Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Abdul Haris, S.Kom.  Sebuah fungsi berisi sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama.  Selanjutnya nama ini dapat dipanggil beberapa kali di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Abdul Haris, S.Kom.  Sebuah fungsi berisi sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama.  Selanjutnya nama ini dapat dipanggil beberapa kali di."— Transcript presentasi:

1 Abdul Haris, S.Kom

2  Sebuah fungsi berisi sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama.  Selanjutnya nama ini dapat dipanggil beberapa kali di beberapa tempat dalam program.

3  Memudahkan dalam mengembangkan program.  Menghemat ukuran program, terutama bila ada beberapa deretan instruksi yang sama digunakan pada beberapa tempat dalam program.

4 #include void garis();//prototipe fungsi void main() { clrscr(); garis(); cout<<"Program Percobaan Fungsi"<

5  Umumnya fungsi menerima masukan yang disebut argumen atau parameter.  Masukan / parameter diolah oleh fungsi dan menghasilkan sebuah nilai balik ( return value ).

6  Deklarasi fungsi dikenal dengan sebutan prototipe fungsi.  Prototipe ini berupa :  Nama fungsi  Tipe nilai balik fungsi  Jumlah dan tipe argumen  Dan diakhiri dengan tanda titik koma (;) sebagaimana pada pendeklarasian variabel.

7 long kuadrat(long l); int maksimal(int a, int b, int c); double terbesar(double x, double y); void garis();

8  Manfaat prototipe fungsi adalah untuk menjamin tipe argumen yang dilewatkan pada pemanggilan fungsi benar-benar sesuai.  Pada prototipe fungsi, nama argumen boleh ditiadakan. Misalnya :  Menjadi : long kuadrat (long l); long kuadrat (long);

9  Setiap fungsi yang dipanggil di dalam program harus didefinisikan.  Berikut merupakan contoh definisi fungsi kuadrat sesuai contoh prototipe sebelumnya. long kuadrat(long l) { long hasil; hasil = l * l; return(hasil); }

10  Apabila fungsi tidak memiliki nilai balik, maka tipe nilai baliknya adalah void.  Fungsi tanpa nilai balik tidak memerlukan pernyataan return pada definisinya.

11 #include int maks(int a, int b, int c); void main() { int a, b, c, minim; cout<<"Masukkan A : "; cin>>a; cout<<"Masukkan B : "; cin>>b; cout<<"Masukkan C : "; cin>>c; minim = maks(a, b, c); cout<<"Bilangan terkecil = "<

12 #include void maks(int a, int b, int c); void main() { int a, b, c, minim; cout<<"Masukkan A : "; cin>>a; cout<<"Masukkan B : "; cin>>b; cout<<"Masukkan C : "; cin>>c; maks(a, b, c); getch(); } void maks(int a, int b, int c) { int kecil; if (a

13  Berdasarkan penyimpanan terkait dengan ruang lingkup variabel, terdapat 3 jenis variabel yaitu :  Variabel otomatis  Variabel eksternal  Variabel statis

14  Variabel yang didefinisikan didalam suatu fungsi berlaku sebagai variabel lokal pada fungsi.  Artinya variabel tersebut hanya dikenal pada fungsi dimana variabel tersebut di definisikan.  Begitu juga variabel pada fungsi main()  Variabel ini disebut variabel otomatis.

15 #include void alpha(); void main() { int x = 10; int y = 20; cout<<"Fungsi main()"<

16  Variabel eksternal merupakan kebalikan variabel otomatis.  Variabel ini didefinisikan di luar fungsi manapun.  Variabel ini juga dikenal dengan variabel global.

17 #include int bilangan = 100; //variabel eksternal void tambah();//prototipe fungsi void main() { clrscr(); cout<

18  Guna memperjelas bahwa suatu variabel di dalam fungsi merupakan variabel eksternal, di dalam fungsi yang menggunakannya dapat dideklarasikan dengan menambahkan kata kunci extern. //definisi fungsi void tambah() { extern bilangan; bilangan++; }

19  Penggunaan extern biasa dipakai pada pemrograman multifile yaitu program yang ditulis pada beberapa file.

20  Baik variabel eksternal maupun otomatis dapat berkedudukan sebagai variabel statis.

21  Variabel tetap hanya dapat diakses pada fungsi yang mendefinisikannnya.  Variabel tidak hilang saat eksekusi fungsi berakhir. Nilainya akan tetap dipertahankan, sehingga akan dikenali pada pemanggilan fungsi untuk tahap berikutnya.  Inisialisasi oleh pemrogram akan dilakukan sekali saja selama program dijalankan. Jika tidak ada inisialisasi eksplisit, variabel diisi dengan nol.

22  Variabel ini dapat diakses oleh semua file yang didefinisikan pada file yang sama dengan variabel eksternal tersebut.  Hal ini bermanfaat pada pemrogram file berganda atau kode program ditaruh pada beberapa file.

23 #include #include void saya_ingat(); void main() { int tes = 50; int tes = 50; saya_ingat(); saya_ingat(); cout<<"main(), tes ya = "<


Download ppt "Abdul Haris, S.Kom.  Sebuah fungsi berisi sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama.  Selanjutnya nama ini dapat dipanggil beberapa kali di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google