Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBUAT PRESENTASI YANG EFEKTIF. YENI WIPARTINI SE.MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBUAT PRESENTASI YANG EFEKTIF. YENI WIPARTINI SE.MT."— Transcript presentasi:

1 MEMBUAT PRESENTASI YANG EFEKTIF

2 YENI WIPARTINI SE.MT

3 YOUR SPEAKER Youth Energyc Nasionalism Interesting

4 Session Focus EVALUASI DIRI KETERAMPILAN PRESENTASI APA ITU PRESENTASI PERSIAPAN PRESENTASI HARI H PRESENTASI

5 IMAGINE WHO ARE THE MOST INFLUENCING PEOPLE IN OUR LIFE Who open our hidden potential? Who seed our confidence? Who nurtured our growth

6 TERIMA KASIH GURUKU (Thank you teacher) ……………………………………… Selamat pagi semua Kunanti dirimu Di depan kelas Menantikan kami Guruku tersayang, guruku tercinta Tanpamu apa jadinya aku Tak bisa baca tulis Mengerti banyak hal Guruku terima kasih ……………………………………

7 OBJECTIVES TELL ME AND I FORGET SHOW ME AND I’LL REMEMBER INVOLVE ME AND I’LL UNDERSTAND

8 EVALUASI DIRI ANDA CEK KATEGORI YANG PALING BAIK MENDESKRIPSIKAN DIRI ANDA SEBAGAI SEORANG PEMBICARA

9 APA ITU PRESENTASI? CARA ANDA MEMBAWAKAN DIRI PADA SAAT MENYAJIKAN PRESENTASI MENGUNGKAPKAN BANYAK HAL TENTANG DIRI ANDA SENDIRI. DAN SIKAP ANDA TERHADAP PEKERJAAN, SEKALIGUS MENGUNGKAPKAN JUGA PENGUASAAN ANDA TERHADAP POKOK PERMASALAHAN YANG SEDANGA ANDA BAHAS. APAPUN BENTUKNYA, SETIAP BISNIS SANGAT TERGANTUNG PADA KEMAMPUAN ORANG-ORANGNYA DALAM BERKOMUNIKASI DAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI SECARA EFEKTIF BAGI PERUSAHAAN ITU SENDIRI (KE DALAM) MAUPUN BAGI PELANGGAN SERTA MITRA USAHANYA (KE LUAR). KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI SECARA EFEKTIF INI MERUPAKAN HAL YANG MUTLAK.

10 PRINSIP PRESENTASI MUDAH DIPAHAMI MUDAH DIMENGERTI, DAN MENYENANGKAN

11 MERENCANAKAN DAN MENGORGANISASIKAN PRESENTASI: MENGEMBANGKAN SASARAN; MENGANALISIS AUDIEN MELAKUKAN SUMBANG SARAN GAGASAN UTAMA; MELAKUKAN SUMBANG SARAN SUB GAGASAN; MERENCANAKAN SELEBARAN (HAND OUT); MERENCANAKAN ALAT BANTU VISUAL; MENYATAKAN KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN; MENGGABUNGKAN GAGASAN UTAMA; MENYUSUN PENDAHULUAN; MENGEMANGKAN KESIMPULAN YANG KUAT.

12 MEMBUAT PRESENTASI YANG EFEKTIF PERLU DIPERTIMBANGKAN: PENTINGNYA MENCIPTAKAN SUASANA YANG TEPAT DAN MEMBAWAKAN SIKAP YANG TEPAT PADA SAAT MENYAJIKAN PRESENTASI; PERHATIKAN KARAKTER DAN SIFAT AUDIEN ANDA, JUGA BERBAGAI CARA UNTUK SECARA TEPAT MENYESUAIKAN GAYA PRESENTASI ANDA; PERLUNYA MELAKUKAN PERSIAPAN SEBELUM MENYAJIKAN PRESENTASI; BERBAGAI TEKNIK UNTUK MENYUSUN PRESENTASI YANG EFEKTIF MELALUI PEMAHAMAN YANG TUNTAS MENGENAI BERBAGAI METODA PENYAMPAIAN, DATA STATISTIK DAN DIAGRAM SERTA ALAT-ALAT BANTU AUDIO VISUAL YANG PALING TEPAT UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI; SUATU PENDEKATAN YANG PROFESIONAL TERHADAP PENGGUNAAN ALAT-ALAT BANTU SELAM MENYAJIKAN PRESENTASI; PENTINGNYA MENGGUNAKAN BAHASA SERTA BERBAGAI TEKNIK PUBLIC SPEAKING (BERBICARA DI MUKA UMUM) SECARA TERKENDALI DAN TERENCANA, JUGA PENTINGNYA UNGKAPAN YANG JELAS DAN RINGKAS.

