Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Week 5. Pengertian warna Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Dimana cahaya itu sediri berwarna putih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Week 5. Pengertian warna Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Dimana cahaya itu sediri berwarna putih."— Transcript presentasi:

1 week 5

2

3 Pengertian warna Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Dimana cahaya itu sediri berwarna putih.

4 Rasa terhadap warna  warna netral adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna. Atau dengan kata lain sudah mengalami pencampuran warna  warna kontras adalah warna yang saling bersebrangan di lingkaran warna. Sehingga berkesan berlawanan satu sama lainnya. Misalnya: hijau merah

5  warna panas adalah sekelompok warna rentang tengah lingkaran dari merah hingga kuning. Warna panas pada penggunaanya membuat benda terlihat lebih dekat. Tapi sebenarnya justru benda yang memiliki warna terang ini radiasi panasnya paling kecil.  warna dingin adalah sekelompok warna rentang tengah lingkaran dari hijau hingga ungu. Warna dingin pada penggunaanya membuat benda terlihat lebih jauh. Tapi sebenarnya justru benda yang memiliki warna terang ini radiasi panasnya paling besar.

6 Makna budaya warna WARNAMakna POSITIFMakna NEGATIF Merah Hangat, bersemangatLiar, ambisi, peperangan. Merah muda (pink) Musim semi, kelembutan, cinta, wanita, kemudaan. Homo/biseksual, tidak mantap. Orange Kehangatan, semangat, ceria.Agrsif, terlalu emosi. Kuning Kekayaan, emas, matahari, optimism.Tidak jujur, terlalu mancari perhatian. Hijau Alam, kehidupan, tumbuhan, kesehatan Tidak berpengalaman, tamak. Biru Kebebasan, awan, sejuk, damai.Kesedihan, dingin, depresi. Ungu Bangsawan, spiritual, rohani, kemakmuran. Sombong, angkuh,iri. Cokelat Tanah, bumi, netral, alamiKotor, ketinggalan jaman, membosankan. Abu-abu Formal, disiplin, sederhana.kesedihan, bosan, kaku, kotor Putih Disiplin, suci, bersih, damai, murni, salju, dingin, rendah hati. Hampa, kematian. Hitam Kokoh, kuat, anggun, mewah, modern, canggih, serius. Penyesalan, marah, kematian, berkabung, kesedihan.

7 Contoh aplikasi warna dan artinya  Warna perusahaan Biasanya bersifat formal. Misalnya biru hitam abu-abu  Warna anak-anak Menunjukkan kemudaan dan keceriaan. Misal pink, biru muda, kuning, putih.  Warna persahabatan Warna yg menonjolkan kesetiaan dan keteguhan. Misal biru, hitam, ungu.  Warna perniagaan Warna yang menarik dan modern, berkesan mahal dan dapat dipercaya. Misal warna biru tua, emas, hitam.  Warna rumah sakit dan kesehatan Melambangkan kesehatan dan kehidupan. Misal hijau muda, putih.

8

9 Green

10

11 White

12

13

14

15 Gestalt Teori gestalt membahas tentang cara manusia memandang sesuatu (terutama dalam bidang 2d). Dimana element2 yg muncul ditangkap oleh mata, kemudian secara keseluruhan (the whole) diambil kesimpulan yg termudah ( search for simplicity)

16 Prinsip utama dalam Gestalt Orang selalu mengatur medan penglihatannya ke dalam : 1. Figur ( figure ) 2. Latar belakang ( ground )

17 Figure and ground Prinsip ini menggambarkan bahwa manusia, secara sengaja maupun tidak, memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi fokus atau bentuk utama [=figure] dan mana yang menjadi latar [=ground].  stable figure/ground,  reversible figure/ground,  ambigous figure/ground

18 stable figure/ground reversible figure/ground ambigous figure/ground

19

20

21

22

23

24 Prinsip pengorganisasian (untuk mendukung gestalt) Untuk mempersepsi stimulus mana menjadi figure dan mana yang ditinggalkan sebagai ground, ada beberapa prinsip pengorganisasian.  Principle of Proximity : Organisasi berdasarkan kedekatan elemen  Principle of Similarity : Organisasi berdasarkan kesamaan elemen  Principle of Closure : Bentuk yang sudah familiar dipandang sebagai bentuk utuh meski sebenarnya tidak

