Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunitas Awal Basis Ekonomi. Terbentuknya Masyarakat Sosio- Ekonomi. Karakteristik Masyarakat Sosio- Ekonomi. Produksi Barang-Barang Kebutuhan adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunitas Awal Basis Ekonomi. Terbentuknya Masyarakat Sosio- Ekonomi. Karakteristik Masyarakat Sosio- Ekonomi. Produksi Barang-Barang Kebutuhan adalah."— Transcript presentasi:

1

2 Komunitas Awal Basis Ekonomi. Terbentuknya Masyarakat Sosio- Ekonomi. Karakteristik Masyarakat Sosio- Ekonomi. Produksi Barang-Barang Kebutuhan adalah Basis Kehidupan Sosial.

3 Komunitas Awal Basis Ekonomi: Tingkatan Peradaban Manusia Ditandai oleh: Tingkat dan Bentuk Perekonomiannya

4 Karakteristik Sosio-Ekonomi Masyarakat Primitif Pola kehidupan masih berbentuk komunitas yang masih satu keturunan: Keluarga, Klain. Marga, Desa. Keluarga Merupakan Pusat Aktivitas Ekonomi & Keagamaan. Dasar hubungan produksi: Pemilikan secara bersama alat & sarana produksi (Mis.: alat kerja, tanah, tempat tinggal,dsb.).

5 Masyarakat Primitif Masyarakat Komunitas Pedesaan Masyarakat Kelas Antagonis Muncul Kapitalisme 1. Perkawinan Exogami (campuran). 2. Muncul Komunitas yang lebih besar. 3. Aktivitas Ekonomi & Kekuasaan atas dasar garis keturunan (hierarchi). 4. Muncul praktek Feodalistik. Pemilikan Kolektif sarana produksi

6 Terbentuknya Masyarakat Sosio-Ekonomi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi (W. Rostow, 1992): Masyarakat Prakondisi Transisi Masyarakat Tradisional Masa Revolusi Industri Masa Kematangan Masa Konsumsi Tinggi

7 Menurut: W. Rostow Menurut: W. Rostow Masyarakat Tradisional Masyarakat Prakondisi Transisi Masa Revolusi Industri Masa Kematangan Kehidupan masya. Komsuni Tinggi; Masy. Yng Makmur. Ditandai oleh industri modern Disebut masa transisi; Terjadi Revolusi Industri Peralihan dari Masy. Primitif Komunal ke Kapitalisme Pramonopoli Masa Konsumsi Tinggi Produktivitas Kerja Rendah; Kegiatan utama dlm Pertanian. Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat:

8 Karakteristik Masyarakat Sosio-Ekonomi: Masyarakat Komunitas Primitif, Masyarakat Pasar, Masyarakat Revolusi Industri, Pengaruh Teknologi Industri, Kehidupan Sosio-Ekonomi Masyarakat Modern, Masyarakat Paska Industri.

9 Masyarakat Komunitas Primitif: Bentuk awal dari masyarakat sosio- ekonomi bercirikan komunitas primitif, dimana bentuk ini dicirikan oleh interaksi dan relasi-relasi komunal.

10 Masyarakat Pasar: Masyarakat pasar mulai berkembang di Eropa ketika muncul feodalisme. Sistem feodalisme adalah formasi sosio-ekonomi yang mengijinkan sistem pemilikan budak. Hubungan ekonomi yang utama dari feodalisme dinyatakan dalam sewa feodal. Artinya produk-produk petani dikumpulkan dan diserahkan pada tuan feodal atau negara. Petani hanya menerima upah sekedarnya saja.

11 Masyarakat Revolusi Industri: Revolusi industri muncul di Inggris pada abad 18. Revolusi ini membawa perubahan penting dalam masyarakat. Konsentrasi industri mendorong peningkatan produksi. Posisi modal menjadi penting karena mampu meningkatkan produktivitas dengan membangun industri dan menggunakan tenaga kerja sebanyaknya.

12 Mengapa awal Revolusi Industri terjadi di Inggris? Alasannya: Alasannya: 1. Inggris negara kaya di kawasan Eropa, 2. Warga Inggris adalah warga pelaut, 3. Semangat ilmu pengetahuan berkembang pesat,

13 Pengaruh Teknologi Industri: Pengaruh Teknologi Industri:PengaruhTeknologiIndustri Revolusi industri membuka era baru dalam eksplorasi penemuan. Pada pertengahan abad ke-19, muncul penemuan dalam industri baja, jalan kereta api, mesin-mesin pertanian dan barang-barang kimia. Pada permulaan abad ke-20 ditemukan listrik, mobil dan mesin bakar. Pada masa sekarang mulai berkembang Pada masa sekarang mulai berkembang pesat bidang elektronik, satelit, komputer dan tenaga nuklir.

