Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PADA PT. ARTIDUTA ANEKA USAHA Nama : I Putu Dedy Sandana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PADA PT. ARTIDUTA ANEKA USAHA Nama : I Putu Dedy Sandana."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PADA PT. ARTIDUTA ANEKA USAHA Nama : I Putu Dedy Sandana Nim :

2 Abstrasi Car thefts lately very prevalent both intensity and location of events that makes PT. Meaning of Various Business Ambassadors become restless for delivery of goods. In general, only the form of car security alarm installation and assembly has been widely known existence. While it never developed a tracking system and vehicle safety position, which can be accessed online and can not be monitored by cell phone or mobile phones (HP) as it also requires a monthly fee for the expenditure rates can make the monitoring of vehicles that have been provided by several companies that providing mobile tracking service. PT. Various meanings Ambassador Enterprises need a tool and application that can monitor the vehicle position and disable the ignition remotely. Then designed and built a Car Security System Based Geographic Information Systems, Car Security System for which it can monitor the vehicle remotely and provide a sense of security on the company's automobile operations. The system is based Geographic Information System (GIS) where the system that include a map to determine the existence of such vehicles are seen on the map using the Google Maps API. Key words: mobile tracking, sms gateway, security

3 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, peningkatan keamanan dalam industri pengiriman barang sangat diperlukan, selain itu peningkatan efisiensi dalam meningkatkan keuntungan juga sangat di butuhkan. Maka untuk mengatasi masalah tersebut pada studi kasus dalam hal ini PT. Arti Duta Aneka Usaha membutuhkan suatu sistem yang terintegrasi dan dapat digunakan dalam pemantauan jasa pengiriman barang. Pencurian mobil akhir-akhir ini sangat marak baik intesitas maupun lokasi kejadiannya sehingga membuat PT. Arti Duta Aneka Usaha menjadi resah untuk melakukan pengiriman barang. Pada umumnya, pengamanan mobil hanya berupa pemasangan alarm dan keberadaan pemasangannya telah banyak diketahui. Sementara ini pernah dikembangkan suatu sistem pelacakan posisi dan keamanan kendaraan, yang bisa diakses secara online dan tidak bisa dipantau melalui telepon genggam atau Hand Phone (HP) disamping itu juga membutuhkan pengeluaran tarif biaya bulanan untuk dapat melakukan pemantauan kendaraan yang telah disediakan oleh beberapa perusahaan yang menyediakan layanan mobile tracking.

4 Latar Belakang PT. Arti Duta Aneka Usaha membutuhkan suatu alat dan aplikasi yang dapat melakukan pemantauan posisi kendaraan dan menon-aktifkan mesin mobil dari jarak jauh. Maka dirancang dan dibangun suatu System Security Mobil Berbasis Sistem Informasi Geografis, yang dimana System Security Mobil ini dapat memantau kendaraan dari jarak jauh dan memberikan rasa aman pada perusahaan terhadap mobil operasionalnya. Sistem ini berbasis Geographic Information System (GIS) dimana system yang include sebuah peta untuk mengetahui keberadaan dari kendaraan tersebut yang terlihat di dalam peta dengan menggunakan Google Maps API.

5 Landasan Teori Sistem Informasi Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Tracking Tracking secara harfiah memiliki arti mengikuti jalan, atau dalam arti bebasnya adalah suatu kegiatan untuk mengikuti jejak suatu obyek. Pengertian tracking atau pemantauan dalam hal ini adalah kegiatan untuk memantau keberadaan mobil berdasarkan posisi yang didapatkan dari peralatan tracking. Global Position System (GPS) Definisi GPS adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit, Nama formal dari GPS adalah NAVSTASR GPS, kependekan dari “Navigation Staelit Timing and Ranging Global Positioning System”. GPS Tracking GPS tracking adalah alat pelacak khusus dikembangkan dan dirancang untuk mobil pelacakan secara real- time dan fungsi keamanan. SMS Gateway SMS Gateway dapat diartikan sebagai suatu penghubung untuk lalu lintas data-data SMS, baik yang dikirimkan maupun yang diterima. Google Map API Google adalah salah satu pemimpin pasar dalam hal ini dengan produknya yang bernama Google Map, produk ini menyediakan suatu API (Aplication Programing Interface) yang memungkinkan pemakai untuk menciptakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pemakai. Produk ini juga memanfaatkan teknologi AJAX untuk menciptakan aplikasi yang rapi, responsive dan berbagai macam detail seperti jalan dan data-data lainnya. Selain itu produk ini juga dapat digabungkan dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP, ASP.NET atau ColdFusion

