Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A. Arti, Keutamaan & Hikmah Safar B. Ragam Hukum Safar C. Permasalahan Fiqh dalam Safar D. Adab – Adab Safar / Bepergi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A. Arti, Keutamaan & Hikmah Safar B. Ragam Hukum Safar C. Permasalahan Fiqh dalam Safar D. Adab – Adab Safar / Bepergi."— Transcript presentasi:

1

2 A. Arti, Keutamaan & Hikmah Safar B. Ragam Hukum Safar C. Permasalahan Fiqh dalam Safar D. Adab – Adab Safar / Bepergi

3

4  Secara Bahasa : Bepergian / menempuh jarak perjalanan  Secara Filosofis akar Kata: “ menampakkan “  سفرت المر أة عن وجهها  Ibnu Mundzir :  وسمي السَّفَرُ سَفَراً لأَنه يُسْفِرُ عن وجوه المسافرين وأَخلاقهم فيظهر ما كان خافياً  Secara Bahasa : Bepergian / menempuh jarak perjalanan  Secara Filosofis akar Kata: “ menampakkan “  سفرت المر أة عن وجهها  Ibnu Mundzir :  وسمي السَّفَرُ سَفَراً لأَنه يُسْفِرُ عن وجوه المسافرين وأَخلاقهم فيظهر ما كان خافياً

5  Keluar bepergian meninggalkan kampung halaman dengan maksud menuju suatu tempat dengan jarak tertentu yang membolehkan seseorang yang bepergian untuk menqashar sholat

6  وَالَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْفُلْكِ وَالْأَنْعَامِ مَا تَرْكَبُونَ (12) لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ  Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasang dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; “ ( QS Zuhruf 12-13)  وَالَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْفُلْكِ وَالْأَنْعَامِ مَا تَرْكَبُونَ (12) لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ  Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasang dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; “ ( QS Zuhruf 12-13)

7  يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا  Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal ( Hujurot 13)  يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا  Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal ( Hujurot 13)

8  أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ  “ Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada “ (QS Al Hajj 46)  أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ  “ Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada “ (QS Al Hajj 46)

9  السَّفَرُ قَطْعَةٌ مِنَ الْعَذَابِ ، يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ نَوْمَهُ وَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ  “ Safar adalah potongan (bagian) dari azab, yang menahan seorang dari makanan, minuman dan tidurnya (yang nyaman)” (HR Bukhori dan Muslim).  السَّفَرُ قَطْعَةٌ مِنَ الْعَذَابِ ، يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ نَوْمَهُ وَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ  “ Safar adalah potongan (bagian) dari azab, yang menahan seorang dari makanan, minuman dan tidurnya (yang nyaman)” (HR Bukhori dan Muslim).

10  " ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن : دعوة الوالد، ودعوة المسافر، ودعوة المظلوم ”.( أحمد )  “ ada tiga doa yang tidak diragukan lagi mustajabnya : doa orang tua pada anaknya, doa musafir, dan doa orang yang terzalimi “ (HR Ahmad)  " ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن : دعوة الوالد، ودعوة المسافر، ودعوة المظلوم ”.( أحمد )  “ ada tiga doa yang tidak diragukan lagi mustajabnya : doa orang tua pada anaknya, doa musafir, dan doa orang yang terzalimi “ (HR Ahmad)

11

12  Melakukan perjalanan ibadah wajib, seperti haji, jihad atau bernadzar.  وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ ( الحج 27)  ”Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” (al-Hajj 27)  Melakukan perjalanan ibadah wajib, seperti haji, jihad atau bernadzar.  وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ ( الحج 27)  ”Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” (al-Hajj 27)

13  Melakukan perjalanan bernilai kebaikan, seperti berdakwah, menyambung silaturahmi, berdagang untuk mencari nafkah, menuntut ilmu, atau umroh yang sunnah.  فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ  Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.(QS Jumat 10)  Melakukan perjalanan bernilai kebaikan, seperti berdakwah, menyambung silaturahmi, berdagang untuk mencari nafkah, menuntut ilmu, atau umroh yang sunnah.  فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ  Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.(QS Jumat 10)