13 MEMPERSIAPKAN PRESENTASI PEMBAWAAN DIRI ANDA SAMA PENTINGNYA DENGAN PRESENTASI YANG ANDA SAJIKAN; SETIAP ANDA MENYAJIKAN PRESENTASI SEKALIPUN SIFATNYA INFORMAL TETAP HARUS MEMPERHITUNGKAN BAIK AUDIEN MAUPUN TUJUAN PRESENTASI; HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN AGAR PRESENTASI KITA EFEKTIF: MEMENTUKAN SASARAN YANG INGIN ANDA CAPAI MEMECAH KESELURUHAN SASARAN ANDA MENJADI SEBUAH SASARAN YANG DAPAT DICAPAI; MENGENAL JENIS AUDIEN YANG AKAN MELIHAT DAN MENDENGARKAN PRESENTASI ANDA SAMPAI SELESAI; MENENTUKAN PENDEKATAN YANG AKAN ANDA AMBIL AGAR SASARAN SASARAN DITERIMA OLEH AUDIEN.

14 SASARAN PRESENTASI PERTAMA-TAMA ANDA HARUS MENENTUKAN SASARAN SECARA KESELURUHAN. HASIL APAKAH YANG ANDA HARAPKAN DALAM PRESENTASI ANDA? AJUKAN PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI KEPADA DIRI ANDA SENDIRI: MENGAPA SAYA MEMBERIKAN PRESENTASI INI? MENGAPA MEREKA MEMINTA SAYA? APA YANG INGIN SAYA CAPAI? BAGAIMANA SAYA DAPAT MEMBUAT PRESENTASI SAYA MENARIK? SEBERAPA BANYAK YANG SUDAH DIKETAHUI AUDIEN TENTANG POKOK PERMASALAHAN? APAKAH MEREKA MEMILIKI LATAR BELAKANG PENGETAHUAN YANG DIPERLUKAN?

15 KERANGKA PRESENTASI KUNCI MENUJU STRUKTUR YANG BAIK DAN BERMANFAAT DALAM SEGALA KOMUNIKASI TERTULIS ADALAH MEMILAH- MILAH BERBAGAI IDE DAN INFORMASI-INFORMASI YANG RELEVAN SEBELUM ANDA MULAI MENULIS. HAL TERPENTING YANG HARUS DIPAHAMI ADALAH BAHWA PRESENTASI MESKIPUN INFORMAL SEKALIPUN, HARUS MEMILIKI STRUKTUR YANG TELAH DITENTUKAN, YAITU: RENCANA DAN STRUKTUR POKOK PEMBAHASAN; RENCANA DAN STRUKTUR POKOK PEMBAHASAN; RENCANA DAN STRUKTUR BAGAIMANA ANDA AKAN RENCANA DAN STRUKTUR BAGAIMANA ANDA AKAN MEMPRESENTASIKANYA MEMPRESENTASIKANYA

16 STRUKTUR POKOK PEMBAHASAN SEBUAH TEMA TUNGGAL YANG KONSISTEN; SASARAN-SASARAN YANG JELAS BAGIAN-BAGIAN YANG DAPAT DIDEFINISIKAN DAN DAPAT DIPAHAMI OLEH AUDIEN SECARA UMUM, PEMBICARAAN ANDA AKAN LEBIH EFEKTIF BILA MEMILIKI

17 POLA OTAK (BRAIN PATTERN) GARIS BESAR (OUTLINNING) STRUKTUR POKOK PEMBAHASAN MULAILAH DENGAN MEMUSATKAN SELURUH PEMIKIRAN ANDA TENTANG POKOK PEMBICARAAN ANDA. ADA 2 TEKNIK YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMBERI STRUKTUR PADA BERAGAM INFORMASI, YAITU:

