Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ahmat Adil.  Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ahmat Adil.  Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara."— Transcript presentasi:

1 Ahmat Adil

2  Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara keseluruhan atau memperbaiki perangkat lunak yang telah ada  Metodologi pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses pengorganisasian kumpulan metode dan konvensi notasi yang telah didefinisikan untuk mengembangkan perangkat lunak. Secara prinsip bertujuan untuk membantu menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas.

3  Problem-solving: PL lama tidak berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu analisis diperlukan untuk memperbaiki PL sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.  Kebutuhan baru: adanya kebutuhan baru dalam organisasi atau lingkungan sehingga diperlukan adanya modifikasi atau tambahan sistem informasi untuk mendukung organisasi.  Mengimplementasikan ide atau teknologi baru.

4 Menurut Pressman (1997) Komponen metodologi pengembangan perangkat lunak dapat dibagi dalam tiga unit, yaitu : 1. Metode, yaitu suatu cara atau teknik pendekatan yang sistematik yang dipergunakan untuk mengembangkan perangkat lunak. Metode ini mencakup : Perencanaan proyek dan perkiraan, analisis keperluan sistem dan perangkat lunak, perancangan struktur data, arsitektur program, prosedur algoritma, Coding, uji coba dan pemeliharaan. 2. Alat bantu (Tools), yaitu alat-alat yang mendukung pengembangan perangkat lunak. 3. Prosedur, yang dipergunakan untuk mendefinisikan urut-urutan pekerjaan (daur) dari metode dan alat bantu tersebut.

5 Secara umum daur hidup pengembangan perangkat lunak meliputi tahapan-tahapan atau aktivitas pengembangan yang terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi serta tahap pengujian dan perawatan perangkat lunak

6  Rekayasa perangkat lunak ditujukan untuk peningkatan kualitas produk, fokus pada kualitas.  Proses adalah Pondasi rekayasa perangkat lunak

7 Perangkat lunak dapat dikatakan sebagai perangkat lunak yang berkualitas apabila :  Perangkat lunak tersebut memenuhi keinginan pemesan atau pihak yang menggunakannya (user).  Keinginan user tersebut meliputi beberapa aspek, antara lain fitur dan antarmuka.  Perangkat lunak tersebut berfungsi dan dapat diimplementasikan dalam jangka waktu yang relatif lama.  Mudah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang.  Mudah digunakan.  Dapat mengubah atau membangun sesuatu dengan lebih baik.

8  User tidak puas terhadap performansi perangkat lunak.  Memiliki banyak kesalahan.  Bila perangkat lunak tersebut sulit untuk dimodifikasi untuk kebutuhan yang berkembang.  Bila perangkat lunak tersebut sulit untuk dioperasikan.  Menghasilkan sesuatu yang tidak dikehendaki.

9 TAHAPTUJUANKEGIATAN AnalisisMenyususn spesifkasi untuk sistem baru - Mempelajari Masalah - Mengajukan alternatif solusi PerancanganMenyusun diskripsi dengan benar dan jelas Mengkonversi sistem penyelesaian logis ke desain fisik Menulis spesifikasi desain yang detail Menyusun rencana implementasi, testing dan training ImplementasiMemulai menggunakan sistem baru Menulis, menguji, mendebug program komputer Mengkonversi sistem lama ke sistem baru Pengujian dan perawatan Menggunakan sistem baru Melakukan pengujian setelah implementasi Melakukan pemeliharaan sistem

10 Proses pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses dimana kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak. Proses ini mencakup aktivitas penerjemahan kebutuhan pemakai menjadi kebutuhan perangkat lunak, transformasi kebutuhan perangkat lunak menjadi desain, penerapan desain menjadi kode program, uji coba kode program, dan instalasi serta pemeriksaan kebenaran perangkat lunak untuk operasional (IEEE. 1990).

11  Apapun (entitas) yang dibangun dan dikembangkan, pertanyaan berikut perlu kita jawab: 1.Menentukan APA yang harus dikerjakan oleh perangkat lunak dalam satu rentang waktu tertentu. (persoalan yg harus dipecahkan) 2.Mendefinisikan BAGAIMANA perangkat lunak dibuat, mencakup arsitektur perangkat lunaknya, antar muka internal, algoritma, dan sebagainya. (bagaimana solusi) 3.Penerapan (penulisan program) dan pengujian unit-unit program. 4.Integrasi dan pengujian modul-modul program. 5.Validasi perangkat lunak secara keseluruhan (pengujian sistem).


Download ppt "Ahmat Adil.  Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google