14  Melakukan perjalanan rekreatif, jalan-jalan, yang tidak melalaikan dari kewajiban agama  كل شىء ليس من ذكر الله لهو ولعب إلا أن يكون أربعة ملاعبة الرجل امرأته وتأديب الرجل فرسه ومشى الرجل بين الغرضين وتعليم الرجل السباحة  “segala suatu selain dzikrullah adalah sia-sia dan permainan belaka, kecuali empat hal : bercanda dg istri, melatih kuda, memanah dan berlatih berenang (HR An-Nasai dan Thobroni)  Melakukan perjalanan rekreatif, jalan-jalan, yang tidak melalaikan dari kewajiban agama  كل شىء ليس من ذكر الله لهو ولعب إلا أن يكون أربعة ملاعبة الرجل امرأته وتأديب الرجل فرسه ومشى الرجل بين الغرضين وتعليم الرجل السباحة  “segala suatu selain dzikrullah adalah sia-sia dan permainan belaka, kecuali empat hal : bercanda dg istri, melatih kuda, memanah dan berlatih berenang (HR An-Nasai dan Thobroni)

15  Makruh : Melakukan perjalanan mubah secara berlebihan atau melanggar adab dan etika dalam safar. Misal : bepergian sendirian  Harom : Melakukan perjalanan dengan tujuan kemaksiatan atau dengan cara maksiat, atau ke tujuan yang tidak dibolehkan syariat. Misal : negeri orang kafir yang banyak fitnah, daerah wabah penyakit.  Makruh : Melakukan perjalanan mubah secara berlebihan atau melanggar adab dan etika dalam safar. Misal : bepergian sendirian  Harom : Melakukan perjalanan dengan tujuan kemaksiatan atau dengan cara maksiat, atau ke tujuan yang tidak dibolehkan syariat. Misal : negeri orang kafir yang banyak fitnah, daerah wabah penyakit.

16

17  Pendapat Pertama : Hanya safar yang wajib, sunnah dan mubah saja. Yang makruh dan haram tidak diperbolehkan. oleh : Imam Malik, Ahmad dan Syafi’i  Pendapat Kedua: membolehkan rukhsoh diambil untuk semua jenis safar / menempuh perjalanan baik haram sekalipun. Sesuai dengan keumuman lafadz Safar dalam Al-Quran. oleh : Abu Hanifah, Asy-Syaukani, Ibnu Taimiyah, Adz-Dzohiri  Pendapat Pertama : Hanya safar yang wajib, sunnah dan mubah saja. Yang makruh dan haram tidak diperbolehkan. oleh : Imam Malik, Ahmad dan Syafi’i  Pendapat Kedua: membolehkan rukhsoh diambil untuk semua jenis safar / menempuh perjalanan baik haram sekalipun. Sesuai dengan keumuman lafadz Safar dalam Al-Quran. oleh : Abu Hanifah, Asy-Syaukani, Ibnu Taimiyah, Adz-Dzohiri

18

19  Menqashar dan Jamak Sholat  Tidak berpuasa di siang hari Ramadhan  Tidak terkena kewajiban Shalat Jumat  Mengerjakan Sholat Sunnah di atas kendaraan  Mengusap Khuf (sepatu), serban dan yang sejenisnya ketika Thoharoh  Menqashar dan Jamak Sholat  Tidak berpuasa di siang hari Ramadhan  Tidak terkena kewajiban Shalat Jumat  Mengerjakan Sholat Sunnah di atas kendaraan  Mengusap Khuf (sepatu), serban dan yang sejenisnya ketika Thoharoh

20  Qoshor : Meringkas shalat empat rekaat (dhuhur, ashar dan isya’) menjadi dua rekaat, ketika melakukan sebuah perjalanan dengan syarat tertentu.

21  قال الله تعالى : ( وإذا ضربتم في الارض فليس عليكم جناح أن تقصروا من الصلاة إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا ) An-Nisa 101  فعن يعلى بن أمية قال : ( قلت لعمر بن الخطاب أرأيت إقصار الناس الصلاة وإنما قال عزوجل : ( إن خفتم أن يقتنكم الذين كفروا ) فقد ذهب ذلك اليوم؟ فقال عمر : عجبت مما عجبت منه فذكرت ذلك لرسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : ( صدقة تصدق الله بها عليكم فاقبلوا صدقته ). رواه الجماعة.  قال الله تعالى : ( وإذا ضربتم في الارض فليس عليكم جناح أن تقصروا من الصلاة إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا ) An-Nisa 101  فعن يعلى بن أمية قال : ( قلت لعمر بن الخطاب أرأيت إقصار الناس الصلاة وإنما قال عزوجل : ( إن خفتم أن يقتنكم الذين كفروا ) فقد ذهب ذلك اليوم؟ فقال عمر : عجبت مما عجبت منه فذكرت ذلك لرسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : ( صدقة تصدق الله بها عليكم فاقبلوا صدقته ). رواه الجماعة.

