Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penggunaan VIBE dalam Pengukuran Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penggunaan VIBE dalam Pengukuran Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris"— Transcript presentasi:

1 Penggunaan VIBE dalam Pengukuran Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris
Hananto Universitas Pelita Harapan 14 Agustus 2008

2 Topik: VIBE Spesifikasi Cara menggunakan Kegunaan/Manfaat
Rencana Pengembangan

3 1. Spesifikasi Design: untuk mengukur dan mempelajari kosa kata Bahasa Inggris. Vocabularysize test: Banyak soal, sering tanpa kalimat, berfokus pada bentuk dan arti kata; sebagai alat penelitian (Quinn (1968), Nurweni (1995), Kweldju (1997), Nurweni dan Read (1999), dan Kweldju dkk. (2000); Vocabulary Levels Test (Nation 1983), the Eurocentres Vocabulary-Size Test (Meara dan Buxton 1987), Word-Definition Matching Format (Sutarsyah 2003), dan Computer Adaptive Test of Size and Strength (Laufer dan Goldstein 2004, Laufer dkk. 2004).

4 Bang soal VIBE: Vocabulary-size yang ada mempunyai jumlah bentuk tes yang terbatas. VIBE: bank soal, menghasilkan bentuk tes yang hampir tidak terbatas, tidak bocor, tiga level: Level 1000: 961 kata dari GSL (West 1953); Level 2000: 985 kata dari GSL(West 1953); Level Academic: 570 kata AWL (Coxhead 2000). Dua media: komputer dan kertas Tugas ganda: mengisi huruf yang hilang dan memilih arti kata.

5 Contoh tampilan VIBE di layar komputer:

6 Contoh tampilan VIBE di kertas: menjodohkan http://l-pis
1 sebelumnya COMP _ TIBLE (…) 2 cocok, sesuai DE _ OTE 3 mencari ET _ IC 4 prinsip-prinsip moral GUAR _ NTEE 5 melukai, merugikan IN _ URE 6 menetapkan, menentukan OVE _ ALL 7 merupakan, menunjukkan PHIL _ SOPHY 8 menyeluruh, keseluruhan PR _ OR 9 filsafat S _ EK 10 jaminan, menjamin SPE _ IFY

7 Instalasi VIBE: File VIBE: CD-ROM
VIBE>ZIP (http://l-pis.com/atm/VIBE.ZIP) BESMART.BMP SETUP.EXE VIBE.001 VIBE.INF Jalankan SETUP.EXE dan ikuti petunjuk di layar. (lihat di teks utuh dan demo)

8 2. Cara Menggunakan VIBE Untuk TES; Untuk keperluan belajar.
Tiga cara penilaian: bentuk-kata (word-form score); arti-kata (word-meaning score); nilai bentuk-dan-arti kata (word-form and word-meaning score). Untuk keperluan belajar. (lihat di teks utuh dan demo)

9 3. Kegunaan/Manfaat bentuk tes yang hampir tidak terbatas;
dapat untuk belajar; mencegah kerja-sama (mencontek); guru tidak perlu mengoreksi; menghasilkan tes di kertas; sebagi alat penelitian yang praktis.

10 4. Rencana Pengembangan Level akademik: satu bahasa (Inggris-Inggris), sudah jadi tapi belum diteliti. Diberi kalimat, tahun ini selesai; Versi internet, tahun depan (?) Proyek FEeL (Free English e-Learning): Berkerja sama? UPH Workshop: Calling CALLers (6 Desember 2008)

11 Belum dibahas: Membuat tes di kertas; Menambah/mengganti soal;
Menggunakan ATM.


Download ppt "Penggunaan VIBE dalam Pengukuran Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google