Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama matakuliah : KU-1072 Pengantar Teknologi Informasi B S K S : 2 Sifat Kuliah : Kuliah + praktikum Tujuan : Pada kuliah ini akan diberikan overview.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama matakuliah : KU-1072 Pengantar Teknologi Informasi B S K S : 2 Sifat Kuliah : Kuliah + praktikum Tujuan : Pada kuliah ini akan diberikan overview."— Transcript presentasi:

1 Nama matakuliah : KU-1072 Pengantar Teknologi Informasi B S K S : 2 Sifat Kuliah : Kuliah + praktikum Tujuan : Pada kuliah ini akan diberikan overview mengenai konsep-konsep umum dalam Teknologi Informasi dan pengenalan paradigma pemrograman prosedural. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu menjadi pengguna teknologi informasi yang baik serta mampu membuat program sederhana dengan mengaplikasikan konsep dalam bahasa pemrograman yang dipilih.

2 Silabus : Konsep dasar teknologi informasi  pemahaman umum, sistem dan sub-sistem komputer, sistem operasi dan program aplikasi, komputasi dan sistem informasi, struktur data dan pemrograman, jaringan dan internet, dan multimedia; Aplikasi dan penggunaan komputer di lingkungan pribadi, perkantoran, industri, rekayasa, edukasi, dan komersial; Konsep-konsep dalam paradigma pemrograman prosedural : tipe, sekuens, analisis kasus, looping, subprogram, array, external file, dan unit dalam suatu bahasa pemrograman yang dipilih; Aplikasi dalam suatu bahasa pemrograman untuk kasus-kasus sederhana yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap Fakultas/Prodi peserta.

3 Penilaian kelulusan : - UTS : 30 % - UAS : 35 % - Tugas/PR/kuis : 10 % - Praktikum : 25 % Buku referensi : - Beekman, “ Tomorrow ’ s Technology and You ”, Pearson, Buku mengenai bahasa pemrograman C/C++

4 Sejarah tentang Ilmu Komputasi Komputer: dari Masa lalu hingga Masa kini

5 Tradisi Perdukunan Alat hitung yang paling primitif: goresan pada tongkat atau dinding Manusia pada jaman kuno berusaha untuk dapat menentukan bulan/musim untuk mengadakan upacara keagamaan

6 Kalender Primitif Diyakini sebagai satu usaha manusia untuk dapat menghitung dan menjejaki kejadian-kejadian fisik bumi disekitarnya

7 Kalkulator Primitif Abakus adalah alat bantu pengingat bagi penggunanya untuk membentuk mental-kalkulasi

8 Nenek Moyang Komputasi Matematikawan Yunani kuno membuktikan terorema dengan hitungan menggunakan alat bantu tangan

9 Kalkulator Mekanis Pertama Blaise Pascal Blaise Pascal ( , pertama kali membuat mesin penjumlah pada th 1642 untuk mengukur jarak tempuh kereta.

10 Difference Engine Charles BabbageCharles Babbage pada th 1812 mengetahui bahwa banyak hitungan-hitungan yang panjang terdiri dari operasi-operasi yang berulang. Pada th 1823 dengan bantuan Pemerintah Inggris dapat diwujudkan mesin penghitung yang dapat diperintah dengan menggunakan bahasa pemrograman.

11 Kondisional Pada th 1833, Babbage berkeinginan untuk membuat mesin analitik yang dapat menyimpan 1000 angka. Mesin terdiri dari sejumlah build-in operasi seperti kontrol kondisional, dimana mesin dapat diperintah dengan mengunakan baris-baris perintah. Baris-baris instruksi disimpan pada kartu punched.

12 Herman Hollerith Herman Hollerith (1890) berhasil membuat mesin pembaca otomatis data-data sensus yang disimpan dalam kartu punched. Idenya diilhami dari mesin pelubang tiket kereta api, jadi bukan diperoleh dari hasil penemuan Babbage. Alhasil, kesalahan akibat pembacaan dapat dikurangi dan kartu punched dapat digunakan sebagai media memori penyimpan yang tak terbatas. Tabulator Hollerith menjadi sangat terkenal dan membuat pabrik pembuat mesin untuk dipasarkan; Perusahaan ini sekarang bernama International Business Machines (IBM)

13 Representasi Binari Pada th 1941, Konrad Zuse, berhasil membuat mesin penghitung angka, merupakan komputer yang dapat diprogram pertama, yang dpt digunakan utk menyelesaikan persamaan2 kompleks; Mesin tersebut bernama Z3, instruksi program disimpan pd media roll film. Mesin ini bekerja dalam sistem binari (sbg lawan dari sistem desimal). Representasi binari terbukti menjadi hal yg sangat penting dalam perkembangan komputer di masa mendatang dengan memanfaatkan alat dg two-state (dua kondisi) seperti punched card dan sirkuit elektrik.

