Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA Adaptif Standar Kompetensi Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA Adaptif Standar Kompetensi Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni."— Transcript presentasi:

1

2 DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA

3 Adaptif Standar Kompetensi Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa

4 Adaptif Kompetensi Dasar Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

5 UNSUR-UNSUR SENI RUPA ADA 7 UNSUR YANG MENJADI DASAR TERBENTUKNYA WUJUD KARYA SENI RUPA

6 Adaptif 1. TITIK  Titik adalah unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar.  Titik dapat dikembangkan menjadi garis dan bidang.  Titik bisa divariasi ukuran dan warnanya sehingga membentuk satu kesatuan wujud karya seni.

7 Adaptif 2. GARIS  Garis merupakan barisan titik yang memanjang dan arah tertentu dengan kedua ujung terpisah  Garis bisa berbentuk panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, lengkung, patah, bergelombang, horizontal, vertikal, diagonal, dsb.

8 Adaptif MACAM GARIS  horizontal, vertikal, diagonal,

9 Adaptif MACAM GARIS LENGKUNG BUSUR,LENGKUNG KUBAH,LENGKUNG MENGAPUNG

10 Adaptif MACAM GARIS LENGKUNG GERAKAN,ZIG-ZAG

11 Adaptif Menurut wujudnya garis di bagi menjadi dua : a.Garis nyata Garis yang di hasilkan dari coretan atau goresan langsung. b.Garis semu Garis yang muncul karena adanya kesan batas dari suatu bidang, warna, atau ruang.

12 Adaptif Contoh karya lukisan dengan tekhnik garis

13 3. BIDANG  Dalam seni rupa dua dimensi terbentuk karena Hubungan beberapa garis  Bidang memiliki kesan filosofis, misalnya bidang rata dan lebar terkesan luas, bidang horizontal terkesan tenang

14 Adaptif Contoh bentuk bidang yang biasa kita kenal

15 4. BENTUK 2 DIMENSI 3 DIMENSI MENURUT DIMENSINYA

16 Adaptif BENTUK 2 DIMENSI

17 Adaptif BENTUK 3 DIMENSI

18 Adaptif 5. RUANG Ruang yang diisi/di tempatioleh wujud bentuk disebut ruang positif. Ruang yang mengelilingi wujud bentuk disebut ruang negatif.

19 Adaptif Contoh wujud ruang.

20 Adaptif Contoh wujud ruang.

21 Adaptif

22

23

24 6. WARNA Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. dalam seni rupa teori warna yang dipakai adalah teori warna BREWSTER yang terkenal dengan “TEORI LINGKARAN WARNA “

25 Adaptif Teori lingkaran warna brewster

26 Adaptif Cara penyusunan warna a. Analogus

27 Adaptif b. Monokromatik

28 Adaptif d. Komplementer

29 Adaptif 7. TEKSTUR Tekstur nyata adalah nilai raba dari suatu permukaan bisa halus, kasar, licin, lembut, tajam,dsb. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara pengli hatan dan perabaan

30 Adaptif Tekstur di bagi jadi dua a. Tekstur nyata Tekstur yang bisa diraba dan dilihat b. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara penglihatan dan perabaan

31 Adaptif Contoh tekstur semu

32 Adaptif 8. GELAP TERANG Gelap terang terjadi karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu obyek. Gambar akan terbentuk karena ada nya gelap terang. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman.

33 Adaptif Contoh gelap terang pada karya lukisan.

34 Adaptif

35

36

37

38 TERIMA KASIH YULI CATUR RAHMAWATI SMP NEGERI 2 LAMONGAN


Download ppt "DASAR-DASAR SENI RUPA DASAR-DASAR SENI RUPA Adaptif Standar Kompetensi Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google