25 Principle of Proximity Principle of Similarity Principle of Closure

26 Persepsi Total  Bila kita menyusun suatu teka-teki “jigsaw” (potongan gambar), warna & ukuran potongan gambar tersebut terlihat lain dibandingkan bila teka-teki ini sudah tersusun

27 Dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah Fenomena tentang bagaimana gosip bisa begitu berbeda dari fakta yang ada. Fakta yang diterima sebagai informasi oleh seseorang, kemudian diteruskan ke orang lain setelah “dilengkapi” dengan informasi lain yang dianggap relevan walaupun belum menjadi fakta atau tidak diketahui faktanya.

28 Faktor psikologis yg mempengaruhi persepsi (determinan persepsi) Faktor yang sangat dominan adalah faktor ekspektansi dari si penerima informasi sendiri. Dipengaruhi oleh beberapa hal:  Ketersediaan informasi sebelumnya  Kebutuhan  Pengalaman masa lalu

29  Emosi  Impresi  Konteks

30 Aplikasi prinsip gestalt dalam letterform

31 Aplikasi prinsip gestalt dalam shape

32

33 Semiotika (ilmu simbol) Semiotic atau semiology adalah ilmu tentang tanda-tanda atau symbol. Untuk menggambarkan serta menyampaikan maksud secara visual diperlukan sebuah gambar yang dengan baik bisa dipersepsikan sama oleh penerimanya.

34 Ferdinand de Saussure Mendefinisikan semiotika (semiologi) sebagai ilmu yang mengkaji tentang peran tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Menurut Saussure tanda mempunyai dua entitas, yaitu signifier dan signified atau wahana tanda dan makna atau penanda dan petanda (signifier+signified= sign).

35

36

37

38 Semiotika dalam desain Adalah ilmu komunikasi yang berkaitan dengan pembuatan tanda- tanda/symbol/isyarat serta penerapanya. Yang dalam penerapannya menyangkut juga budaya, adat istiadat, dan kebiasaan di masyrakat yang dituju.

39 Sematik / makna dibagi menjadi 2:  Makna denotative Makna yang sesunguhnya. Merupakan pencintraan diri dari apa yg divisualkan sehingga mengurangi kemungkinan terjadi salah paham.  Makna konotatif Makna perumpamaan, makna disamping yang sebenarnya (tersirat)

40 ObjectDenotatifKonotatif bungatanamanCantik berawanCuaca mendungSedih, flu, sakit semutseranggaRajin, gotong royong Batu karang Batuan dipinggir pantai Ketegaran, setia buayaBinatang melataPlayboy

41 Memberikan makna secara internal Perlu diperhatikan bahwa manusia bisa memberikan makna secara internal. Jadi satu oject belum tentu memiliki arti yg sama jika di pandang di berbagai ruang lingkup penggunaan. Perlu diperhatikan pemaknaan yg berbeda2 juga memungkinkan terjadinya object yg memilki makna yang berbeda.

42 Makna 1Makna 2 Warna putihKesucian, pernikahanKematian, kesedihan Ular Simbol dunia kedokteran Symbol kebohongan Angka 4 Seperti kaki meja kokoh Buruk symbol kematian Banyak anakBanyak rejekiBanyak pengeluaran

43 Visualisasi yg merujuk pada lingkungan sekitar  Sematik indrawi memvisualisasikan indra pendengaran memvisualisasikan indra peraba memvisualisasikan indra penciuman  Memvisualisasikan karakter atau sifat  Memvisualisasikan suasana

44 Stilasi Dalam usaha memvisualisasikan sebuah ide, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan menyederhanakan sebuah ide. Sehingga lebih mudah diterima oleh audiencenya.  Contoh stilasi arti Wanita distilasikan sebagai bunga

45


Download ppt "Week 5. Pengertian warna Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Dimana cahaya itu sediri berwarna putih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google