22

23  Pendapat Pertama : Lebih utama menyempurnakan (1 qaul syafi’i)  Pendapat Kedua: sama saja ( sebagian Malik)  Pendapat Ketiga : Qashar lebih utama (pendapat kuat as-syafi’I dan riwayat ahmad)  Pendapat Keempat : wajib Qashar ( Abu Hanifah dan Malik)  Pendapat Kelima : Qashar Sunnah dan meninggalkannya makruh * Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa  Pendapat Pertama : Lebih utama menyempurnakan (1 qaul syafi’i)  Pendapat Kedua: sama saja ( sebagian Malik)  Pendapat Ketiga : Qashar lebih utama (pendapat kuat as-syafi’I dan riwayat ahmad)  Pendapat Keempat : wajib Qashar ( Abu Hanifah dan Malik)  Pendapat Kelima : Qashar Sunnah dan meninggalkannya makruh * Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa

24

25  لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر ان تسافر مسيرة يوم وليلة الا مع ذي محرم * رواه مسلم  “tidak halal seorang wanita yg beriman kepada Allah dan hari akhir, menempuh perjalanan sehari semalam, kecuali disertai mahromnya “. (Buhkori & Muslim)  Setengah hari = 1 barid = 4 farshah  Sehari semalam = 4 barid = 16 farshah  1 farshah = 3 mil  Jarak minimal = 48 mil sekitar 80 km  لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر ان تسافر مسيرة يوم وليلة الا مع ذي محرم * رواه مسلم  “tidak halal seorang wanita yg beriman kepada Allah dan hari akhir, menempuh perjalanan sehari semalam, kecuali disertai mahromnya “. (Buhkori & Muslim)  Setengah hari = 1 barid = 4 farshah  Sehari semalam = 4 barid = 16 farshah  1 farshah = 3 mil  Jarak minimal = 48 mil sekitar 80 km

26  وَمَعْلُومٌ أَنَّ إِطْلَاق السَّفَر لَا يَدُلّ عَلَى اِخْتِصَاصه بِالطَّوِيلِ, وَلَمْ يُبَيِّنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِقْدَاره. وَتَأْخِير الْبَيَان عَنْ وَقْت الْحَاجَة مُمْتَنِع, فَسُكُوته عَنْ تَحْدِيده مِنْ أَظْهَر الْأَدِلَّة عَلَى أَنَّهُ غَيْر مَحْدُود شَرْعًا. قَالُوا : وَاَلَّذِينَ حَدَّدُوهُ - مَعَ كَثْرَة اِخْتِلَافهمْ وَانْتِشَار أَقْوَالهمْ - لَيْسَ مَعَهُمْ نَصٌّ بِذَلِكَ, وَلَيْسَ حَدٌّ بِأَوْلَى مِنْ حَدّ, وَلَا إِجْمَاع فِي الْمَسْأَلَة, فَلَا وَجْه لِلتَّحْدِيدِ. وَبِاَللَّهِ التَّوْفِيق  ( Ibnul Qoyyim Al-Jauzi)  وَمَعْلُومٌ أَنَّ إِطْلَاق السَّفَر لَا يَدُلّ عَلَى اِخْتِصَاصه بِالطَّوِيلِ, وَلَمْ يُبَيِّنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِقْدَاره. وَتَأْخِير الْبَيَان عَنْ وَقْت الْحَاجَة مُمْتَنِع, فَسُكُوته عَنْ تَحْدِيده مِنْ أَظْهَر الْأَدِلَّة عَلَى أَنَّهُ غَيْر مَحْدُود شَرْعًا. قَالُوا : وَاَلَّذِينَ حَدَّدُوهُ - مَعَ كَثْرَة اِخْتِلَافهمْ وَانْتِشَار أَقْوَالهمْ - لَيْسَ مَعَهُمْ نَصٌّ بِذَلِكَ, وَلَيْسَ حَدٌّ بِأَوْلَى مِنْ حَدّ, وَلَا إِجْمَاع فِي الْمَسْأَلَة, فَلَا وَجْه لِلتَّحْدِيدِ. وَبِاَللَّهِ التَّوْفِيق  ( Ibnul Qoyyim Al-Jauzi)

