Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Augmented Reality. Apa itu Augmented Reality... Augmented Reality sendiri adalah.. “sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Augmented Reality. Apa itu Augmented Reality... Augmented Reality sendiri adalah.. “sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut."— Transcript presentasi:

1 Augmented Reality

2 Apa itu Augmented Reality...

3 Augmented Reality sendiri adalah.. “sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera atau bisa juga diartikan sebagai gabungan antara dunia virtual dengan dunia nyata.”

4 Augmented Reality, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda - benda maya tersebut dalam "Real Time" Tidak seperti realita yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

5 Sistem Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra. Dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana.

6 Webcam yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker,webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me- render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

7 Tahapan utama sistem Augmented Reality 1. Pertama – tama dibuat terlebih dahulu objek yang akan ditampilkan. Secara umum objek yang dibuat adalah benda 3D, foto, video, ataupun animasi yang dibuat dengan software perancangan objek seperti Google sketchup, 3DMax, atau dengan Blender.

8 2. Setelah objek jadi, maka objek tersebut akan disimpan ke dalam library. Kemudian setelah itu yang perlu dibuat adalah marker. Marker adalah sebuah penanda yang memiliki pola khusus. Marker yang digunakan untuk teknologi Augmented reality ini adalah pola kotak dengan standard tertentu. Marker inilah yang nantinya akan dideteksi oleh webcam untuk menampilkan objek. Setelah itu pola marker yang dibuat harus disimpan ke dalam library juga agar nantinya aplikasi yang dibuat dapat membedakannya dengan marker yang lain. Biasanya penyimpanan marker ini membutuhkan bantuan aplikasi lain seperti marker generator.

9 3. Kedua komponen utama yaitu marker dan objek telah jadi. Setelah itu kita membuat aplikasi yang dapat membangkitkan objek dari marker yang dibuat dengan bantuan builder, untuk tugas akhir ini adalah dengan Adobe Flex SDK yang bersifat open source dan berbasis action script. 4. Mencoba dengan menghadapkan marker ke depan webcam.

10 Proses pendeteksian dan pengkalkulasian gambar yaitu : a. Get Webcam Image. Webcam mendeteksi seluruh citra yang berada di dalam lingkupannya. Saat ini webcam berfungsi seperti webcam biasa yaitu menampilkan gambar seperti kebalikan dari cermin.

11 b. Labeling Setelah itu akan ditemukan pola kotak-kotak yang merupakan pola dasar marker AR. Dari pola dasar inilah akan dilakukan labeling

12 c. Match up the patterns Labelling menentukan pola-pola yang kira-kira dideteksi sebagai marker. Sekarang akan dilakukan perhitungan dan pencocokan marker yang dideteksi dengan marker di dalam database.

13 d. Jika marker telah sesuai dengan marker yang ada didalam database, baru setelah itu image dirender dan ditampilkan ke dalam dunia maya.

14 "Augmented Reality" dapat diterapkan dalam bidang : Kedokteran Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misanya, untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan augmented reality pada visualisasi penelitian mereka. Hiburan Augmented Reality sekarang sudah dipakai di dunia entertainment. Bentuknya beragam ada yang dipakai untuk efek perfilman, permainan untuk di smartphone, Majalah, dll. Biasanya, augmented reality ini bisa dijadikan sebagai nilai jual yang tinggi di dunia Entertainment.

15 Latihan Militer Militer telah menerapkan augmented reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan augmented reality untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit masuk kedalam dunia game tersebut, dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya. Engineering Dunia Augmented Reality juga telah mencakup dunia Engginering. Biasanya Augmented Reality digunakan untuk latihan para Engginner untuk bereksperimen. Misalnya ahli Enginerring Mesin, menggunakan Augmented Reality untuk memperbaiki mobil yang rusak.

16 Robotics dan Telerobotics Dalam bidang robotika, seorang operator robot, menggunakan pencitraan visual dalam mengendalikan robot itu. Jadi, penerapan augmented reality dibutuhkan di dunia robot. Consumer Design Virtual reality telah digunakan dalam mempromsikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang menggunkan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.

17 Contoh dari "Augmented Reality"

18

19 Sejarah Morton Heilig menciptakan sebuah simulator yang disebut dengan "Sensorama". 1966, Ivan Sutherland menemukan head - mounted yang ia sebut dengan jendela ke dunia virtual seorang ilmuan yang bernama Myron Krueger menemukan videoplace yang memungkinkan para pengguna dapat berinteraksi langsung dengan objek virtual. 1989, Jaron Lanier memperkenalkan virtual reality di dunia maya yang bersifat komersial Augmented Reality digunakan untuk melakukan pada pesawat dan tahun yang sama Rosenberg mengembangkan fungsi sistem AR yang disebut dengan Virtual Fixture.

20 Pada tahun yang sama juga Steven Feiner, Blair Maclntyre dan doree seligman, memperkenalkan Major Paper yang berguna untuk perkembangan Prototype AR Hirokazu Kato mengembangkan sebuah ArToolkit Bruce.H. Thomas mengembangkan ARQuake yaitu sebuah Game Mobile AR. 2008, Wikitude AR Travel Guide memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR. Pada tahun berikutnya Saqoosha memperkenalkan FlarToolkit yang membuat teknologi AR dapat di pasang di sebuah website. Pada tahun yang sama Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi "Augmented Reality" pada platform Android. Tahun berikutnya (2010), Acrossair menggunakan teknologi "Augmented Reality" pada IPhone 3GS.

21 Keuntungan dan kekurangan Augment Reality keuntungnan dari Augment reality - dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. - dapat dijadikan sebagai sarana hiburan - Militer Militer menggunakan teknologi ini untuk simulasi perang kekurangan dari Augment reality - Pelacakan sudut pandang pengguna. - Membutuhkan device tambahan

22 Thank You~


Download ppt "Augmented Reality. Apa itu Augmented Reality... Augmented Reality sendiri adalah.. “sebuah konsep pelapisan konten visual yang di mana konsep tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google