Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENINGKATKAN GURU MENGUASAI TIK DALAM KAPASITAS UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 TIGA KASUS PENDIDIKAN GURU DI KOREA Hyeonjin Kim,dkk. MENINGKATKAN GURU MENGUASAI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENINGKATKAN GURU MENGUASAI TIK DALAM KAPASITAS UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 TIGA KASUS PENDIDIKAN GURU DI KOREA Hyeonjin Kim,dkk. MENINGKATKAN GURU MENGUASAI."— Transcript presentasi:

1 MENINGKATKAN GURU MENGUASAI TIK DALAM KAPASITAS UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 TIGA KASUS PENDIDIKAN GURU DI KOREA Hyeonjin Kim,dkk. MENINGKATKAN GURU MENGUASAI TIK DALAM KAPASITAS UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 TIGA KASUS PENDIDIKAN GURU DI KOREA Hyeonjin Kim,dkk.

2 PERAN BARU DALAM TEACHERSINCLUDE DENGAN ANDNNOVATION EFISIENSI LEARNING SCRATCH :untuk berfikir kreatif dalam pembelajaran robotika Berfikir teknologi baru convergen dan divergen Pembelajaran dengan desain ICT

3 Peran baru dalam pembelajaran efisiensi yang inovatif : Learning scratch : untuk berfikir komputasi dan kreatif,pembelajaran robotika. Untuk berfikir teknologi baru forconvergen dan divergen Pembelajaran dengan desain ICT untuk sestem tertentu

4 Pendekatan baru yang berfokus pada kemampuan berfikir,ketrampilan yang bersifat teknis dan membuat kelas yang berbeda dari biasa guna membantu guru mengembangkan keahlian adaftif.

5 TIK dalam dunia pendidikan di Korea berkembang pesat seajak rencana IT untuk Korea tahun 1996(Hwang,Yang&Kim,2010 Guru di Korea umumnya sudah menguasai ICT,mampu mengadopsi teknologi baru sehingga mereka siap menghadapi pembelajaran di abad 21

6  Demensi efisiensi artinya kemampuan yang lebih besar untuk melakukan tugas tertentu,dengan waktu dan biaya yang lebih sedikit  Demensi inovasi :menemukan sesuatu yang baru/ide yang baru dan orisinil

7 Agar guru dapat adaftifexperts memerlukan tiga aspek(Hammerness dkk,2005) : Guru harus dapat membantu dalam PBM karena ini berbeda dengan magang Sebelum mengajar guru tidak hanya berfikir tetapi harus memahami materi yang disampaikan Guru merefleksi apa yang telah diajarkan agar mengetahui keberhasilan yang telah dicapainya.

8 Sosiokultural Konteks:ICT dan pendidikan guru di Korea telah diintegrasikan kedalam konteks pendidikan sejak rencana induk pertama IT 1996: e-learning(misal Cyber Rumah Belajar)dan U-learning(misal Buku Teks Digital)

9  Yaitu kursus yang ditawarkan oleh National University of Chuncheon jurusan pendidikan guru (Ce Nue) sekolah dasar yaitu “Kursus Praktek Komputer”dengan keahlian mengelola informasi dan membuat bahan ajar,kursus pemrograman,dan memberi kemampuan memecahkan masalah(Papert,1980;Resnick et al,2009;Wing,2006)

10  Modul arilutasi  Pre-sevice guru  Of building blok  Fungsi dasar

11  Buku memo  Permainan  Kuis  Seni visual  Musik  Tarian dll.

12 Tiga modul terakhir: Para siswa belajar bagaimana memasukkan picoboard untuk menangkap informasi dari luar komputer melalui kabel

13 Evaluasi lima skala Linkert,bagaimana Scratch membantu untuk meningkatkan: Informasi dan ketrampilan melek menguasai kmedia Kemampuan berkomunikasi Thinking skill kreatif Pemecahan masalah Self derected

14  Desain pedagogis  Desain teknologi  Kreativitas(orisinalitas)  Kemampuan presentasi  Ketepatan waktu

15 KASUS 2 BELAJAR ROBOTIKA SEBAGAI TEKNOLOGI BARU UNTUK BERFIKIR KONVERGEN DAN DIVERGEN  Cheongju National University of Education(CjNuE)berdiri 1941 dalam program pendidikan guru berbasisICT,belajar robotika juga dapat membantu guru memahami konse-konsep inti komputasi(Klassner&Andeson,2003)

16 KASUS 3:BELAJAR DENGAN DESAIN UNTUK SISTEM BERFIKIR Pembelajaran untuk guru teladan menggunakan ICT yang mengadopsi student centered learning,yang memerlukan revisi dalam pembelajaran tradisional(Kim&Hannofin,2008) Tujuan pembelajaran membantu peserta mendapatkan keahlian sistematis melalui lerning by desain dengan pendekatan sistem.

17 KESIMPULAN: Pemerintah Korea menaruh perhatian yang sangat besar dalam dunia pendidikan,sehingga memberikan anggaran yang besar untuk pendidikan khususnya penelitian teknologi ICT Pemerintah Korea mendirikan universitas program pendidikan guru yang bagus,dilengkapi teknologi IT canggih,agar calon guru menguasai TIK yang memadai,sehingga kelak dapat megajarkan dengan konsep ICT kepada siswanya.

18 Saran:  Untuk pemerintah RI supaya meniru apa yang sudah dilakukan pemerintah Korea dalam kebijakan dunia pendidikan seperti uraian di atas.  Memperbaiki sistem pendidikan Indonesia secara bertahap,terarah,berkelanjutan,berorientasi teknologi infomatika yang canggih.  Mendiklat guru dalam ICT agar guru kita menguasai ICT,sehingga pembelajaran yang dilakukan guru berbasis TIK.  Melengkapi sarana dan prasarana TIK di sekolah

19 TERIMA KASIH Sri Suyatna Kelas IB NIM : Q TH 2012 


Download ppt "MENINGKATKAN GURU MENGUASAI TIK DALAM KAPASITAS UNTUK PEMBELAJARAN ABAD KE-21 TIGA KASUS PENDIDIKAN GURU DI KOREA Hyeonjin Kim,dkk. MENINGKATKAN GURU MENGUASAI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google