Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIMULASI MENGAJAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIMULASI MENGAJAR."— Transcript presentasi:

1 SIMULASI MENGAJAR

2 SIMULASI MENGAJAR…??  Menerapkan pembelajaran tiruan dengan suatu metode, kepada teman seprofesi dengan maksud dapat mengaplikasikanya di kelas yang nyata (real class) serta melihat pengaruh positif dan negatif thd siswa dan dapat memberikan umpan balik kepada penyaji.

3 Manfaat Simulasi Memperbaiki kualitas belajar-mengajar di kelas.
Meningkatkan Skill guru dalam belajar-mengajar. Wadah penerapan metode mengajar sebelum ditampilkan di kelas. Refleksi diri penyaji (Self-Assessment). 5 . Menumbuhkan kepercayaan diri guru. 6 . Menjadi bahan perbaikan performance.

4 Merancang Simulasi Mengajar
Bentuklah sekelompok teman seprofesi dan bekerjalah yang kooperatif. Tentukan KD yang akan ditampilkan. Pilih metode yang cocok untuk mencapai KD. Susun RPP , LK dan Pilih Sumber belajar yang diperlukan . Tentukan Penyaji yang dipercaya. Buatlah instrumen peniliaian kinerja Sajikan dengan sungguh-sungguh Berikan umpan balik yang konstruktif Aplikasikan di kelas ,bila perlu kolaboratif.

5 10 KIAT MENGAJAR EFEKTIF (1)
1 Rencanakan Metode Mengajar sebaik-baiknya. 2. Lakukan simulasi pembelajaran 3. Selipkan game-game menarik 4. Senyum yang tulus menjadi energi positif bagi siswa. 5. Jangan katakan, JANGAN, dalam PBM

6 10 KIAT MENGAJAR EFEKTIF (2)
6. Ciptakan suasana riang 7. Gunakan media yang mudah 8. Lontarkan kata-kata pujian,sanjungan,kekaguman dan kalimat yang positif. 9. Berikan kejutan setiap anda masuk kelas. 10. Tampillah mempesona dan meyakinkan (http:// Ferdians.com)

7 PROSES PEMBELAJARAN berdasarkan PP 19 TH 2005
INTERAKTIF INSPIRATIF MENYENANGKAN(FUN) MEMOTIVASI SISWA AKTIF PRAKARSA KREATIF MANDIRI(SESUAI BAKAT,MINAT,PSIKIS DAN PSIKOLOGIS)

8 This is How I see technology
8

9 An ape discovers a tool 9

10 The tool gives him power
10

11 He throws the tool 11

12 into the sky. 12

13 and the future 13

14 Using the tool changed everything.
14

15 LANGKAH Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan Kegiatan Inti  Eksplorasi  Elaborasi  Konfirmasi Kegiatan Penutup

16 Langkah Kegiatan Pembelajaran (2)
A. Kegiatan Pendahuluan Menyiapkan psikis dan fisik siswa Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dgn materi yg dipelajari Menjelaskan tujuan pembelajaran Menyampaikan cakupan materi

17 LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
B.Kegiatan Inti 1. EKSPLORASI Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dgn menerapkan aneka sumber belajar. Menggunakan beragam pendekatan, media, dan sumber pembelajaran. Memfasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan berbagai arah pembelajaran,dan melakukan percobaan

18 LANJUTAN……….. Kegiatan Inti 2. ELABORASI
Membiasakan siswa membaca dan menulis beragam kegiatan. Memberi kesempatan berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa takut. Memfasilitasi siswa dgn tugas-tugas, berkompetisi sehat, membuat laporan, menyajikan hasil kerja, melakukan pameran kebolehan dan melakukan keegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri.

19 LANJUTAN…………….) Kegiatan Inti 3. KONFIRMASI
Memberikan umpan balik, penguatan, atau hadiah terhadap keberhasilan. Memberikan hasil eksplorasi dan elaborasi kepada siswa melalui berbagai sumber. Memfasilitasi siswa melakukan refleksiuntuk mendapatkan pengalaman belajar yang telah dilakukan. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman bermakna dalam mencapai KD (Mis menjadi narasumber,fasilitator ). Memberi motivasi kepada siswa yang kurang berpartisifatif aktif

20 LANJUTAN………………….. C. Kegiatan Penutup
Bersama-sama siswa membuat rangkuman atau kesimpulan. Melakukan penilaian atau refleksi thd kegiatan yang sudah dilakukan. Memberikan umpan balik thd proses dan hasil pembelajaran. Merencanalkan kegiatan tindak lanjut(Mis remedi, pengayaan BK, tugas. Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.

21 CONTOH METODE PETIGA PRESENTATION PRACTICE PRODUTION

22 APA KEGIATANNYA ? PRESENTATION: Guru menampilkan materi dengan cara:
Menjelaskan Memodelkan Memberi contoh Mendemonstrasikan Dsb.

23 Lanjutan…………… PRACTICE :
Guru memberikan latihan-latihan untuk menerapkan konsep yang telah dipelajari, dengan cara : Latihan Berkelompok(Collaborative Learning) Latihan Individu(Individual Learning) Latihan Masih bersifat terkontrol( Control Exercise)

24 LANJUTAN……. PRODUCTION ;
Guru meminta siswa memproduksi,menghasilkan,membuat karya seperti konsep yang dipelajari secara mandiri,tidak ada campur tangan guru ataupun teman. Harapan guru siswa menjadi pembelajar mndiri(Independent Learner).

25 Tank You for Your Attention ...


Download ppt "SIMULASI MENGAJAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google