Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 8 Disusun oleh: Reno Hendrik : 2012 4350 2307 Ichsan Hadi Nogroho : 2012 4350 2270 Diaz Gusmedi Budiman : 2012 4350 2292 Kelas: R1T PROGRAM STUDY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 8 Disusun oleh: Reno Hendrik : 2012 4350 2307 Ichsan Hadi Nogroho : 2012 4350 2270 Diaz Gusmedi Budiman : 2012 4350 2292 Kelas: R1T PROGRAM STUDY."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 8 Disusun oleh: Reno Hendrik : Ichsan Hadi Nogroho : Diaz Gusmedi Budiman : Kelas: R1T PROGRAM STUDY INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDRA PRASTA PGRI TAHUN AKADEMIK 2012

2 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.dataproseduraritmatikamatematika Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.kalkulator mekanik abakuselektroniksisteminformasi Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.Amerika SerikatInggris Charles BabbageCharles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

3 1.Sebagai Alat komunikasi 2.Sebagai alat untuk hiburan 1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja : Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang. 2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita

4 3. Komputer sebagai Alat Hiburan Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain : Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet. Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet

5 Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media radio, televisi, koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan, antara lain : Dari aplikasi yang kita install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan. Aplikasi yang kita install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, power point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.

6 5. Komputer Sebagai Sarana Informasi Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti : Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan. Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja. Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan. Informasi Politik Informasi Perdagangan Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.

7 Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain : Membuat Rental Komputer Membuat Warnet Membuat Usaha percetakan Membuat usaha Vidoe Editing Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp Membuat Usaha Sablon Membuat usaha Service dan Install Komputer Software Membuka usaha Disain Arsitektur. Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan Membuka Usaha disain Website Membuka Usaha programer akounting dan keuangan Membuka Usaha Kursus Komputer Membuat Jasa Website sebagai media Informasi Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual dll.

8 Sejarah Perkembangan KomputerSejarah Perkembangan Komputer Sebelum tahun 1940 Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar. 1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia 2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual 3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik 4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh. Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :

9 1. Abacus 2. Kalkulator roda numerik Kalkulator roda numerik 2 4. Kalkulator Mekanik

10 1. Abacus Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya..

11 2. Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator ) Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal ( ), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

12

13 Beberapa komputer generasi pertama A. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.

14 Beberapa komputer generasi pertama B. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC

15 3. Komputer generasi ketiga ( awal 80an ) Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

16 PERCABANGAN INSTRUKSI Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap, Tahap-I disebut Instruction Fetch, sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Tahap-I berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit mengambil data dan/atau instruksi dari main-memory ke register, sedangkan Tahap-II berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit menghantarkan data dan/atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di RAM, setelah Instruction Fetch dilakukan. Waktu pada tahap-I ditambah dengan waktu pada tahap-II disebut waktu siklus mesin (machine cycles time). Penghitung program dalam CPU umumnya bergerak secara berurutan. Walaupun demikian, beberapa instruksi dalam CPU, yang disebut dengan instruksi lompatan, mengizinkan CPU mengakses instruksi yang terletak bukan pada urutannya. Hal ini disebut juga percabangan instruksi (branching instruction). Cabang-cabang instruksi tersebut dapat berupa cabang yang bersifat kondisional (memiliki syarat tertentu) atau non-kondisional. Sebuah cabang yang bersifat non-kondisional selalu berpindah ke sebuah instruksi baru yang berada di luar aliran instruksi, sementara sebuah cabang yang bersifat kondisional akan menguji terlebih dahulu hasil dari operasi sebelumnya untuk melihat apakah cabang instruksi tersebut akan dieksekusi atau tidak. Data yang diuji untuk percabangan instruksi disimpan pada lokasi yang disebut dengan flag.

17 Komputer Berdasarkan Data yang Diolah 1. Komputer Analog Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain- lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah. 2.Komputer Digital Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain

18 4. Komputer Berdasarkan Generasi 1. Generasi Pertama 2. Generasi Kedua 3. Generasi Ketiga 4. Generasi Keempat 5. Generasi Kelima 6. Generasi Keenam

19 Terima Kasih


Download ppt "Kelompok 8 Disusun oleh: Reno Hendrik : 2012 4350 2307 Ichsan Hadi Nogroho : 2012 4350 2270 Diaz Gusmedi Budiman : 2012 4350 2292 Kelas: R1T PROGRAM STUDY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google