18 POLA OTAK MERUPAKAN SUATU CARA YANG TIDAK BERATURAN, NAMUN LOGIS UNTUK MENGORGANISASIKAN PIKIRAN-PIKIRAN ANDA. TEKNIK POLA OTAK INI AKAN MEMBATU KITA BILA MEMILIKI SEJUMLAH GAGASAN YANG BELUM BERATURAN (ACAK) SERTA SEJUMLAH INFORMASI YANG DISUSUN DAN TIDAK PERLU MEMBATASI PEMIKIRAN KITA. TEKNIK INI PERTAMA KALI DITEMUKAN OLEH TONNY BUZAN DALAN USE YOUR HEAD. POLA OTAK (BRAIN PATTERN)

19 TULISKAN POKOK PERMASALAHAN YANG AKAN ANDA PRESENTASIKAN DALAM SEBUAH KOTAK DI BAGIAN TENGAH SELEMBAR KERTAS KOSONG; TARIKLAH CABANG-CABANG YANG BERASAL DARI KOTAK TERSEBUT; TULISLAH POKOK-POKOK UTAMA YANG INGIN ANDA CAKUPKAN PADA CABANG-CABANG INI; KEMBANGKAN MASING-MASING BAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN SUB-SUB CABANG- CABANG TERSEBUT.

20

21 CONTOH BRAIN PATTERN

22

23 POLA GARIS BESAR (OUTLINNING) POLA INI MENDORONG KITA TERLEBIH DAHULU MENYUSUN STRUKTURNYA, BARU KEMUDIAN MENGISIKAN SEMUA DETAIL DI BAWAH SETIAP JUDUL. PERTAMA-TAMA TENTUKAN BAGIAN UTAMA DARI PKOK PERMASALAHAN, LALU PECAHKAN LAGI SETIAP BAGIAN UTAMA MENJADI SUB BAGIAN YANG LEBIH KECIL, KEMUDIAN TULISLAH MASING-MASING BAGIAN SECARA TERPISAH DENGAN BAGIAN YANG LAIN.

24 UBAH SIKAP ANDA PERBAIKI CITRA DIRI ANDA TERUS BEKERJA DAN BERKARYA PELIHARALAH KESEHATAN FISIK ANDA TINGKATKAN DAYA PIKIRAN ANDA KEMBANGKAN KEHIDUPAN SPIRITUAL ANDA LAKUKAKAN SAJA SEKARANG TETAPLAH BELAJAR KEMBANGKAN JARINGAN ANDA MEMBANGUN DAN MEMELIHARA HUBUNGAN MEMBANGUN SESAMA MEMBANGUN KELOMPOK TUMBUH BERSAMA CONTOH OUTLINING SELF MANAGEMENT 12 LANGKAH MANAGEMENT DIRI

25 1.KONSEP/DEFINISI; 2.KARAKTERISTIK SUPPLY CHAIN 3.PERBEDAAN UTAMA SUPPLY CHAIN DAN LOGISTIK 4.KERANGKA CHAIN TOPIK SUPPLY CHAIN

26 STRUKTUR PRESENTASI INTRODUKSI (AWAL); ANDA MELAKUKAN KONTAK DENGAN AUDIEN ANDA, MENGINTRODUKSIKAN POKOK PEMBICARAAN ANDA, DAN MENYATAKAN TEMA UTAMANYA PENGEMBANGAN (TENGAH); ANDA MENJELASKAN TEMA UTAMA TADI SECARA LEBIH MENDETAIL, MENGEMBANGKAN TEMA UTAMA SERTA ARGUMEN- ARGUMEN BAGI TEMA UTAMA TERSEBUT; PENGEMBANGAN (TENGAH); ANDA MENJELASKAN TEMA UTAMA TADI SECARA LEBIH MENDETAIL, MENGEMBANGKAN TEMA UTAMA SERTA ARGUMEN- ARGUMEN BAGI TEMA UTAMA TERSEBUT; KESIMPULAN (AKHIR); ANDA MERANGKUMKAN TEMA UTAMA, MEMBERIKAN REKOMENDASI (BILA DIPERLUKAN) SETELAH MEMILIKI SEKUMPULAN IDE-IDE DALAM BENTUK YANG RINGKAS DAN MENCAKUP BERAGAM HAL SEBAGAI BAHAN PRESENTASI. SELANJUTNYA ADALAH MEMPERSIAPKAN KERANGAK BAGI PRESENTASI TERDIRI DARI:

27 MEDIA VISUAL PAPAN TULIS FLIP CHART SLIDE PROJECTOR FILM DIAGRAM DAN MODEL OBJEK NYATA WHITE BOARD OVER HEAD PROJECTOR TAPE RECORDER VIDEO KASET SELEBARAN TERTULIS

28 ADDITIONAL TOOLS 1.STANDARD TOOL BOX (BALLOON GLUE, SCISSOR, MARKER PENS, TAPES, DOUBLE TAPES, ROPE, STAPPLER, DLL; 2.TRANSPARANCE + SIGN PEN; 3.COLORFULL PAPERS, CARD (15 X 20 CM); 4.STOP WATCH; 5.REWARD STARS, SMALL GIFTS, CHOCOLATE/CANDIES, BOOKS; 6.MUSIC: 1.PLAYED DURING EXERCISE, BREAK 2.RELATED TO CONCEPT.