27

28  عن أنس بن مالك قال : خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه و سلم من المدينة إلى مكة فصلى ركعتين ركعتين حتى رجع قلت كم أقام بمكة ؟ قال عشرا  Jabir radhiallahu anhu meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Tabuk selama dua puluh hari meng-qashar shalat.[HR Ahmad)  Ibnu Abbas radhiallahu anhuma meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Makkah selama sembilan belas hari meng-qashar shalat.[HR Bukhori  Nafi' rahimahullah meriwayatkan, bahwasanya Ibnu Umar radhiallahu anhuma tinggal di Azzerbaijan selama enam bulan meng-qashar shalat.[HR Baihaqi}  عن أنس بن مالك قال : خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه و سلم من المدينة إلى مكة فصلى ركعتين ركعتين حتى رجع قلت كم أقام بمكة ؟ قال عشرا  Jabir radhiallahu anhu meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Tabuk selama dua puluh hari meng-qashar shalat.[HR Ahmad)  Ibnu Abbas radhiallahu anhuma meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Makkah selama sembilan belas hari meng-qashar shalat.[HR Bukhori  Nafi' rahimahullah meriwayatkan, bahwasanya Ibnu Umar radhiallahu anhuma tinggal di Azzerbaijan selama enam bulan meng-qashar shalat.[HR Baihaqi}

29  Ulama sepakat, selama masih berniat safar dan belum berniat tinggal maka diperbolehkan terus menqashar  Apabila berniat mukim, maka selama 4 hari atau kurang masih boleh mengqashar sholat ( Imam Syafi’I, Ahmad, dan Malik)  Pendapat paling lama tentang niat mukim adalah 20 hari sesuai dengan hadits perang Tabuk  Ulama sepakat, selama masih berniat safar dan belum berniat tinggal maka diperbolehkan terus menqashar  Apabila berniat mukim, maka selama 4 hari atau kurang masih boleh mengqashar sholat ( Imam Syafi’I, Ahmad, dan Malik)  Pendapat paling lama tentang niat mukim adalah 20 hari sesuai dengan hadits perang Tabuk

30  Jamak : Menggabungkan dua sholat ( Dhuhur & Ashar, Maghrib & Isya) karena dalam kondisi perjalanan, atau halangan tertentu lainnya.

31  Sholat Jamak di Arafat  Jamak karena Perjalanan  Karena Sakit dan Hujan  Karena halangan / udzur umum  ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي بِالْمَدِينَةِ يَجْمَعُ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ قِيلَ لَهُ لِمَ قَالَ لِئَلَّا يَكُونَ عَلَى أُمَّتِهِ حَرَجٌ –An Nasa’i-  Sholat Jamak di Arafat  Jamak karena Perjalanan  Karena Sakit dan Hujan  Karena halangan / udzur umum  ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي بِالْمَدِينَةِ يَجْمَعُ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ قِيلَ لَهُ لِمَ قَالَ لِئَلَّا يَكُونَ عَلَى أُمَّتِهِ حَرَجٌ –An Nasa’i-

32

33  Berpamitan dan Minta di Doakan  Berwasiat jika diperlukan  Tidak bepergian sendirian  Mengangkat pemimpin Perjalanan  Membaca doa Safar : سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ  Memperbanyak Doa  Berbagi dalam Perjalanan  Berpamitan dan Minta di Doakan  Berwasiat jika diperlukan  Tidak bepergian sendirian  Mengangkat pemimpin Perjalanan  Membaca doa Safar : سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ  Memperbanyak Doa  Berbagi dalam Perjalanan

34  Segera kembali ketika urusan telah selesai  Tidak kembali ke rumah pada malam hari  Melaksanakan sholat dua rekaat  Mengadakan perjamuan sederhana  ن جابر بن عبد الله ان رسول الله صلى الله عليه وسلم لما قدم المدينة نحر جزورا أو بقرة - رواه البخاري في الصحيح  Segera kembali ketika urusan telah selesai  Tidak kembali ke rumah pada malam hari  Melaksanakan sholat dua rekaat  Mengadakan perjamuan sederhana  ن جابر بن عبد الله ان رسول الله صلى الله عليه وسلم لما قدم المدينة نحر جزورا أو بقرة - رواه البخاري في الصحيح

35


Download ppt "A. Arti, Keutamaan & Hikmah Safar B. Ragam Hukum Safar C. Permasalahan Fiqh dalam Safar D. Adab – Adab Safar / Bepergi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google