Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 SEPULUH PERINTAH ALLAH. 2 Konteks SPA Musa memimpin bangsa Ibrani keluar dari perbudakan di Mesir Di Gunung Sinai Allah berbicara kepada Musa dan mengikat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 SEPULUH PERINTAH ALLAH. 2 Konteks SPA Musa memimpin bangsa Ibrani keluar dari perbudakan di Mesir Di Gunung Sinai Allah berbicara kepada Musa dan mengikat."— Transcript presentasi:

1 1 SEPULUH PERINTAH ALLAH

2 2 Konteks SPA Musa memimpin bangsa Ibrani keluar dari perbudakan di Mesir Di Gunung Sinai Allah berbicara kepada Musa dan mengikat suatu perjanjian antara Allah & manusia

3 3 SEPULUH PERINTAH ALLAH  "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. (Ul 6:5, Mat 22:37)  Dan kasihanilah sesamu manusia seperti dirimu sendiri." (Im 19:18,Mat 22:39 )

4 4 sp Tuhan Allah menulis Dekalog ini di dalam hati, hati setiap orang, tidak kelihatan tetapi bisa dirasakan. Dirangkai dengan bahasa manusia dan ditulis pada dua loh batu yang diberikan kepada manusia melalui Musa di atas gunung Sinai (Kel 20:1-17 bdk. Ul 5:6-21) Peristiwa itu terjadi 50 hari sesudah bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir (1.250 SM).

5 5 Sepuluh Perintah ALLAH: 1-3 (kewajiban manusia kepada ALLAH ) Akulah Tuhan, Allahmu  Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja dan cintailah Aku lebih daripada segala sesuatu.  Jangan menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.  Kuduskanlah hari Tuhan.

6 6 Sepuluh Perintah ALLAH: 4-10 (kewajiban manusia kepada sesama ) 4. Hormatilah ibu-bapamu. 5. Jangan membunuh. 6. Jangan berbuat berzinah. 7. Jangan mencuri 8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu. 9. Jangan mengingini istri sesamamu. 10.Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

7 7 Akulah Tuhan, Allahmu 1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja dan cintailah Aku lebih daripada segala sesuatu!” Siapa itu ALLAH?

8 8 1…. Allah: pencipta dunia dan segala isinya, menghendaki manusia hidup berbahagia, damai …

9 9 1 Patung /benda lain = diagungkan, diberi sesaji, dianggap sebagai penciptanya, punya kekuatan Orang Mesir kuno menyembah dewa sapi: APIS Orang Israel menyembah LEMBU EMAS pada saat Musa di Gunung Sinai (Kel 32:1-35) Raja dan rakyat Babilonia (600 SM) menyembah dewa BAAL = dilayani 70 imam. Setiap hari disediakan persembahan, disediakan anggur puluhan peti, puluhan karung gandum, puluhan ekor kambing

10 10 1 Dalam Gereja Katolik ada patung: Yesus, Bunda Maria. Orang Katolik menyalakan lilin, berdoa didepannya. Menyembah berhala? Ada patung presiden Sukarno, Hatta, Sudirman, liha contoh = menyembah berhala? Ada burung garuda, ada bendera merah putih yang dihormati = menyembah berhala? Ada foto orang tua, foto pacar yang disimpan di dompet dipelihara = menyembah berhala?

11 11 1 memudahkan ingatan pada pribadi yang digambarkan dengan patung itu. Patung2 bisa dibuang tidak jadi masalah. Tetapi kalau tertolong dengan adanya patung, mengapa dibuang? Tujuan menghormati pribadi yang digambarkan oleh patung itu, pribadi Yesus atas pengorbanannya, pribadi Bunda Maria atas jasanya. Tidak memperlakukan patung sebagai pengganti Tuhan, juga tidak memperlakukan patung-patung itu dengan tidak hormat.

12 12 Tindakan yg bertentangan dengan 10 PA Penyembahan berhala: mengilahikan ciptaan, kekuasaan, uang, setan Takhayul: penyimpangan dari penyembahan yg layak diberikan hanya kepada ALLAH: magi, sihir Penodaan agama: mencobai Allah dalam kata atau tindakan, dlm sakrilegi: yg mencemarkan orang2 kudus atau barang-barang suci, terutama Ekaristi. Ateisme: menyangkal eksistensi Allah Agnostisisme: yg menekankan bahwa tak ada sesuatu yg dapat dikenali tentang Allah

13 13 Menyembah Allah secara benar Mengakui kemahakuasaan Allah dengan BERDOA dan BERKORBAN BERDOA = BERDIALOG DENGAN TUHAN  dengan kata-kata sendiri (doa sendiri)  dengan kata-kata yang sudah dirumuskan (doa bersama)  dari hati yang tulus  Doa rumusan = Doa Bapa Kami (Mat 6:7-11)

