Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Polygon Grafika Komputer. Polygon adalah bentuk yang disusun dari serangkaian garis. Titik sudut dari polygon disebut vertex. Garis penyusun polygon disebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Polygon Grafika Komputer. Polygon adalah bentuk yang disusun dari serangkaian garis. Titik sudut dari polygon disebut vertex. Garis penyusun polygon disebut."— Transcript presentasi:

1 Polygon Grafika Komputer

2 Polygon adalah bentuk yang disusun dari serangkaian garis. Titik sudut dari polygon disebut vertex. Garis penyusun polygon disebut edge.

3 Sebuah polygon selalu mempunyai properti dasar : - jumlah vertex - koordinat vertex - data lokasi tiap vertex Polygon digambar dengan menggambar masing-masing edge dengan setiap edge merupakan pasangan dari vertex i – vertex i+1, kecuali untuk edge terakhir merupakan pasangan dari vertex n – vertex 1.

4 Operasi-operasi Polygon - Menginisialisasi polygon inisialisasi terhadap polygon perlu dilakukan untuk mengatur agar field vertnum berisi 0. - Menyisipkan vertex menyimpan informasi tentang vertex dan menyesuaikan informasi tentang jumlah vertex dengan menambahkan satu ke vertnum. - Menggambar polygon mengunjungi vertex satu per satu dan menggambar edge dengan koordinat (vertex i.x, vertex i.y) – (vertex i+1.x – vertex i+1.y) dari vertex nomor satu sampai vertnum – 1. Khusus untuk edge terakhir mempunyai koordinat (vertex vertnum.x, vertex vertnum.y) – (vertex 1.x – vertex 1.y). - Mewarnai polygon Mengisi area yang dibatasi oleh edge polygon dengan warna tertentu.

5 Algoritma menggambar polygon : index = 1 selama index <= jumlah_vertex lakukan vertex1 = ambil vertex ke[index] jika index = jumlah_vertex maka vertex2 = ambil vertex ke [1] tetapi jika tidak maka vertex2 = ambil vertex ke [index+1] x1 = vertex1.x y1 = vertex1.y x2 = vertex2.x y2 = vertex2.y gambar garis dari (x1,y1) ke (x2,y2) index = index + 1 akhir selama index <= jumlah_vertex

6 Algoritma Flood Fill (Seed Fill) Merupakan algoritma untuk mengisi area di dalam sebuah polygon. Bekerja dengan cara : - Pemakai menentukan warna polygon serta lokasi titik yang menjadi titik awal. - Kemudian algoritma akan memeriksa titik-titik tetangga. - Bila warna titik tetangga tidak sama dengan warna isi polygon maka titik tersebut akan diubah warnanya. - Proses tersebut dilanjutkan sampai seluruh titik yang berada di dalam polygon selesai diproses. - Penentuan titik tetangga dapat menggunakan metode 4 koneksi atau 8 koneksi seperti berikut :

7

8 Ketepatan algoritma Flood Fill ditentukan oleh titik awal (seed point) dan apakah polygon yangdiwarnai merupakan polygon tertutup. Apabila polygon tidak tertutup, meskipun hanya 1 titik yangterbuka maka pengisian akan melebar ke area di luar polygon. algoritma floodfill input x,y : integer // lokasi awal input fill : Tcolor // warna isian(baru) input oldcolor : Tcolor // warna lama mulai w = ambil warna pixel pada lokasi (x,y) jika w = oldcolor maka ubah warna pixel pada lokasi (x,y) menjadi berwarna fill; floodfill (x+1, y, fill, oldcolor); floodfill (x-1, y, fill, oldcolor); floodfill (x, y+1, fill, oldcolor); floodfill (x, y-1, fill, oldcolor); akhir algoritma


Download ppt "Polygon Grafika Komputer. Polygon adalah bentuk yang disusun dari serangkaian garis. Titik sudut dari polygon disebut vertex. Garis penyusun polygon disebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google