Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) Nurul Hidayah, S.KM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) Nurul Hidayah, S.KM."— Transcript presentasi:

1 PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) Nurul Hidayah, S.KM

2 Pengertian PSM Peran Serta Masyarakat (Pemerintah): adalah keadaan dimana individu, keluarga maupun masyarakat umum ikut serta bertanggung jawab terhadap kesehatan diri, keluarga, ataupun kesehatan masyarakat lingkungannya.

3 Pengertian PSM Peran Serta Masyarakat ( D.A. Setyawan, 2008 ): adalah proses dimana individu, keluarga dan lembaga masyarakat termasuk swasta: Mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat Mengembangkan kemampuan untuk menyehatkan diri, keluarga, dan masyarakat Menjadi pelaku perintis kesehatan dan pemimpin yang menggerakkan kegiatan masyarakat di bidang kesehatan berdasarkan atas kemandirian dan kebersamaan.

4 Tujuan PSM Tujuan program peran serta masyarakat (tanpa dibagi menjadi umum & khusus) Adalah meningkatkan peran dan kemandirian, dan kerjasama dengan lembaga-lembaga non pemerintah yang memiliki visi sesuai; meningkatkan kuantitas dan kualitas jejaring kelembagaan dan organisasi non pemerintah dan masyarakat; memperkuat peran aktif masyarakat dalam setiap tahap dan proses pembangunan melalui peningkatan jaringan kemitraan dengan masyarakat.

5 Tujuan PSM Tujuan umum Untuk meningkatkan jumlah dan mutu upaya masyarakat di bidang kesehatan Tujuan Khusus 1.Meningkatkan kemampuan pemimpin/pemuka masyarakat dalam menggerakkan upaya kesehatan. 2.Meningkatkan kemampuan organisasi masyarakat dalam menyelenggarakan upaya kesehatan 3.Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menggali, menghimpun dan mengelola dana/sarana masyarakat untuk kesehatan.

6 SASARAN PSM 1.Tokoh Masyarakat 2.Organisasi Masyarakat dan Organisasi Profesi 3.Keluarga 4.Kelompok Masyarakat dengan Kebutuhan Khusus 5.Masyarakat Umum di Desa, Kota, dan Pemukiman Khusus.

7 LANGKAH PEMBINAAN 1.Pertemuan/Pendekatan Tingkat Desa 2.Survey Mawas Diri (Community Self Survey/CSS) 3.Musyawarah Masyarakat Desa 4.Pelatihan Kader 5.Pelaksanaan Upaya Kesehatan oleh Masyarakat 6.Pembinaan Pelestarian Kegiatan 7.Pengenalan Sosio-Budaya Masyarakat Setempat

8 Tingkatan Peran Serta Peran serta karena perintah (terpaksa) Peran serta karena imbalan Peran serta karena identifikasi atau rasa ingin memiliki Peran serta karena kesadaran

9 Ikut dalam menelaah situasi masalah Ikut terlibat dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, termasuk penentuan prioritas Menjalankan kebiasaan hidup sehat & atau berperan serta secara aktif dalam mengembangkan ketenagaan, dana, & saranan BENTUK PSM

10


Download ppt "PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) Nurul Hidayah, S.KM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google