Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGHIANATAN. Tiga anak desa yang yang kehidupan sehari-harinya tenang dan tenteram merasa tidak puas dengan keadaannya. Mereka sahabat karib sejak kecil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGHIANATAN. Tiga anak desa yang yang kehidupan sehari-harinya tenang dan tenteram merasa tidak puas dengan keadaannya. Mereka sahabat karib sejak kecil."— Transcript presentasi:

1 PENGHIANATAN

2 Tiga anak desa yang yang kehidupan sehari-harinya tenang dan tenteram merasa tidak puas dengan keadaannya. Mereka sahabat karib sejak kecil hingga sekarang, pekerjaan mereka menggembala kambing dan mencari rumput. Pendidikan tak dapat mereka selesaikan, meskipun hanya sekolah saja. Maklum, pada waktu itu membantu orangtua lebih penting dari pada belajar. Suatu saat mereka tertarik dengan kehidupan kota. Karena menurut pikiran mereka lebih baik hidup di kota dari pada di desa. Kemudian mereka sepakat pergi ke kota mengadu untung dan mencari pengalaman untuk hidup yang lebih layak. Lontang-lantung di kota telah mereka jalani lebih sepuluh hari, yang semula mereka bayangkan indah ternyata yang terjadi malah sebaliknya. Tak tahan atas penderitaan itu, timbullah niat jahat. Mereka berhasil menjambret uang ratusan juta dari seorang nasabah bank dan mereka lari dan bersembunyi di hutan untuk menghindar dari kejaran polisi. Kisah Penghianatan

3 Lanjutan Kisah Setelah beberapa hari bersembunyi, mereka kelaparan kemudian berunding untuk membagi uang hasil rampokannya. Sebelum membagi uang, mereka membagi tugas ada yang ke kota untuk mencari makanan, minuman dan rokok. Setelah salah satu pergi ke kota, dua pemuda yang berada di persembunyian sepakat untuk membagi dua uang rampasan tanpa membagikan kepada sahabatnya Yang pergi ke kota, Namun, sahabatnya yang di kota malah makan dengan kenyangnya, serta berpikir dalam hati : “Seandainya semua uang hasil rampokan tadi dimiliki sendiri, tidak usah dibagi tiga, aku akan kaya raya”. Maka ia berniat menghabisi nyawa kedua rekannya dengan mencampurkan racun warangan yang hampir tidak berbau

4 kedalam makanan. Dengan tenangnya ia kembali ke hutan. Ketika melongokkan kepala ke gubug tempat persembunyian, tiba-tiba dia di pentung oleh kedua sahabatnya. Sebentar kemudian, ia jatuh dan tak bergerak lagi. Kedua pemuda itu menikmati makanan yang dibawa oleh teman yang telah mereka bunuh, tak berapa lama kemudian keduanya pingsan dan tak sadarkan diri untuk selamanya. Sahabat karib saling berkhianat demi harta yang hanya sesaat.

5 Pengalaman Anak Apa arti penghianatan? Siapa yang pernah menjadi penghianat? Siapa yang pernah dikhianati? Bagaimana perasaan kalian ketika menghianati sahabat kalian sendiri? Ceritakan perasaan kamu ketika dikhianati oleh sahabatmu?

6 Penghianatan Penghianatan dari kata khianat yang berarti perbuatan tidak setia, tipu daya, perbuatan yang bertentangan dengan janji. Penghiatan adalah proses cara, perbuatan berkhianat; terhadap sahabat sendiri adalah perbuatan yang tidak dapat diampuni Pengertian

7 Alasan berkhianat 1. Mencari keuntungan diri sendiri 2. Demi materi 3. Supaya terkenal/ cari nama 4. Takut 5. Merasa mampu/ bisa

8 Trik penghianatan 1.Secara sembunyi-sembunyi. 2.Kepura-puraan (berbuat baik karena ada maunya). 3.Main hakim sendiri. Akibat dari penghianatan Dikucilkan, dicemooh, disingkirkan, dituduh dijauhi, merasa sendiri, tidak ada teman yang menemani, penyesalan, menjadi sorotan banyak mata dn menjadi buah bibir.

9 Lukas 22 : 54 – 62 Petrus Menyangkal Yesus Pada saat berkumpulnya orang-orang memanaskan diri di tengah api, Petrus ditanya oleh seorang hamba perempuan yang bertanya : ”Juga orang ini bersama- sama dengan Dia”. Petrus menyangkal dengan berkata : “ Bukan, aku tidak kenal Dia!”. Petrus menyatakan penolakan akan kebersamaan dengan Yesus sampai 3 x. Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam. Kemudian Tuhan memandang Petrus, lalu Petrus teringat akan penyataan Tuhan padanya :” Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku”. Kemudian Petrus menyesal akan perbuatannya dengan menangis.

10 Lukas 22 : 54 – 62 Petrus Menyangkal Yesus Siapa yang bertanya pada Petrus saat di rumah Imam Besar? Apa yang ditanyakan oleh seorang hamba perempuan pada Petrus? Berapakali Petrus menolak untuk mengakui Yesus? Apa tanda yang dimunculkan pada saat Petrus menolak Yesus? Siapa yang menjadi pengkhianat Yesus? Bagaimna perasaan Petrus sebagai pengkhianat? Bagaimana sikap Petrus selanjutnya?

11 Lanjutan Alasan dari pengkhiatan Petrus : malu, sedih, takut ditangkap, diadili, disiksa, menderita dan akan disamakan seperti Yesus. Akibat dari pengkhiatan Petrus : penyesalan, merasa bersalah, merasa meninggalkan Yesus seorang diri, mengungkapkan penyesalannya dengan menangis sendirian.

12 Agar tidak terjadi pengkhianatan -Berkomunikasi dengan baik -Menerima teman apa adanya -Terbuka terhadap sesama -Tidak mencari sensasi diri -Sikap saling percaya

13 Cara membina kembali relasi setelah terjadi pengkhianata: 1.Mengampuni 2.Memaafkan 3.Menerima kembali teman yang mengkhianati walaupun menyakitkan 4.Mengkomunikasikan kembali 5.Saling percaya

14 Pengkhianatan Putih wajahmu. Namun tak seputih hatimu. Kau telah memisahkan, Tali persahabatan kita. Dengan keegoanmu yang besar. Dulu kita selalu bersama Kemanapun kita pergi dan berada. Tapi semua telah menjadi hampa. Kau tega…………………… Menghianati persahabatan kita Menjadi retak dan berantakan Betapa sulitnya dan berat diriku Untuk memaafkan Karena keegoanmua. Diriku terluka, terluka Sungguh terluka mendalam Namun aku Berusaha berproses bersama Dia yang Tersalib.

15

16


Download ppt "PENGHIANATAN. Tiga anak desa yang yang kehidupan sehari-harinya tenang dan tenteram merasa tidak puas dengan keadaannya. Mereka sahabat karib sejak kecil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google