14 Harvard Mark-I Pada akhir 1930-an, Howard Aiken dan insinyur IBM, membuat komputer digital besar. Mesin tersebut dinamakan Harvard Mark I., menggunakan 23 angka desimal dan dapat melakukan 4 operasi aritmatika, dan dilengkapi dengan sub-rutin untuk menghitung logaritma dan fungsi-fungsi trigonometrik. Output berupa punch card atau mesin ketik elektrik. Komputer dengan kecepatan hitung 3 s/d 5 detik untuk melakukan perkalian, dan dpt melakukan perhitungan yang panjang tanpa intervensi manusia.

15 Alan Turing Th 1936, matematikawan Inggris, Alan Turing menulis jurnal berjudul On Computable Numbers, yang membahas tentang komputer yang dapat diprogram. Mesin Turing ini didesain utk melakukan operasi logik dan dpt membaca, menulis atau menghapus simbol2 pd kertas tape.

16 Mesin Turing Tujuan dari mesin ini bukan utk membuat sebuah komputer, tetapi utk memberikan gambaran masalah2 yg dpt dipecahkan secara logik. Mesin hipotesis ini memberikan gambaran tentang karakteristik komputer modern di masa mendatang. Sebagai contoh: media tape dpt digunakan sbg media penyimpan internal yg dpt dibaca, ditulis, dan dihapus seperti RAM modern.

17 ENIAC John W. Mauchy and J. Presper Eckert di University of Pennsylvania membangun mesin raksasa bernama ENIAC (Electrical Numerical Integrator and Computer). Mesin ini menggunakan lebih dari tabung vakum. Untuk menyimpan mesin ini dibutuhkan ruangan seluas 167 m persegi. Program instruksi diletakkan pd unit terpisah yg kemudian ditempelkan (plug-in) pada mesin utama. Setiap akan melakukan perhitungan yg berbeda maka diperlukan unit program intruksi yg berbeda. ENIAC digunakan dari th 1946 s/d 1971 dan merupakan komputer tercepat pertama di dunia.

18 John von Neumann Th 1945, Von Neumann menemukan suatu teknik dimana data dan instruksi dapat disimpan dalam satu tempat, dan mesin dpt membedakan mana data dan mana program (stored- program technique). Juga Neumann menemukan teknik instruksi baru yaitu conditional control transfer. Sub-rutin program dpt disimpan dalam library dan dibaca dlm memori jika diperlukan. Memori komputer merupakan tempat penggabungan dr potongan-potongan program yang panjang.

19 EDVAC EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) merupakan mesin hasil perbaikan dari ENIAC oleh Mauchly and Eckert. EDVAC mempunyai internal memori yang banyak dan dpt menyimpan data & program dalam mesin. Menggunakan tabung merkuri yang dapat memantulkan pulsa binari yang berfungsi sebagai memori.

20 ALTAIR Pd th 1971, Intel mengeluarkan produk mikro-prosesor pertama. Prosesor ini adalah integrated circuit yg dpt memroses data 4 bit sekaligus. Chip dilengkapi unit logik aritmatik, tapi sebagian besar ruang digunakan oleh sirkuit kontrol untuk organisasi kerja dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk sirkuit penanganan data. Pd th 1975, komputer Altair 8800 merupakan komputer mini pertama dunia terpopuler bermemori 256 byte. Altair diproduksi oleh MITS (Micro Instrumentation and Telementry Systems) dg harga $397.

21 Microsoft Kreasi BASIC (Beginners All- purpose Symbolic Instruction Code) dibangun oleh Thomaz Kurtz dan John Kemeny, anggota Dept. Matematika Darthmouth. BASIC dirancang agar para ilmuwan komputer dapat membuat program secara interaktif dan lebih nyata dibandingkan dengan kode mesin atau assembler.

