Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SAMBUTAN KEPALA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU MENYAMBUT 1 SYAWAL 1431 M/2010 H.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SAMBUTAN KEPALA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU MENYAMBUT 1 SYAWAL 1431 M/2010 H."— Transcript presentasi:

1 SAMBUTAN KEPALA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU MENYAMBUT 1 SYAWAL 1431 M/2010 H

2 ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB اللهُ أَكْبرَُُ, اللهُ أَكْبرَُُ, اللهُ أَكْبرَُُ,( ٣X) لاَ اِلَهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ أَكْبـَرُ اَللهُ أَكْبَـرُ وَللهِ الْحَمْدُ. اَللهُ أَكْبـَرُ كَبِيْرًا وَلْحَمْدُ للهِ كَثِيْـرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاَ. لاَ اِلَهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ وَلِلَّهِ الحَْمْدُ.

3 Kaum Muslimin dan Muslimat di manapun berada, Pertama-tama sebagai umat yang beriman, mari kita persembahkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, karena kita yakin hanya berkat kasih dan sayangNya kita akan berhasil membangun hari esok yang lebih baik yaitu masyarakat yang penuh Iman, Taqwa serta penuh kedamaian. Shalawat dan salam semoga tercurahkan keharibaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga beserta sahabatnya.

4 Seiring fajar menjelang di setiap penjuru jagat raya ini, suara bedug bertalu-talu mengiringi kalimat takbir, tahmid dan tahlil yang sudah sejak malam tadi berkumandang, menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan dan telah datang 1 Syawal, hari di mana seluruh umat Islam merayakan kemenangan dari sebuah perjuangan melawan hawa nafsu, rintangan dan godaan yang terdapat pada diri dan lingkungan kita masing-masing. Kalimat takbir berkumandang sebagai tanda kebesaran Allah, kalimat tahmid dilantunkan memuji keagungan dan kemuliaan Allah dan kalimat tahlil dikumandangkan sebagai pengakuan akan kemaha esaan Allah, tiada Tuhan selain Allah yang patut disembah dan diagungkan.

5 Dialah Tuhan Yang Maha segala-galanya, pemilik segala apa yang ada di dunia dan di akhirat. Saudara, Meskipun masih sangat berat rasanya kita untuk berpisah dengan bulan Ramadhan yang penuh barokah, rahmat dan ampunan. Tetapi perpisahan ini harus terjadi. Kita harus segera memulai kehidupan baru yang suci bersih setelah satu bulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa.

6 الله اكبر الله اكبر الله اكبر ولله الحمد Kaum Muslimin Rahimakumullah, Puasa merupakan salah satu metode pendidikan dari Allah SWT yang sangat efektif dalam membentuk dan membina karakter kepribadian manusia. Puasa telah menanamkan sifat-sifat terpuji yang amat menentukan kualitas prilaku seseorang. Dengan didikan puasa pula kita akan lebih menyadari betapa kecil dan lemahnya manusia, sehingga sangat tidak pantas berlaku sombong, angkuh, takabur apalagi zalim terhadap sesama.

7 Dengan puasa pun kita akan lebih mengerti betapa menderitanya orang-orang yang tak punya, yang hidup serba kekurangan, yang karenanya kita akan lebih santun dan lebih peduli terhadap anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa di sekitar kita. Ditambah lagi dengan didikan zakat, yang baru saja kita tunaikan sehubungan dengan puasa Ramadhan, kita akan terbiasa menjadi orang-orang yang pandai bersyukur atas rezeki dari Allah, tidak kikir dan kufur ni’mat, serta akan menjadi orang yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

8 Sungguh indah refleksi didikan puasa itu terhadap diri manusia, yang mengarahkan kita agar tampil sebagai sosok manusia yang berkualitas, dalam arti memiliki iman yang kokoh, bermoral dan berbudi pekerti luhur serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi, yang kesemuanya itu tersimpul atau terakumulasi dalam sifat-sifat TAQWA. karena Allah SWT telah menjanjikan dalam Al-Qur’an surat Al-A’raaf 96 yang artinya : Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, Pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.) Semoga saja didikan Ramadhan yang telah kita peroleh dapat kita aktualisasikan ke dalam kehidupan selanjutnya, meskipun Ramadhan telah berlalu meninggalkan kita. Mari kita jaga kesucian yang telah di peroleh di hari yang fitri ini dengan tetap menjaga kualitas iman dan taqwa, kualitas akhlak individual dan sosial sepanjang hidup kita hingga akhir hayat.

9 Taqwa itu mari kita realisasikan dalam bentuk pertama, peningkatan ketaatan kita terhadap setiap aturan dan ketentuan hidup sehingga terbentuk sikap disiplin dalam hidup dan kehidupan kita. Kedua, meningkatkan sikap qanaah sehingga kita menjadi orang yang pandai mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Ketiga, mempertahankan sikap wara’ sehingga kita menjadi orang- orang yang mampu menempatkan sikap, prilaku dan perbuatan kita pada tempat yang semestinya. Dan keempat, merasa yakin kepada setiap ketentuan Allah pasti berlaku kepada semua manusia. Sehingga kita menjadi orang yang senantiasa mawas diri dan selalau mengevaluasi diri kita. Kita yakin kepada ajaran-ajaran agama yang di sebarluaskan oleh Rasulullah SAW adalah ajaran yang benar dan sempurna sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman hidup kita.

10 الله اكبر الله اكبر الله اكبر ولله الحمد Kaum muslimin Rahimakumullah, Inilah yang dapat saya sampaikan dalam sambutan ini. Semoga Allah senantiasa melimpahkan kekuatan, kesehatan dan keselamatan kepada kita dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Amin.

11 Akhirnya saya selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu dan atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idhul Fitri 1431 H/2010 M, Minal ‘Aidiin wal Faiizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Akhirul kalam Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Bengkulu, September 2010 Kepala Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu, H. TAUFIQURRAHMAN, SH,MAP NIP


Download ppt "SAMBUTAN KEPALA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU MENYAMBUT 1 SYAWAL 1431 M/2010 H."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google