Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN KULIAH METODE PENELITIAN HUKUM Disajikan oleh: Fahmi Yoesmar Ar Palembang, 28 Oktober 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN KULIAH METODE PENELITIAN HUKUM Disajikan oleh: Fahmi Yoesmar Ar Palembang, 28 Oktober 2013."— Transcript presentasi:

1 BAHAN KULIAH METODE PENELITIAN HUKUM Disajikan oleh: Fahmi Yoesmar Ar Palembang, 28 Oktober 2013

2 MASALAH TUJUAN PENELITIAN KESIMPULAN SINKRONSINKRON LANDASAN TEORI

3 Tujuan Penelitian  Dirumuskan dalam bentuk kalimat berita bukan kalimat tanya;  Rumusan harus sinkron dengan permasalahan;  Sesuai dengan kualifikasi penelitian.

4 Kegunaan hasil penelitian dijadikan peta yang menggambarkan keadaan suatu obyek yang sekaligus melukiskan kemampuan sumber daya, dan prediksi-prediksi; dijadikan sarana diagnosis dalam mencari sebab kegagalan, sehingga dapat dengan mudah dicari upaya untuk menanggulanginya; dijadikan sarana untuk menyusun kebijakan atau policy dalam menyusun strategi pengembangan.

5 Kerangka Konseptual / Kerangka Teori  Penelitian Hukum Normatif (mutlak) memerlukan Kerangka Konseptual;  Penelitian Hukum Empirik (dapat) menggunakan Kerangka Teori.

6 Kerangka Konseptual  Kerangka konseptual adalah kerangka yang menggambarkan hubungan antara konsep- konsep khusus yang akan diteliti;  Konsep bukan merupakan gejala/fakta yang akan diteliti tetapi abstraksi dari gejala tersebut.  Kerangka Konsepseptual adalah kerangka berfikir secara konseptual (filosofis) terhadap permasalahan hukum yang diteliti  Konsep, dapat berupa nilai, asas, norma-norma yang relevan dengan penelitian.

7 Kerangka Konseptual / Kerangka Teori  Konsep-konsep / Teori-teori yang akan dipergunakan untuk menjelaskan masalah dan menyelesaikan masalah;  Diperoleh melalui review literatur;  Konsep-konsep / Teori-teori di susun dalam bentuk kerangka berfikir yang logis dan sistematis;  Konsep-konsep / Teori-teori disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan penelitian;

8 Apakah setiap usulan penelitian harus disertai Landasan Teori ?  Landasan teori tidak harus ada pada setiap usulan penelitian;  Dalam penelitian ekploratif misalnya, pengetahuan tentang teori masih sangat sedikit, sehingga tidak mungkin untuk menyusun landasan teori;  Dalam penelitian hukum empiris diperlukan landasan teori yang didasarkan pada kerangka acuan hukum / teori hukum;  Dalam penelitian hukum normatif yang sepenuhnya menggunakan data sekunder, kerangka teoretik yang bersifat tentatif dapat ditinggalkan, akan tetapi kerangka konseptual mutlak diperlukan.

9 Landasan Teori  Landasan teori dijabarkan dan disusun dari tinjauan pustaka dan akan merupakan bingkai yang mendasari pemecahan masalah serta untuk merumuskan hipotesis.  Diperoleh melalui review literatur;  Teori-teori di susun dalam bentuk kerangka berfikir yang logis dan sistematis;  Teori-teori disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan penelitian.

10 Manfaat penelusuran perpustakaan  menggali teori-teori dasar dan konsep yang telah dikemukakan oleh ahli terdahulu;  mengikuti perkembangan penelitian dalam bidang yang akan diteliti;  memperoleh orientasi yang lebih luas mengenai topik yang dipilih;  memanfaatkan data sekunder;  menghindarkan duplikasi penelitian; dan  dapat dipelajari bagaimana cara mengungkapkan buah pikiran secara sistematis.

11 Berdasarkan fungsinya kepustakaan dibedakan:  Acuan Umum;  Misalnya: buku teks, index, ensiklopedia.  Acuan khusus;  Misalnya: hasil-hasil penelitian, buku-buku pegangan, dsb.

12 Teori  adalah serangkaian asumsi, konsep, konstrak, definisi dan proposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep

13 Teori  Serangkaian proposisi antar konsep-konsep yang saling berhubungan;  Menerangkan secara sistematis suatu fenomena sosial dengan cara menentukan hubungan antar konsep;  Menerangkan fenomena tertentu dengan cara menentukan konsep mana yang berhubungan dengan konsep lainnya dan bagaimana bentuk hungannya.


Download ppt "BAHAN KULIAH METODE PENELITIAN HUKUM Disajikan oleh: Fahmi Yoesmar Ar Palembang, 28 Oktober 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google