Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Internet Basis Java Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum 24 September 2014 Mukhamad Masrur, S.Kom.,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Internet Basis Java Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum 24 September 2014 Mukhamad Masrur, S.Kom.,"— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Internet Basis Java Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum 24 September 2014 Mukhamad Masrur, S.Kom., M.Kom.

2 Penilaian Presensi : 20% Tugas individu : 15% UTS : 25% UAS : 40%

3 1. Apa yang dimaksud dengan Java Server Pages ? 2. Apa yang dimaksud dengan web server? 3. Apa yang dimaksud dengan web container? 4.Apa yang dimaksud dengan Java Virtual Machine ? 5.Apa yang dimaksud dengan Context ?

4 Dasar JSP (Java Server Pages) JSP adalah suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman Java dan berjalan di Platform Java Java Server Pages (JSP) adalah bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. JSP merupakan bagian dari J2EE dan khususnya merupakan komponen web dari aplikasi J2EE secara keseluruhan.

5 Contoh website e-commerce basis jsp

6

7 Kebutuhan Sistem untuk JSP HARDWARE –1 PC / Laptop SOFTWARE –Java Standard Development Kit –JVM ( Java Virtual Machine ) –Aplikasi server (tomcat & MySql) –Desain & Editor (notepad / dreamwever) –NetBeans 6.0 s/d 7.01 (support jsp) BRAIN WARE –Mahasiswa –Algoritma & Struktur Data –Dasar Pemrograman Java

8

9 Arsitektur JSP Sebagai gambaran bagaimana JSP melalui masa hidupnya bisa dilihat pada gambar berikut :

10

11 Web Container Menurut spesifikasi J2EE, dikenal EJB Container, Web Container dan Application Server. Web Container adalah services yang dijalankan oleh suatu Java Application Server khususnya untuk services yang compliance/kompatibel dengan Servlet dan JSP. Selain menjadi services oleh Java Application Server, Web Container dapat berdiri sendiri. Contoh Web Container adalah Tomcat, ServletExec, Resin, Jrun, Blazix. Web Container juga dapat bekerja sama dengan web server, misalnya Tomcat dengan Apache, Jrun dengan IIS.

12

13 Jakarta Tomcat Jakarta Tomcat adalah web application server, yang mempunyai kemampuan sebagai Servlet container dan JSP container di mana Anda bisa mendeploy Servlet dan JSP. Di atas Jakarta Tomcat, Servlet dan JSP akan bekerja melayani request dari client, yang lumrahnya adalah berupa browser.

14

15 Java Virtual Machine Sebelum menginstal Web Container sebagai prasyarat untuk menjalankan JSP, maka terlebih dulu harus menginstal Java Virtual Machine. Java Virtual Machine adalah software yang berfungsi untuk menerjemahkan program Java supaya dapat dimengerti oleh komputer. Mesin virtual yang diimplementasikan oleh software sehingga menyamai mesin yang sebenarnya. Menyediakan spesifikasi platform perangkat keras yang dapat meng-compile semua program Java

16

17 Context Sebuah Context adalah sebuah aplikasi Web yang terpisah, berdiri sendiri, independen. Sebuah Context mempunyai configuration masing-masing. Library dari sebuah Context juga tidak bisa dibaca oleh Context lain. Obyek di sebuah Context tidak bisa mengakses obyek di Context lain. Di atas sebuah web application server seperti Jakarta Tomcat bisa dideploy lebih dari satu Context. Anda bisa membuat sebuah Context dengan membentuk sebuah subdirectory di bawah TOMCAT_HOME/webapps/. Dalam folder webapps/ inilah file JSP ditaruh. Sebuah Context yang lengkap mempunyai subdirectory WEB- INF/ di mana terdapat web.xml yang merupakan configuration file dari Context ini.

18 Membuat context. Buatlah sebuah folder (misal dengan nama ‘teknik’) didalam TomcatHome/webapp/. Maka akan didapat hirarki sebagai berikut TomcatHome/webapp/teknik. Selanjutnya kopi folder WEB-INF dari TomcatHome/webapp/ROOT ke TomcatHome/webapp/teknik sehingga didapat hirarki Tomcat-Home/webapp/teknik/WEB-INF. Dengan demikian maka didapat contex baru yang bernama teknik. Dalam contex baru inilah file-file jsp ditaruh. Untuk mencoba web server yang dibuat jalan atau tidak maka taruhlah file dalam contex teknik yang baru dibuat misal file hello.jsp. Lihat pada contoh gambar

19

20 NetBeans IDE editor Java

21

22 Daftar Pustaka Abdul Kadir; Dasar Pemrograman WEB Dinamis dengan JSP, Andi Offset, Yogyakarta, Yuliana ; Diktat Kuliah JSP, ITS, Surabaya, 2009

23


Download ppt "Pemrograman Internet Basis Java Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum 24 September 2014 Mukhamad Masrur, S.Kom.,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google