Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATABASE LIBRE OFFICE BASE KKPI XI - 2. Pengertian database Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATABASE LIBRE OFFICE BASE KKPI XI - 2. Pengertian database Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada."— Transcript presentasi:

1 DATABASE LIBRE OFFICE BASE KKPI XI - 2

2 Pengertian database Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula

3 PENGERTIAN DATABASE Susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer, sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

4 DEFINISI DATA STRUKTUR DATABASE Data : sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain yang dinyatakan dengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya yang relevan dan belum mempunyai arti. Informasi : hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

5 DEFINISI DATA STRUKTUR DATABASE Tabel : merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record. Field (kolom) : merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang subjudul tabel pada sebuah item data.

6 SYARAT FIELD NAME Harus Unik atau Spesifik Boleh disingkat Pemisah sebagai pengganti spasi dalam pembentuk field adalah tanda lambang "_"

7 CONTOH FIELD NAME Kode Barang menjadi KdBarang, KodeBrg, Kd_Brg, Kd_Barang, Kode_Brg Tanggal Lahir menjadi TglLahir, Tgl_Lahir, Tgl_Lhr Record (baris) : merupakan sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, misalnya data seorang siswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa kolom/field

8 Primary key Suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik

9 Syarat primary key Primary key :Salah satu atrribut dari candidat key dapat dipilih menjadi primary key dengan 3 kriteria sbb : ◦ Key tersebut lebih natural untuk dijadikan acuan ◦ Key tersebut lebih sederhana ◦ Key tersebut cukup uniqe

10 Perancangan database Tujuan Perancangan Database : ◦ untuk memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan user secara khusus dan aplikasi-aplikasinya. ◦ memudahkan pengertian struktur informasi ◦ mendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek penampilan (response time, processing time, dan storage space)

11 Fase perancangan database Pengumpulan data dan analisis Perancangan database secara konseptual Perancangan database secara logikal Perancangan database secara fisik Implementasi sistem database


Download ppt "DATABASE LIBRE OFFICE BASE KKPI XI - 2. Pengertian database Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google