Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Langkah-langkah Eksposisi Alkitab Budi Hartono Setiamarga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Langkah-langkah Eksposisi Alkitab Budi Hartono Setiamarga."— Transcript presentasi:

1 Langkah-langkah Eksposisi Alkitab Budi Hartono Setiamarga

2 O I A (Ringkasan) O –Observasi –Apa yang dikatakan bagian Alkitab itu? I –Interpretasi -Apa arti bagian ini bagi orang pada jaman itu? A- Aplikasi -Apa arti bagian ini bagi kita pada masa kini?

3 OBSERVASI (Apa yang dikatakan bagian Alkitab itu?) Tahap Observasi 1. Mulailah didalam doa! –Yang anda pelajari adalah karya Roh Kudus  minta supaya SANG PENULIS menolong anda. –Mengerti Alkitab bukan hanya proses intelektual tetapi juga merupakan proses iman.

4 2. Kenalilah konteks bagian Alkitab tersebut! –Konteks  lingkungan di seputar teks  seperti kera di kebon binatang dengan kera di hutan  mempunyai konteks yang berbeda

5 –Konteks  kata-kata, bagian ayat, ayat-ayat di seputar teks  akan menentukan artinya  perhatikan kata-kata atau ide yang diulang-ulang

6 ALKITAB JAMAN PENULIS (DULU) MASA KINI  SEGALA JAMAN

7 Kata Ayat Pasal Kitab Alkitab

8 3. Perhatikanlah hal-hal yang jelas dikatakan oleh teks Alkitab! –Misalnya orang yang terlibat, nama tempat, jalan cerita, dsb. Fakta-fakta Alkitab yang jelas ini akan menolong untuk melihat secara obyektif apa yang dikatakan oleh Alkitab, khususnya untuk bagian yang kurang jelas.

9 –ILUSTRASI: main JIGSAW PUZZLE Cari bagian-bagian pinggir sebagai kerangka kerja, baru kerjakan bagian yang tengah

10 4. Kembangkan sikap yang obyektif terhadap teks Alkitab! –Baca berulang-ulang sehingga lebih memahami apa yang dikatakan dan apa yang tidak dikatakan oleh bagian Alkitab tersebut  apa adanya Alkitab

11 –Kalau ada fakta yang berbeda dengan apa yang dimengerti selama ini,maka kebenaran Alkitablah yang harus dipegang. Contoh: Yunus dan ikan besar

12 5. Bertanyalah dengan 5W 1H  Akan menolong untuk melakukan dialog dengan Alkitab WHO  SIAPA Siapa yang menulis kitab? Siapa yang berkata? Tentang siapa Mazmur ditulis? Siapa saja yang terlibat didalam cerita? Ditujukan kepada siapa surat itu?

13 WHAT  APA –Apa saja kejadian yang penting yang telah terjadi? Apa ide utama dari cerita itu? Apa saja hal-hal yang diulang-ulang dalam cerita itu? Apa tujuan penulisan kitab tersebut?

14 WHEN  KAPAN –Kapan kitab ditulis? Kapan kejadian itu terjadi? Kapan Yesus mengatakan hal tersebut?

15 WHERE  DIMANA –Dimana lokasi kejadian cerita ini? Dimanakah Yesus pada waktu itu? Dimanakah tokoh tersebut melakukan hal itu?

16 WHY  MENGAPA –Mengapa kitab itu ditulis? Mengapa tokoh itu melakukan hal tersebut? Mengapa cerita itu perlu diulang?

17 HOW  BAGAIMANA –Bagaimanakah tembok Yerusalem bisa diselesaikan dalam 52 hari pada jaman Nehemia? Bagaimanakah ilustrasi pokok anggur itu mengungkapkan kebenaran? Bagaimana caranya Abraham mencapai lokasi yang sudah diperintahkan Tuhan?

18 Mencari jawab atas pertanyaan yang dibuat Berusahalah untuk pertama-tama mencari jawaban dari Alkitab, baik dari teks Alkitab tersebut maupun di bagian Alkitab yang lainnya!

19 Manfaatkan kamus, peta dan referensi silang yang anda punyai di Alkitab anda!

20 Carilah jawaban dengan tekun dan teliti! Ingat! Ketelitian jawab anda akan berpengaruh terhadap kebenaran interpretasi anda! Biasakanlah untuk mengembangkan sikap kritis dalam tahap observasi ini!

21 Mencari jawaban  informasi: –1. Alkitab –2. Alat Bantu: Alkitab terjemahan lain (bahasa lain) Study Bible Peta Alkitab Kamus Alkitab Kamus Bahasa Konkordansi Tafsiran Program Sabda: bisa di-down-load secara gratis

22 Interpretasi Apa arti bagian ini bagi orang pada jaman itu? Keakuratan interpretasi anda bergantung kepada seberapa akurat hasil observasi anda.

23 Bila anda tidak mau berjerih lelah untuk melakukan tahap observasi, maka hasil interpretasi anda bisa sangat dipengaruhi oleh prejudice/dugaan-dugaan anda yang belum tentu sesuai dengan apa yang dikatakan Alkitab.

24 Aplikasi Apa arti bagian ini bagi kita pada masa kini? Belajar Alkitab adalah untuk tahu kehendak Allah sehingga kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Itulah yang seharusnya menjadi motivasi kita.

25 Firman Tuhan bukan cuma untuk mengisi kepala tetapi Firman Tuhan adalah untuk mengubah kehidupan kita. Pikiran kita akan diperkaya oleh Firman Tuhan, juga hati kita

26 Tahap aplikasi ini adalah tahap yang penting karena setelah anda tahu kebenaran Alkitab, anda memberikan respons anda terhadap panggilan Tuhan didalam ketaatan. Tanpa ada kemauan untuk taat, maka penggalian Firman Tuhan hanya menjadi latihan intelektual saja.

27 Diskusi 1.Apa saja tahap-tahap observasi? Jelaskan! 2.Apa perbedaan teks dan konteks? Buatlah contoh yang lain! 3.Jelaskanlah bagaimana seharusnya kita meng-interpretasi Alkitab! 4.Apakah kita bisa membawa bulat- bulat (secara utuh) hasil interpretasi kita menjadi Aplikasi? Mengapa?

28


Download ppt "Langkah-langkah Eksposisi Alkitab Budi Hartono Setiamarga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google