14 Kehidupan Sosio-Ekonomi Masyarakat Modern: Gambaran manusia sosio-ekonomi pada jaman modern ini sudah berada pada tingkat yang lebih tinggi. Gambaran manusia sosio-ekonomi pada jaman modern ini sudah berada pada tingkat yang lebih tinggi. Kehidupan ekonomi sudah berada di bawah suatu sistem teknologi modern. Kehidupan ekonomi sudah berada di bawah suatu sistem teknologi modern. Kehidupan sosial pun berada di bawah bayangan laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi. Kehidupan sosial pun berada di bawah bayangan laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi.

15 Masyarakat Paska Industri: Dalam memasuki periode abad ke-21, akan ditandai datangnya masyarakat paska industri, yang berbeda secara kualitatif dari masyarakat sekarang. Dalam memasuki periode abad ke-21, akan ditandai datangnya masyarakat paska industri, yang berbeda secara kualitatif dari masyarakat sekarang. Para ahli dari negara-negara kapitalis seperti AS menyatakan bahwa Amerika Serikat dan negara- negara kapitalis lain yang telah maju secara ekonomi dapat memasuki masyarakat paska-industri. Para ahli dari negara-negara kapitalis seperti AS menyatakan bahwa Amerika Serikat dan negara- negara kapitalis lain yang telah maju secara ekonomi dapat memasuki masyarakat paska-industri. Ciri masyarakat paska-industri adalah terjadi reduksi besar-besaran terhadap waktu kerja, pertumbuhan populasi nol dan reorientasi perekonomian dan kebudayaan dalam meningkatkan kualitas hidup. Ciri masyarakat paska-industri adalah terjadi reduksi besar-besaran terhadap waktu kerja, pertumbuhan populasi nol dan reorientasi perekonomian dan kebudayaan dalam meningkatkan kualitas hidup.

16 Produksi Barang-Barang Kebutuhan adalah Basis Kehidupan Sosial: Untuk mempertahankan dan melanjutkan hidupnya, manusia harus dapat mencukupi kebutuhan utamanya yaitu: makanan, pakaian dan tempat tinggal. Untuk mempertahankan dan melanjutkan hidupnya, manusia harus dapat mencukupi kebutuhan utamanya yaitu: makanan, pakaian dan tempat tinggal. Oleh karena itu manusia harus memproduksi semua kebutuhan-kebutuhannya. Oleh karena itu manusia harus memproduksi semua kebutuhan-kebutuhannya. Dalam proses produksi inilah, manusia menggunakan dan mengembangkan alat-alat produksi (alat alat kerja dan obyek kerja) disamping tenaga kerjanya sendiri, dari mulai tangan, kapak, palu, lembing, palu, cangkul hingga komputer serta mesin-mesin modern seperti sekarang ini. Dalam proses produksi inilah, manusia menggunakan dan mengembangkan alat-alat produksi (alat alat kerja dan obyek kerja) disamping tenaga kerjanya sendiri, dari mulai tangan, kapak, palu, lembing, palu, cangkul hingga komputer serta mesin-mesin modern seperti sekarang ini. Alat-alat produksi (ada teknologi didalamnya) dan tenaga kerja manusia (ada pengalaman, ilmu pengetahuan didalamnya) tidak pernah bersifat surut melainkan terus maju disebut sebagai tenaga produktif masyarakat yaitu kekuatan yang mendorong perkembangan masyarakat. Alat-alat produksi (ada teknologi didalamnya) dan tenaga kerja manusia (ada pengalaman, ilmu pengetahuan didalamnya) tidak pernah bersifat surut melainkan terus maju disebut sebagai tenaga produktif masyarakat yaitu kekuatan yang mendorong perkembangan masyarakat.

17 SELESAI


Download ppt "Komunitas Awal Basis Ekonomi. Terbentuknya Masyarakat Sosio- Ekonomi. Karakteristik Masyarakat Sosio- Ekonomi. Produksi Barang-Barang Kebutuhan adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google