6 Gambaran Umum Sistem 1. GPS tracking yang terdapat pada mobil akan memetakan posisi mobil berdasarkan posisi mobil berdasarkan satelit GPS yang ada, untuk dapat memetakan posisi mobil maka dibutuhkan tiga atau lebih satelit GPS. 2. Setelah posisi mobil dapat diketahui, lalu data posisi mobil akan dikirim menggunakan media sms melalui Base Transceiver Station (BTS) ke sistem. Untuk dapat melakukan pengiriman ini maka GPS tracking telah dilengkapi alat yang dapat mengirimkan data posisi mobil melalui SMS. Data yang dikirim ini adalah berupa data lokasi (latitude dan longitude), data waktu, data tanggal, dan data command. 3. Sedangkan pada sisi sistem akan meminta data yang di telah diterima, dalam hal ini data yang diterima oleh sistem adalah berupa data koordinat yang berasal dari GPS tracking. 4. Selanjutnya data koordinat tersebut akan di proses oleh sistem, kemudian ditampilkan dan diinputkan kedalam database yang terdapat pada sistem. Hal ini bertujuan agar dapat dilakukan pelacakan history mobil dikarenakan data koordinat yang didapat oleh sistem akan terus di update dalam selang waktu tertentu. Dari data yang ada maka dapat diketahui posisi mobil yang ditampilkan pada Google Map API. 5. Untuk dapat request posisi mobil melalui Hand Phone (HP) maka data command akan dikirim ke sistem, kemudian sistem melanjutkan pengiriman permintaan request tersebut melalui Sms ke GPS tracking. Dari GPS tracking akan mengirimkan data posisi mobil ke sistem dan sistem mengirimkan kembali data tersebut yang ditampilkan posisi keberadaan mobil pada Google Map yang include pada HP.

7 System Flow Pendaftaran Data User System Flow Pendaftaran Data user di mulai entitas admin yang menginputkan data user kemudian disimpan didalam table data user.

8 System Flow Pendaftaran Data Mobil System Flow Pendaftaran Data Mobil dimulai dari admin melakukan penginputan data user untuk proses autentifikasi. Jika sesuai maka admin dapat menginputkan data mobil yang kemudian disimpan kedalam tabel data mobil.

9 System Flow Mobile Tracking System Flow Mobile Tracking ini terdiri dari empat entitas yaitu admin sistem, sistem tracking, GPS, dan manager. Proses dimulai dari admin yang menginputkan data autentifikasi user. Jika data user sesuai maka admin dapat melakukan command yang terdiri dari get location, stop engine, dan ambil data history. Jika admin ingin mengetahui posisi mobil maka melakukan command get location dimana sistem akan mengirimkan SMS ke GPS, kemudian GPS me-replay SMS Get location yang berupa koordinat location yang di simpan ke dalam tabel data mobil history dan ditampilkan ke dalam peta. Untuk proses stop engine sistem mengirimkan SMS ke GPS kemudian GPS me-replay SMS yang berupa ID stop engine ke dalam sistem dan sistem melakukan proses update status mobil. Sedangkan untuk ambil data history, sistem mengambil data mobil history yang diinginkan kemudian ditampilkan kedalam peta. Admin dapat mencetak laporan yang akan di berikan kepada manager.

10 Context Diagram Pada Context Diagram terdiri dari tiga entitas, yaitu admin, GPS, dan manager. Admin memberikan inputan berupa, data autentifikasi, data mobil, data get history, data stop engine, data restore engine, dan data get location ke sistem. Kemudian GPS menerima inputan dari sistem berupa SMS get locatioan dan stop engine, kemudian GPS memberikan output ke sistem berupa data sms location, data sms stop engine, sms restore engine, dan data warning system. Dari sistem memberikan output berupa data user terautentifikasi, data replay location, data replay history, dan data warning system. Lalu sistem memberikan output laporan car track history kepada manager.

