociologically significant,tetapi pengelompokan ini akan besar manfaatnya untuk memperoleh data-data dalam suatu penelitian ilmiah yang berdasarkan statistik.Misalnya penggolongan kelompok menjadi kelompok anak-anak, wanita, dan orang tua, atau penggolongan kelompok berdasarkan pemilik kendaraan bermotor, kelompok pengusaha, sesuai dengan kebutuhan suatu penelitian.

6 Contoh : Kelompok pemilik mobil ini termasuk kelompok nyata, walaupun jika kelompok ini diukur dengan kriteria bahwa kelompok harus mencerminkan adanya kesadaran kelompok, interaksi, dan komunikasi, kelompok pemilik mobil ini tidak bisa dianggap kelompok.Akan Tetapi pengelompokan “pemilik mobil” ini akan besar manfaatnya untuk data-data statistik.

7 2.Kelompok Sosieta atau Societa Group (Kelompok Kemasyarakatan) Kelompok societa adalah kelompok yang memiliki kesadaran akan kesamaan jenis, seperti jenis kelamin, warna kulit, kesatuan tempat tinggal, tetapi belum ada kontak dan komunikasi di antara anggota dan tidak terlihat dalam organisasi. Kelompok Sosieta memiliki beberapa ciri berikut : Tidak direncanakan, tidak sengaja, dan terbentuk dengan sendirinya Kemungkinan terhimpun dalam wadah tertentu Kemungkinan terjadi interaksi, interelasi, dan komunikasi Kemungkinan terjadi kesadaran kelompok Kehadirannya konstan. 2.Kelompok Sosieta atau Societa Group (Kelompok Kemasyarakatan) Kelompok societa adalah kelompok yang memiliki kesadaran akan kesamaan jenis, seperti jenis kelamin, warna kulit, kesatuan tempat tinggal, tetapi belum ada kontak dan komunikasi di antara anggota dan tidak terlihat dalam organisasi. Kelompok Sosieta memiliki beberapa ciri berikut : Tidak direncanakan, tidak sengaja, dan terbentuk dengan sendirinya Kemungkinan terhimpun dalam wadah tertentu Kemungkinan terjadi interaksi, interelasi, dan komunikasi Kemungkinan terjadi kesadaran kelompok Kehadirannya konstan.

8 Kelompok sosieta memiliki kesadaran akan adanya kesamaan jenis, seperti jenis kelamin, warna kulit, dan kesatuan tempat tinggal, tetapi belum ada kontak dan komunikasi di antara anggota dan tidak terlibat dalam organisasi. Kelompok ini sadar dengan adanya unsur-unsur yang sama yang dimiliki seluruh anggota, tetapi tidak ada suatu interaksi. Dibandingkan dengan kelompok nyata statistik, kelompok sosieta anggota-anggotanya lebih berperan sebagai pelaku (subjek) daripada objek. Kelompok sosieta memiliki kesadaran akan adanya kesamaan jenis, seperti jenis kelamin, warna kulit, dan kesatuan tempat tinggal, tetapi belum ada kontak dan komunikasi di antara anggota dan tidak terlibat dalam organisasi. Kelompok ini sadar dengan adanya unsur-unsur yang sama yang dimiliki seluruh anggota, tetapi tidak ada suatu interaksi. Dibandingkan dengan kelompok nyata statistik, kelompok sosieta anggota-anggotanya lebih berperan sebagai pelaku (subjek) daripada objek.

9 Contoh : Masyarakat yang ada di perumahan mewah ini merupakan kelompok sosieta karena anggota kelompok di perumahan mewah ini sadar bahwa mereka terletak di satu lingkungan tempat tinggal yang sama, tetapi cenderung tidak ada interaksi antar masyarakatnya.

10 3.Kelompok Sosial atau Social Group Kelompok sosial merupakan kelompok yang terbentuk karena ada unsur yang sama, seperti tempat tinggal dan pekerjaan yang sama. Dalam kelompok sosial, para anggotanya berinteraksi dan melakukan komunikasi secara terus menerus.Contohnya, tetangga, kenalan, teman sepermainan, teman seperjuangan, dan teman sekota. 3.Kelompok Sosial atau Social Group Kelompok sosial merupakan kelompok yang terbentuk karena ada unsur yang sama, seperti tempat tinggal dan pekerjaan yang sama. Dalam kelompok sosial, para anggotanya berinteraksi dan melakukan komunikasi secara terus menerus.Contohnya, tetangga, kenalan, teman sepermainan, teman seperjuangan, dan teman sekota.

11 Contoh : Tetangga satu dengan yang lain, berinteraksi dan berkomunikasi secara terus menerus. Maka kelompok tetangga disebut Kelompok Sosial. Contoh : Tetangga satu dengan yang lain, berinteraksi dan berkomunikasi secara terus menerus. Maka kelompok tetangga disebut Kelompok Sosial.

12 4.Kelompok Asosiasi atau Associational Group Kelompok asosiasi merupakan kelompok yang terorganisir dan memiliki struktur formal atau kepengurusan yang di dalamnya terdapat kesadaran dan kesamaan perhatian atau keinginan untuk bekerja sama mencapai tujuan. Ciri-ciri kelompok asosiasi adalah: a. Direncanakan dan sengaja dibentuk. b. Terorganisir secara nyata dalam suatu wadah c. Ada interaksi dan interelasi, serta komunikasi secara terus-menerus. d. Ada kesadaran yang kuat. e. Kehadirannya konstan.

13 Contoh : Presiden dan staf-stafnya merupakan kelompok asosiasi karena memiliki struktur formal dan terorganisir.

14


Download ppt "Kelompok Nyata Di Susun oleh :XI.IPS2 1.Emi Fitria Baharsyah 2.Fatmawati Nur Hidayah 3.Inez Novindriastuti 4.Talitha Lintang Pertiwi 5.Andreas Bagas K."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google