14 14 Macam-macam doa Doa pribadi dengan menggunakan kata-kata sendiri. Doa pribadi dengan menggunakan rumusan yang sudah ada. Doa batin, doa diam di mana kita hadir dengan seluruh hidup kita di hadapan Allah, tanpa kata. Doa ini sering dikaitkan dengan semedi/meditasi. Doa resmi gerejani non-liturgis: doa rosario, doa litani, dll. Doa resmi gerejani liturgis Doa Brevir/Ibadat harian, yakni doa yang pada umumnya dilakukan oleh para imam dan biarawan/wati, yang tcrdiri dari: ibadat Bacaan, Ibadat pagi, Ibadat Siang, Ibadat Sore, dan Ibadat Malam. Doa-doa dalam Perayaan Ekaristi.

15 15 Berkorban Memberi persembahan kpd Tuhan Segalanya milik Tuhan Memberi pada Tuhan tidak menambah kekayaan Tuhan Yang penting: KETULUSAN DAN KETUNDUKKAN KITA KEPADANYA. Persembahan = tanda ketulusan (Kej. 4:1-16) Pada Malam Perjamuan Terakhir Yesus mengurbankan hidupNya untuk keselamatan manusia (Matius 26:20-25)

16 16 Perintah II Jangan menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.

17 17 Arti sebuah nama Tanda pribadi yang menggunakan, menunjukkan identitas orangnya Yang penting pribadinya bukan namanya Bisa nama bagus orangnya tak bermutu atau sebaliknya. Satu orang bisa punya beberapa nama

18 18 Nama Tuhan: Tuhan, Allah, Gusti, Yang Suci, Yang Ada, Yang Hidup, Yang Mahakuasa, Mahaagung, Mahakasih, Pencipta, Bapa, dsb Tuhan berkehendak supaya nama-nama itu dihormati, jangan diucapkan bila tidak perlu, jangan mengucapkan sembarangan: "Jangan menyebut Nama Tuhan, Allahmu dengan tidak hormat

19 19 Sat tepat menyebut nama ALLAH Saat BERDOA = berdoa kepada Allah Saat SUMPAH = Allah sebagai saksi, yang diucapkan benar, tidak bohong Ingkar terhadap sumpah = DOSA BESAR. Bila “ya” kata ya, bila “tidak” katyakan tidak Selebihnya berasal dari si jahat." (Mat 5:33-37).

20 20 Menghormati kekudusan Nama Tuhan Memuji dan memuliakan Tuhan, dalam doa Tidak menyebut Nama Allah untuk membenarkan suatu kejahatan Tidak Menghujat atau mengutuk orang dengan nama Tuhan Tidak bersumpah palsu: menjadikan Allah saksi kebohongan

21 21 Perintah III: Kuduskanlah hari TUHAN Allah memberkati dan menguduskan hari ke 7 (hari Sabat) setelah 6 hari bekerja Yesus bangkit pada hari Minggu, sehingga Gereja menetapkannya sebagai Hari Tuhan. Umat punya kewajiban menjaga kekudusan hari Minggu: 1.Berpartisipasi dalam Ekaristi 2.Menghindari kegiatan2 yg menghalangi ibadah kepada Allah

22 22 Hari Tuhan? Hari Tuhan (DIES DOMINICA, Dominggo). Orang Hibrani memilih hari Sabbat (Sabtu). Orang Islam memilih hari Jumat. Orang Kristiani memilih hari Minggu. Semua hari Minggu adalah HARI TUHAN. Kecuali itu masih ada hari yang disamakan dengan hari Minggu yaitu hari raya –hari raya Gerejani:

23 23 9 Hari Raya Gerejani sepanjang tahun, yg Tanggalnya tetap: 1. 1 Januari: Maria Maria Bunda Allah Maret: Maria Suami Maria Maret: Maria Menerima Kabar Sukacita Juni: Kelahiran Santo Yohanes Pembabtis Juni: Petrus dan Paulus Agustus: Maria Diangkat Ke Surga 7. 1 November: Hari Raya Semua Orang Kudus 8. 8 Desember: Maria diakandung Tanpa Noda Dosa (Maria Imaculata) Desember: Kelahiran Yesus (Natal)

24 24 7 Hari Raya yang selalu berubah-ubah tanggal perayaannya sepanjang tahun, yaitu 1.Hari Raya Paskah. 2.Hari Raya Kenaikan. 3.Hari Raya Pentakosta. 4.Hari Raya Tritunggal Maha Kudus. 5.Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. 6.Hari Raya Hati Kudus Yesus. 7.Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.


Download ppt "1 SEPULUH PERINTAH ALLAH. 2 Konteks SPA Musa memimpin bangsa Ibrani keluar dari perbudakan di Mesir Di Gunung Sinai Allah berbicara kepada Musa dan mengikat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google