Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11."— Transcript presentasi:

1 Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11 Tipu muslihat anti Kristus 12 – 13 Kerinduan untuk bertemu muka

2 Studi kasus… Seandainya ada 2 saksi yehova datang ke rumahmu. Akankah engkau persilakan masuk? Mengapa? Atau Memngapa tidak? Pastikan anda dalam kelompok yang benar Tidak mempe rsilakan masuk Memp ersilak an masuk Podium Abstain

3 2 Yohanes – Bagan Ringkasan 297 Batasan-batasan mencintai Membantu guru-guru yang benar Menghindari guru-guru palsu Ayat Ayat Berjalan sesuai perintah Waspada terhadap kepalsuan Positif Negatif Melakukan kebenaran Melawan kebenaran Menyapa dalam kebenaran dan kasih (1-3) Ketaatan (4) peringatan untuk mengasihi (5-6) Larangan untuk membantu guru palsu (7-11) Salam dan kunjungan yang diharapakan (12-13) Efesus AD 85-95

4 Kata kunci / ayat 297 Kata kunci Batasan-batasan Ayat kunci “Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. Jikalau seorang datang kepadamu dan tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan jangan memberi salam kepadanya. (2 Yohanes 1:9-10).

5 Menyeimbangkan cinta dan kebenaran 297 suplemen “yang kau butuhkan hanyalah cinta…” (the Beatles) Anda setuju? cinta Kebenaran cinta Kebenaran Cinta Kebenaran Ketololan Kekerasan Seimbang

6 Judul 298 Judul Yunani ( vIwavnnou b 2 Yohanes) Mengikuti standar praktis penamaan surat-surat umum dari penulis-penulisnya dan membedakannya dengan 2 Yohanes

7 Penulisan 298 Bukti Eksternal Tradisi gereja telah lama menampilkan surat tersebut sebagai tulisan rasul Yohanes. Dia adalah pemimpin gereja di Efesus di minor Asia dan penulis dari Injil, 1 Yohanes, 3 Yohanes, dan wahyu. Bukti Internal  Penunjukkan penatua (ay. 1) selalu dipertimbangkan dengan penunjukkan Yohanes sampai munculnya kebebasan pengetahuan.  Tema seperti kasih, sukacita, kebenaran, dan anti-kristus, mengandung kemiripan yang mendalam untuk menekankan pada 1 Yohanes, dan Injil Yohanes.

8 Penanggalan 298  Banyak sarjana meyakini bahwa Yihanes mencatat surat ini sekitar AD 90, meskipun tidak termasuk di dalamnya penaggalan yang lebih awal.  Oleh karena itu, surat tersebut ditulis sekitar AD

9 Tempat asal “Wanita yang terpilih & anak-anak nya (v. 1)

10 Siapakah “wanita yang terpilih & anak-anak nya”?  Sebuah bentuk lambang untuk gereja lokal  Perawan Maria yang tinggal di Galilea  Seorang wanita tak bernama & anak- anak nya, yang mungkin membuka rumah mereka untuk kebaktiak gereja & penginapan bagi hamba Tuhan tamu.

11 Peristiwa 299  Sebelum penulisan Perjanjian Baru dilengkapi & diedarkan diantara orang-orang percaya, gereja harus bergantung pada hamba Tuhan dan guru-guru yang berkeliling mengajar, untuk mengetahui kebenaran.  Karena penginapan tidak aman dan sedikit, maka guru- guru ini tinggal di rumah orang-orang Kristen.  Sebuah pertanyaan yang digumulkan, “Bagaimana cara mengetahui guru yang mana yang diperbolrhkan masuk?”  Yohanes menjawab pertanyaan ini di dalam suratnya bahwa dia memerintahkan wanita yang ramah untuk “membatasi kasihnya” dengan menolak guru-guru palsu.

12 Karakter 299  Surat ini adalah yang terpendek kedua dalam Alkitab.  Surat ini satu-satunya yang ditujukan pada wanita.  Ayat 10 adalah pernyataa yang paling kontroversial dalam surat pendek ini. Persoalannya adalah adapun guru-guru palsu diijinkan untuk: (1) tinggal di rumah orang percaya, (2) hanya masuk rumah saja, atau (3) tidak keduanya.  Penafsiran ketiga adalah penafsiran normal sehingga orang-orang percaya tidak terlibat dalam mempromosikan ajaran yang salah sekalipun dalam porsi yang sedikit.

13 Perbedaan pendapat 299 Surat Yohanes yang kedua memperingatkan wanita yang sangat ramah menolak menyediakan tem[pat tinggal bagi guru-guru palsu sehingga dia tidak akan membantu menyebarkan ajaran yang merusak. Salamnya dengan keseimbangan antara kasih dan kebenaran menggambarkan nilai tersebut, disertai dengan pujian wanita atas kasihnya yang seimbang dengan kebutuhan akan kebenaran. Selanjutnay mengikuti ajaran yang utama dari surat ini, yang memperingatkannya untuk menunjukkan kasihnya dengan batasan yang jelas dengan menolak guru-guru palsu.

14 Perpaduan Menghindari guru-guru palsu 1-6Membantu guru-guru benar Batasan mengasihi

15 Ringkasan 300 Yohanes menghimbau batasan- batasan mengasihi untuk wanita Kristen dan anak-anaknya yang menunjukkan keramahan kepada misionari tapi tetap perlu waspada untuk tidak melakukan hal yang sama pada guru-guru palsu untuk memperingatkan menolak penyebaran ajaran yang merusak.

16 Kerangka I.(1-6) Yohanes menghimbau seorang wanita dalam kasih dan kebenaran untuk mempersiapkannya bagi kemarahannya. II. (7-13) Yohanes memperingatkan wanita tersebut untuk tidak membantu guru0guru palsu untuk membantunya melihat batsan- batasan kasih.

17 Arti 2 Yohanes 10 Rangkuman dari pandangan- pandangan yang berbeda 304 Bisakah guru-guru palsu… Pandangan Tinggal di rumah orang percaya? Masuk rumah orang percaya? Pengikut 1Ya Ya John R. Stott F. F. Bruce 2Tidak YaStanley Toussaint 3Tidak ?I. Howard Marshall B. F. Westcott Robert Weldon Wilson 4Tidak TidakRick Griffith

18 Bagaimana orang-orang Kristen membantu ajaran sesat? Mendukung perjalanan orang-orang sesat Memberi uang pada pemujaan (radio, TV, dll.) Membeli buku-buku ajaran sesat Menerima literatur ajaran-ajaran sesat

19 Apa arti semua ini? 297 Kamu adalah pengawas Jangan memberi atau mendukung apapun berkaitan dengan Buddha, Islam, Hindhu, Mormon, Saksi Yehova atau agama lain yang keliru.


Download ppt "Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google