Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER DAN PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN MASALAH : MASALAH : - POSITIP. - POSITIP. - NEGATIP. - NEGATIP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER DAN PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN MASALAH : MASALAH : - POSITIP. - POSITIP. - NEGATIP. - NEGATIP."— Transcript presentasi:

1 SUMBER DAN PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN MASALAH : MASALAH : - POSITIP. - POSITIP. - NEGATIP. - NEGATIP.

2 SUMBER MASALAH PENELITIAN  SALAH SATU LANGKAH PALING SULIT DALAM PENELITIAN :

3 SUMBER-SUMBERNYA  SUMBER-SUMBERNYA: 01. PENGALAMAN. 01. PENGALAMAN. - Mengkaji pengalaman sendiri dalam - Mengkaji pengalaman sendiri dalam bidang pekerjaan kita. bidang pekerjaan kita. - Cenderung sebagai evaluasi untuk per- - Cenderung sebagai evaluasi untuk per- baikan dan peningkatan pelaksanaan. baikan dan peningkatan pelaksanaan.

4  02. TEORI. - Deduksi suatu teori dan aplikasinya dalam - Deduksi suatu teori dan aplikasinya dalam gejala. gejala. - Cenderung teoritis. - Cenderung teoritis. 03. KEPUSTAKAAN. 03. KEPUSTAKAAN. - Sumber produktip. - Sumber produktip. - Berupa buku,artikel dalam jurnal ilmiah - Berupa buku,artikel dalam jurnal ilmiah atau laporan penelitian. atau laporan penelitian. - Biasanya punya kelebihan karena - Biasanya punya kelebihan karena didukung daftar kepustakaan yang lengkap. didukung daftar kepustakaan yang lengkap.

5 PERUMUSAN MASALAH  RUMUSAN MASALAH YANG BAIK HARUS MEMENUHI SYARAT: MEMENUHI SYARAT: 01. Menyebutkan dengan tegas apa yang akan dicari jawabannya. 01. Menyebutkan dengan tegas apa yang akan dicari jawabannya. 02. Ruang lingkupnya jelas dan mengarah kepada pertanyaan yang spesifik. 02. Ruang lingkupnya jelas dan mengarah kepada pertanyaan yang spesifik.

6 MACAM2 PERUMUSAN MASALAH 1. KALIMAT DEKLARATIP. contoh : Penelitian ini bertujuan untuk mendes contoh : Penelitian ini bertujuan untuk mendes kripsikan sintaksis bahasa Madura dialek Pamekasan. kripsikan sintaksis bahasa Madura dialek Pamekasan. 2. KALIMAT NEGATIP. contoh: Belum diketahui ciri pemerintahan desa pada pemerintahan Majapahit. contoh: Belum diketahui ciri pemerintahan desa pada pemerintahan Majapahit. 3. KALIMAT TANYA. contoh : Apakah ada perbedaan kegiatan akademik terstruktur pada perkuliahan yang dibina oleh dosen yang beban tugasnya lebih berat dengan yang lebih ringan? contoh : Apakah ada perbedaan kegiatan akademik terstruktur pada perkuliahan yang dibina oleh dosen yang beban tugasnya lebih berat dengan yang lebih ringan?

7 TEKNIK SAMPLING  SAMPLE adalah suatu bagian khusus dari suatu populasi yang diamati untuk menghasil kan kesimpulan2 tentang karakteristik sifat2 yang ada dari populasi yang kita amati.  KRITERIA UTAMA: Sejauh mana sample itu cukup mewakili populasi. Sejauh mana sample itu cukup mewakili populasi.

8 KARAKTERISTIK SAMPLE  PROBABILITY SAMPLE. Menjamin kerepresentatipan sample karena setiap unit punya kesempatan yang sama untuk ditarik sebagai sample. Menjamin kerepresentatipan sample karena setiap unit punya kesempatan yang sama untuk ditarik sebagai sample. NON PROBABILITY SMPLE. NON PROBABILITY SMPLE. Kurang sempurna dibanding Probability sample. Kurang sempurna dibanding Probability sample.

9 PROBABILITY SAMPLE 1. SIMPLE RANDOM SAMPLING. contoh : kita gunakan tabel dan misalnya kita mau mengambil sample 100 orang dari 1000 orang,maka kita pilih secara acak dari tabel yang ada. contoh : kita gunakan tabel dan misalnya kita mau mengambil sample 100 orang dari 1000 orang,maka kita pilih secara acak dari tabel yang ada. 2. SISTEMATIK SAMPLING. contoh : dari 1000 kita ambil 100,berarti 1/10. Kita ambil secara sistematik angka kelipatan dari 10. contoh : dari 1000 kita ambil 100,berarti 1/10. Kita ambil secara sistematik angka kelipatan dari 10.

10 03. STRATIFIED SAMPLING. contoh : dilakukan stratifikasi lebih dulu : contoh : dilakukan stratifikasi lebih dulu : misalnya: pria % misalnya: pria % wanita--- 30% wanita--- 30% bisa vertikal dan horisontal. bisa vertikal dan horisontal. 04. MULTI STAGE CLUSTER SAMPLING. contoh: kita tes dulu Propinsi : dari 7 univer- contoh: kita tes dulu Propinsi : dari 7 univer- sitas kita ambil 1 universitas. sitas kita ambil 1 universitas. Universitas: 13 fakultas kita tarik 2 fakultas. Universitas: 13 fakultas kita tarik 2 fakultas. Fakultas : dari 6 jurusan kita tarik 1 jurusan. Fakultas : dari 6 jurusan kita tarik 1 jurusan.

11 NON PROBABILITY SAMPLE 1. PURPOSIVE SAMPLING. tergantung tujuan peneliti,apa dan siapa yang dipilih. tergantung tujuan peneliti,apa dan siapa yang dipilih. 02. QUOTA SAMPLING. membuat perincian deskripsi terhadap karakteristik,misalnya: pengrajin Betawi:Besar 10, menengah 20 dan kecil 70. membuat perincian deskripsi terhadap karakteristik,misalnya: pengrajin Betawi:Besar 10, menengah 20 dan kecil ACCIDENT SAMPLING. tergantung keadaan dan siapa saja dapat diambil sebagai sample tergantung keadaan dan siapa saja dapat diambil sebagai sample


Download ppt "SUMBER DAN PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN MASALAH : MASALAH : - POSITIP. - POSITIP. - NEGATIP. - NEGATIP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google