29 GUNAKAN ALAT BANTU VISUAL KETIKA ANDA PERLU: MEMFOKUSKAN PERHATIAN AUDIEN MENGUKUHKAN PESAN VERBAL (TAPI TIDAK MENGULANGINYA KATA-DEMI KATA; MERENGSANG MINAT; MENGILUSTRASIKAN FAKTOR- FAKTOR YANG SULIT DIILUSTRASIKAN

30 JANGAN GUNAKAN ALAT BANTU VISUAL UNTUK: MENGESANKAN AUDIEN ANDA DENGAN TABEL ATAU GRAFIK YANG DIRINCI SECARA BERLEBIH LEBIHAN; MENGHNDARI INTERAKSI DENGAN AUDIEN; MEMBUAT LEBIH DARI SATU PERMASALAHAN UTAMA; MENYAJIKAN GAGASAN SEDERHANA YANG MUDAH DINYATAKAN SECARA VERBAL.

31 HARI - H PRESENTASI ALAMAT TEMPAT DISELENGGARAKANNYA PRESENTASI BESERTA PETA JALANNYA NASKAH UTUH PRESENTASI ANDA, KARTU-KARTU CATATAN DAN CADANGAN LAINNYA; PERLENGKAPAN AUDIO VISUAL TERMASUK LAMPU CADANGAN, OBENG, ISOLASI DAN PENA SEBELUM ANDA BERANGKAT

32 HARI - H PRESENTASI MENGENAKAN PAKAIAN YANG NYAMAN BAGI ANDA TETAPI SESUAI DENGAN KESEMPATANNYA, JANGAN KENAKAN PAKAIAN YANG BARU YANG KHUSUS ANDA BELI UNTUK KESEMPATAN ITU, KERAH YANG SANGAT KAKU, SEPATU YANG MENGELUARKAN SUARA BERDENYIT, JAKET TEBAL YANG MENIMBULKAN KESAN GERAH. PASTIKAN BAHWA SEGALA SESUATU YANG ANDA KENAKAN BERSIH RAPI DAN PADA TEMPATNYA; TIDAK MENGENAKAN SEGALA SESUATU YANG KEMUNGKINAN JUSTRU AKAN MEMBUYARKAN PERHATIAN AUDIENS, SEPERTI PAKAIAN DENGAN WARNA MERIAH DAN MENCOLOK, DAN PARFUM YANG TAJAM; TIDAK MENAMPILKAN SESUATU YANG BISA MENIMBULKAN KESAN BAHWA ANDA MEMPUNYAI KEBIASAAN BURUK DALAM SUATU HAL. PENAMPILAN ANDA:

33 HARI - H PRESENTASI PERIKSALAH SUHU DAN SIRKULASI UDARA RUANGAN; PENGATURAN TEMPAT DUDUK; PENCAHAYAAN; GANGGUAN SUARA LAIN. SETELAH SAMPAI:

34 HARI - H PRESENTASI COBALAH LEBIH DAHULU MONITOR, LCD; BERSIHKAN PAPAN TULIS/WHITE BOARD; APAKAH SETIAP ORANG DAPAT MELIHAT FLIP CHART YANG ANDA PASANG; TEMPATKAN LAYAR LCD PADA POSISI YANG TEPAT BAIK BAGI ANDA SENDIRI MAUPUN BAGI AUDIENS. MEMPERSIAPKAN PERLENGKAPAN:

35 HARI - H PRESENTASI SEBELUM BERDIRI UNTUK MEMULAI PRESENTASI, COBALAH MENGATAKAN SESUATU YANG SAMA SEKALI TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN PRESENTASI ANDA, SEHINGGA ANDA DAPAT MENILAI SENDIRI SUARA ANDA DAN KETEGANGAN WALAUPUN TERLALUI; ATURLAH PERNAFASAN ANDA, TARIK DALAM-DALAM, LEPASKAN PERLAHAN-LAHAN; HILANGKAN RASA TEGANG PADA LEHER DAN WAJAH ANDA; PANDANGAH SEKELILING ANDA PADA WAJAH SEMUA AUDIEN ANDA BUKAN HANYA PADA MEREKA YANG MENATAP ANDA SESAAT SEBELUM SERTA BEGITU ANDA MEMULAI PRESENTASI. COBALAH MEMBANGUN KONTAK MATA YANG MENYENANGKAN. TERSENYUMLAH! PERSIAPKAN, PRAKTEKAN, DAN BERLATIHLAH PADA SAAT YANG TEPAT. MENGENDALIKAN KEGELISAHAN:

36 HARI - H PRESENTASI BERNAFAS DALAM-DALAM; BERFOKUS PADA RELAKSASI; MELEPASKAN KETEGANGAN DENGAN ISOMETRIK YANG TIDAK KENTARA; BERPINDAH TEMPAT SELAMA PRESENTASI; MEMPERTAHANKAN KONTAK MATA YANG BAIK DENGAN AUDIEN MENGENDALIKAN KEGELISAHAN:

37 HARI - H PRESENTASI BERDIRI DAN TATAPLAH AUDIEN ANDA, BERDIRI TEGAK TAPI JANGAN KAKU, JANGAN MELAKUKAN SESUATU DAN BERBICARA PADA SAAT YANG BERSAMAAN; JANGAN BUYARKAN PERHATIAN AUDIEN; PERHATIKAN BAHASA TUBUH; PERHATIKAN INTONASI SUARA ANDA, ARTIKULASI, LAFAL UCAPAN, KECEPATAN DAN PENGULANGAN KATA. SAAT MENYAJIKAN PRESENTASI:

38 HARI - H PRESENTASI TETAP SADAR APA YANG AKAN DIKATAKAN DAN BAGAIMANA KITA MENGATAKANNYA; BERGAIRAH ANTUSIAS DAN LANGSUNG KEPADA POKOK PERMASALAHAN; MENGGUNAKAN SUARA YANG JELAS DAN KERAS. SAAT MENYAJIKAN PRESENTASI:

39 HARI - H PRESENTASI JANGAN MEMBELAKANGI AUDIEN; JANGAN BERBICARA KEPADA PAPAN SAAT ANDA MENULIS; JANGAN MENEKAN KAPUR TERLALU KERAS; JANGAN LUPA MENUTUP KEMBALI SPIDOL; JANGAN LUPA DIMANA ANDA TERAKHIR KALI MELETAKAN SPIDOL. MENGGUNAKAN BERBAGAI ALAT BANTU AUDIO VISUAL:

40 HARI - H PRESENTASI MENGGUNAKAN PRINSIP KISS; MEMILIH JENIS BAGAN YANG TEPAT; MENGGUNAKAN JUDUL YANG TEPAT; MENAHAN DIRI UNTUK TIDAK BERBICARA KEPADA ALAT BANTU VISUAL; MENEMPATKAN DIRI DI PENTAS PUSAT; MENGGUNAKAN ALAT MENUNJUK TIDAK BERLEBIHAN. MENGGUNAKAN BERBAGAI ALAT BANTU AUDIO VISUAL:

41 HARI - H PRESENTASI MENGANGKAT TANGAN DAN MELANGKAH MENGHAMPIRI AUDIEN; MEMPERHATIKAN DAN MENDENGARKAN ORANG YANG MENGAJUKAN PERTANYAAN; MENGULANG PERTANYAAN BILA PERLU; MEMPERTAHANKAN GAYA DAN SIKAP; MENJAWAB KEPADA SEMUA AUDIEN DENGAN KONTAK MATA YANG BERSAHABAT. PERSIAPAN SESI TANYA JAWAB:

42 HARI - H PRESENTASI RANGKUM SEMUA POIN MENGENAI PRESENTASI ANDA; SIAPKAN WAKTU UNTUK BERTANYA; UCAPKAN SALAM YANG TERAKHIR MENUTUP PRESENTASI:

43 EVALUASI DIRI KETERAMPILAN PRESENTASI SEKARANG INI NOPERNYATAAN SELALU TIDAK SELALU 1 SAYA MEMERLUKAN BEBERAPA SASARAN DASAR SEBELUM MERENCANAKAN SUATU PRESENTASI SAYA MENGANALISIS NILAI, KEBUTUHAN DAN KENDALA DARI KHALAYAK SAYA SAYA MENULISKAN BEBERAPA GAGASAN UTAMA LEBIH DULU UNTUK MENGEMBANGKAN SUATU PRESENTASI DI SEKITAR GAGASAN UTAMA TERSEBUT SAYA MENGGABUNGKAN PANDANGAN DAN PENINJAUAN TERHADAP GAGASAN UTAMA SEMENTARA PRESENTASI SAYA DIORGANISASIKAN SAYA MENGEMBANGKAN SUATU PENDAHULUAN YANG AKAN MEMIKAT PERHATIAN KHALAYAK SAYA DAN TETAP MEMBERIKAN INFORMASI LATAR BELAKANG YANG DIPERLUKAN KESIMPULAN SAYA MENGACU KEMBALI KE PENDAHULUAN DAN BILA PERLU, MENGANDUNG PERTANYAAN YANG MEMINTA TINDAKAN ALAT BATU VISUAL YANG SAYA GUNAKAN DISIAPKAN SECARA CERMAT, SEDERHANA, MUDAH DIBACA DAN MEMILIKI DAMPAK Bila s

44 EVALUASI DIRI KETERAMPILAN PRESENTASI SEKARANG INI 8 ALAT BANTU VISUAL AKAN MENINGKATKAN, BUKAN MENGURANGI PRESENTASI SAYA BILA PRESENTASI SAYA BERSIFAT PERSUASIF, ARGUMEN YANG LOGIS DAN MENYOKONG PERNYATAAN SAYA PUN DIGUNAKAN SAYA MENGGUNAKAN KECEMASAN UNTUK MEMBERI BAHAN BAKAR BAGI ANTUSIASME PRESENTASI SAYA, BUKAN UNTUK MENAHAN DIRI SAYA SAYA MEMASTIKAN KEUNTUNGAN YANG DIUSULKAN KEPADA KHALAYAK SAYA JELAS DAN MEMAKSA SAYA MENGKOMUNIKASIKAN GAGASAN DENGAN ANTUSIASME SAYA BERLATIH SEHINGGA MEMFOKUSKAN DIRI SEMINIMUM MUNGKIN KEPADA CATATAN DAN MEMBERIKAN PERHATIAN MAKSIMUM KEPADA KHALAYAK SAYA CATATAN SAYA HANYA MENGANDUNG “KATA-KATA KUNCI” SEHINGGA SAYA MENGHINDARI MEMBACA DARI NASKAH PRESENTASI SAYA DILATIH SAMBIL BERDIRI DAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU VISUAL SAYA MENYIAPKAN JAWABAN UNTUK PERTANYAAN YANG SUDAH DIANTISIPASI, DAN BERLATIH MEMBERIKAN RESPONS TERHADAP PERTANYAAN TERSEBUT

45 EVALUASI DIRI KETERAMPILAN PRESENTASI SEKARANG INI 17 SAYA MENGATUR TEMPAT DUDUK (BILA MUNGKIN) DAN MENGECEK PERALATAN AUDIO-VISUAL SEBELUM PRESENTASI SAYA SELALU MEMPERTAHANKAN KONTAK MATA YANG BAIK DENGAN KHALAYAK GERAK ISYARAT SAYA WAJAR DAN TIDAK DIPAKSA OLEH KONSUMEN SUARA SAYA KERAS DAN JELAS SERTA TIDAK MONOTON SKOR TOTAL_____________________

46 SKOR < ANDA ADALAH SEORANG PEMBICARA ULUNG YANG HANYA PERLU MEMPERTAHANKAN KETERAMPILAN DASAR MELALUI LATIHAN. ANDA MEMPUNYAI POTENSI UNTUK MENJADI AHLI PRESENTASI YANG SANGAT EFEKTIF. LATIHAN DAPAT MEMBANTU ANDA SECARA BERMAKNA ANDA HARUS MEMPERLIHATKAN PERBAIKAN DRAMATIS DENGAN LATIHAN. GULUNGLAH LENGAN BAJU ANDA DAN MULAI BEKERJA, MUNGKIN MEMANG TIDAK MUDAH, TETAPI ANDA TIDAK DAPAT MEMBUAT KEMAJUAN YANG HEBAT BILA ANDA TIDAK BERUSAHA.

47 Terima Kasih


Download ppt "MEMBUAT PRESENTASI YANG EFEKTIF. YENI WIPARTINI SE.MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google