22 BASIC dan Bahasa Pemrograman Lainnya

23 Th 1950 an, FORTRAN (FORmula TRANslator) didesain untuk melakukan hitungan formula-formula matematika. Th 1958, sekelompok ilmuwan komputer mengadakan pertemuan di Zurich dan dr pertemuan ini dihasilkan bhs ALGOL ( ALGOrithmic Language). tapi tidak sessukses FORTRAN. Turunan ALGOL 60, dikenal dengan nama bhs C, didesain untuk programming control perangkat keras. Th 1960, dibuat bhs COBOL (COmmon Business Oriented Language) didesain untuk aplikasi bisnis. Pd th 1960, seorang ilmuwan Swiss, Niklaus Wirth, membuat bhs PASCAL, yg memaksa programer untuk memrogram dalam cara terstruktur dan logik, serta penggunaan tipe-tipe data yang berbeda. Setelah bhs PASCAL, dibuat juga bhs pemrograman Modula-II dan III yang mempunyai struktur bhs yang mirip dengan PASCAL.

24 BOOMing PC Steve Jobs dan Steve Wozniak mengadakan pameran komputer pertama Apple II di San Francisco (1977). Apple II menggunakan bhs BASIC, grafik warna, dan 4100 karakter memori. Program data dpt disimpan pada kaset tape suara seharga $1298. Th 1977 diperkenalkan komputer TRS-80 oleh perusahaan Tandy Radio Shack. Pada generasi kedua (TRS-80 Model II) memiliki memori karakter dan disk drive. Pada saat itu hanya Apple dan TRS yang mempunyai disk drive. Dengan adanya disk drive, merupakan media yang cocok untuk distribusi data dan perangkat lunak. 1

25 BOOMing PC 2 Pd saat itu, IBM hanya memproduksi komputer jenis mainframe dan mini-komputer, memutuskan utk memproduksi home-coomputer yaitu Acorn, yg kemudian dikenal dengan IBM PC. IBM PC dilengkapi dg 16,000 karakter memori, keyboard elektrik, dan koneksi utk kaset tape seharga $1265.

26 Th 1984, Apple dan IBM memproduksi model baru. Apple memperkenalkan Macintosh, komputer pertama dilengkapi dg GUI (graphical user interface) dan mouse. Macintos dg GUI menjadikannya sbg komputer rumah yang sangat atraktif krn sangat mudah dipakai. IBM memproduksi PC 286-AT, dimana dapat menjalankan spreadsheet aplikasi Lotus dan Word processor. BOOMing PC 3

27 PCs Today Bahan presentasi ini dibuat menggunakan beberapa jenis komputer dan program aplikasi. Program aplikasi adalah suatu program yang dijalankan komputer sehingga pemakai dapat menghasilkan produk atau menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Seperti aplikasi word processor, paket grafik utk menggambar, dan paket komunikasi untuk mengirim data. Komputer yg digunakan adalah PC celeron 2GB, memori RAM 512MB dg sistem operasi Windows Sistem operasi adalah program interface (antar muka) dimana pemakai dpt dg mudah melakukan perintah ke komputer utk melakukan suatu pekerjaan. Sistem operasi dilengkapi dengan GUI, memungkinkan pengguna melakukan perintah dengan mouse dan icon.

28 The Web Web (atau nama lengkapnya: World Wide Web) dibangun pada CERN di Switzerland sbg bentuk baru komunikasi teks dan grafik melalui internet menggunakan hypertext markup language (HTML) sbg suatu cara pemberian atribut teks dan penempatan grafik, suara, atau film.

29 Server Untuk dapat menggunakan Web diperlukan: 1. Komputer Server dg Web Server program Contoh: Apache (UNIX), Microsoft Information Interchange Server (IIS) utk Windows/NT, dan WebStar utk Macintosh. 2. Komputer pengguna dg Client server program Contoh: Netscape, Opera, dan Microsoft Internet Explorer ( Windows/Macintosh komputer). Lynx utk sistem UNIX.


Download ppt "Nama matakuliah : KU-1072 Pengantar Teknologi Informasi B S K S : 2 Sifat Kuliah : Kuliah + praktikum Tujuan : Pada kuliah ini akan diberikan overview."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google