11 DFD Level 0 Dari Context Diagram akan didekomposisikan menjadi DFD Level 0. Proses secara umum pada context diagram akan dipecah menjadi proses- proses yang lebih rinci. DFD level 0 terdiri dari tiga proses yaitu : 1. Proses Autentifikasi Pemakai Pada proses ini digunakan untuk autentifikasi data user untuk dapat menggunakan sistem. 2. Proses Input Data Mobil Proses ini digunakan untuk menginputkan data mobil baru ke dalam sistem. 3. Proses Tracking Mobil Proses ini digunakan untuk melakukan get location, stop engine, restore engine, load Google Map API, get history, dan warning system.

12 DFD Level 1 Sub Proses Tracking Mobil Proses tracking mobil dapat dirinci lagi menjadi delapan proses, yaitu proses pemilihan mobil, proses get location, proses get history, proses stop engine, proses restore engine, proses warning system, proses load Google Map API, dan proses cetak laporan. Proses dimulai dari admin memilih data mobil untuk get history, stop engine, restore engine, dimana admin memilih data get history yang akan ditampilkan untuk bisa mencetak laporan yang diberikan kepada manager. Namun untuk proses stop engine dan restore engine, admin mengirimkan data stop engine dan restore engine berupa SMS stop engine dan SMS restore engine ke GPS, lalu GPS mengirimkan Data SMS stop engine dan restore engine kepada admin yang kemudian di update data status mobil tersebut didalam tabel car. Jika mobil mengalami gangguan maka GPS secara otomatis mengirimkan data warning system kepada admin.

13 Entity Relationship Diagram (ERD) Dalam perancangan sistem ini, ada entitas yang saling tekait untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh sistem yang disajikan dalam bentuk conceptual data model (CDM) dan physical data model (PDM). Pada CDM Rancang Bangun Aplikasi Mobile Tracking Dengan Menggunakan SMS Gateway untuk Meningkatkan Keamanan Pada PT. Artiduta Aneka Usaha terdapat tiga entitas yaitu tbUser, tbCar, tbCarHis seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini. Dari rancangan CDM akan dapat di generate untuk menghasilkan rancangan PDM.

14 Demo Program

15 KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat diambil dari rancang bangun Aplikasi Mobile Tracking dengan menggunakan SMS Gateway untuk meningkatkan keamanan pada PT. Artiduta adalah sebagai berikut: Aplikasi mobile tracking dengan menggunakan SMS Gateway dapat memantau posisi atau keberadaan unit kendaraan dengan interval waktu yang dapat disesuaikan. Sistem dapat mengontrol dan stop enggine kendaraan dengan menggunakan fiture yang di sediakan melalui aplikasi dan Hand Phone (HP) berbasis Short Message Service (SMS). Admin dapat request ke aplikasi posisi keberadaan kendaraan ke ponsel berbasis Short Message Service (SMS) dan mematikan mesin dari ponsel bila mobil dalam keadaan warning system.

16 Daftar Rujukan Abidin, Hasanuddin Z, 2007, Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya, Pradnya Paramita, Jakarta. Gondodiyoto, Santoyo Audit Sistem Informasi + pendekatan CoBIT. Jakarta: Mitra Wacana Media. Herlambang, Soendoro & Tanuwijaya, Haryanto Sistem Informasi:Konsep, Teknologi & Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu. Jogiyanto, H.M, 1995, Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta:Andi. Juju, Dominikus, & MataMaya Studio, 2009, Kumpulan Aplikasi Windows Mobile, Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Kendall, Kenneth E. & Kendall Julie E System Analisys and Design – Fifth Edition. United States of America :Prentice Hall International Inc. Maryanto, Rusmanto, 2006, Membangun Aplikasi SMS Gateway di Linux, Jakarta : Dian Rakyat. Trimble, GPS, URL : akses 15 maret 2011http://www.trimbel.com/gps/index.shtml.tanggal akses 15 maret 2011


Download ppt "RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE TRACKING DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PADA PT. ARTIDUTA ANEKA USAHA Nama : I Putu Dedy Sandana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google