Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 8 “TABLE MANNER” FITRI LESTIARA SANI RIDNA RETNO WINDYARTI DESY AISYAH LUBIS IKA INDRAYANI USMALYA JUANA TRIANI MERDEKA P LIZARMAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 8 “TABLE MANNER” FITRI LESTIARA SANI RIDNA RETNO WINDYARTI DESY AISYAH LUBIS IKA INDRAYANI USMALYA JUANA TRIANI MERDEKA P LIZARMAS."— Transcript presentasi:

1

2 KELOMPOK 8 “TABLE MANNER” FITRI LESTIARA SANI RIDNA RETNO WINDYARTI DESY AISYAH LUBIS IKA INDRAYANI USMALYA JUANA TRIANI MERDEKA P LIZARMAS

3 PENGERTIAN ETIKA Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

4 MACAM-MACAM ETIKA 1. Etika Deskriptif Etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. 2. Etika Normatif Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini.

5 PENGERTIAN TABLE MANNER Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Perilaku table manner atau aturan yang digunakan saat makan, yang mungkin juga mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan yang digunakan.

6 TUJUAN MEMPELAJARI TABLE MANNER Tujuan mempelajari table manner antara lain : 1.Menunjukkan kemampuan Anda dalam bersosialisasi. 2.Meningkatkan kepercayaan diri. 3.Membantu diri Anda dan orang lain untuk sukses.

7 PENGENALAN PERALATAN MAKAN Serbet/ Napkin Piring utama Mangkok sop dan tatakannya Piring roti dan mentega dengan pisau roti Gelas air Anggur putih Anggur merah Garpu ikan Garpu utama Garpu salad Pisau utama Pisau ikan Sendok sop Sendok makanan pencuci mulut dan garpu kue

8 URAIAN TATA CARA TABLE MANNER 1. CARA DUDUK 2. CARA MENGGUNAKAN SERBET MAKAN 3. CARA BERBICARA 4. CARA MEMPERGUNAKAN ALAT MAKAN 5. CARA MAKAN ROTI 6. CARA MAKAN SOUP 7. CARA MAKAN HIDANGAN UTAMA 8. CARA MINUM 9. CARA MAKAN HIDANGAN PENUTUP

9 BAHASA TUBUH YANG PERLU DIPERHATIKAN Dibawah ini adalah beberapa bahasa tubuh yang perlu anda perhatikan ketika berbicara dengan seseorang : Jangan silangkan kaki dan tangan anda. Lakukan kontak mata, namun bukan menatapnya. Buatlah jarak antara kedua kaki anda. Santaikan bahu anda. Mengangguk ketika lawan bicara anda sedang berbicara. Jangan membungkuk, duduklah dengan tegak. Tersenyum dan tertawa. Jagalah posisi kepala anda tetap lurus. Jangan terburu-buru. Hindari gerakan-gerakan yang menunjukkan bahwa anda gelisah. Efektifkan penggunaan tangan anda. Rendahkan gelas minuman anda. Jangan berdiri terlalu dekat. Berkaca. Jagalah selalu sikap anda.

10


Download ppt "KELOMPOK 8 “TABLE MANNER” FITRI LESTIARA SANI RIDNA RETNO WINDYARTI DESY AISYAH LUBIS IKA INDRAYANI USMALYA JUANA TRIANI MERDEKA P LIZARMAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google