Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Parabola. Kebutuhan 1. Antena Parabola 2. LNB 3. Toolkit 4. Kabel Coaxial 5. Modem receiver 6. Actuator Positioner 7. Televisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Parabola. Kebutuhan 1. Antena Parabola 2. LNB 3. Toolkit 4. Kabel Coaxial 5. Modem receiver 6. Actuator Positioner 7. Televisi."— Transcript presentasi:

1 Parabola

2 Kebutuhan 1. Antena Parabola 2. LNB 3. Toolkit 4. Kabel Coaxial 5. Modem receiver 6. Actuator Positioner 7. Televisi

3 Apa itu Parabola? Parabola adalah suatu irisan kerucut yang dihasilkan oleh suatu kerucut dan bidang yang menyinggung kerucut atau Sarajane dengan bidang yang menyinggung kerucut.

4 Apa itu Antena Parabola? Parabola adalah sebuah antena ber-gain tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF parts dari spektrum gelombang elektromagnetik. Panjang gelombang energi (radio) elektromagnetik yang relatif pendek pada frekuensi-frekuensi ini menyebabkan ukuran yang digunakan untuk antena parabola masih dalam ukuran yang masuk akal dalam rangka tingginya unjuk kerja respons yang diinginkan baik untuk menerima atau pun memancarkan sinyal.

5 Janis Antena Parabola 1. Parabola Dish Mesh 2. Parabola Dish Solid Parabola Dish Mesh Parabola Dish Solid

6 Perbedaan 1. Parabola Dish Mesh Bahan terbuat dari alluminium Dish mesh bentuk reflektornya adalah “jaring-jaring” Kawatnya cepat keroposan dan cepat lepas 2. Parabola Dish Solid Bahan terbuat dari fiber Dish solid reflektornya terbuat dari logam tanpa lobang atau sepenuhnya logam Dish solid kini dianggap terobosan baru pengganti jala Sedangkan tipe Solid tidak bisa lepas.

7 LNB LNB (Low Noise Block Up), yang menerima sinyal informasi dari satelit. Juga sering disebut sebagai Receiver (Rx). CONFIGURATION LNB LNB TYPELow 13-18V0/12kHz FrekvencySelectionHVHV Standart1013/18V18V 00 Enhanced9.7513/18V18V 00 Quatro9.7513V V 00 C-Band5.1513/18V18V 00 DBS /18/0918V 00 TELECOM V

8 LNB LNB merupakan jantung dari antena satelit. Pada dasarnya, merupakan sebuah rongga resonator yang menerima sinyal satelit yang difokuskan dari pantulan antena dan memproses sinyal tersebut. Serupa dengan pipa organ yang mengubah energi transmisi menjadi sinyal elektrik. Sebuah switch elektonik tambahan memperkuat sinyal ini sebelum dikirim ke kabel coax dan mengubahnya menjadi frekuensi yang lebih rendah untuk mengurangi kehilangan sinyal di kabel.

9 LNB LNB (Low Noise Block Up), yang menerima sinyal informasi dari satelit. Juga sering disebut sebagai Receiver (Rx). CONFIGURATION LNB-F LNB TYPELow 13-18V0/12kHz FrekvencySelectionHVHV Standart1013/18V18V13V00 Enhanced9.7513/18V18V13V00 UNIVERSAL9.750 kHz18V13V KHZ18V13V22 QUATRO9.750 kHz18V13V KHZ18V13V22 C-Band5.1513/18V18V13V00 C-BAND SS5.1513V18V13V V 13V

10 LNB LNBF (Low Noise Block Fedhorn) atau sering disebut LNB dan ada 2 jenis yaitu : LNB C-BAND - Angka 0 pada LNB menghadap ke Barat – Timur, Utara - Selatan LNB yang kita gunakan C-BAND (untuk SEA-EDUNET SEAMOLEC)

11 Toolkit Persiapan Tools (Obeng, Tang, Kunci L, dll). Persiapkan Kompas yang berfungsi untuk menentukan arah. Persiapkan Eangle Meter untuk mengatur sudut elevasi dan azimut Persiapkan GPS untuk melihat posisi latitude kita Menggunakan untuk melihat sudut azimut dan elevasihttp://www.dishpointer.com

12 Toolkit Tools GPS Angle Meter Kompas

13 Kabel Coaxial menghubungkan LNB ke Receiver -Kabel Coax yang baik (jangan pakai yang untuk antenna televisi biasa) Ciri kabel coax yang baik : *Kawat tembaga inti cukup besar, tidak mudah ditekuk *Lapisan insulator terluar dari bahan yang bening atau terbuat dari foam, tidak mudah sobek *Jacket serabut kawat yang mengelilingi foam rapat, dan berserat cukup banyak *Mantle / pelindung luar kuat, tidak mudah sobek. -Kabel isi 4 pair (biasa untuk interkom atau kabel UTP komputer) -Conector ujung kabel coax secukupnya (biasanya 2 untuk semi automatic dan 4 untuk full automatic) -Isolasi karet (dapat ditarik) untuk melindungi ujung kabel dan konektor dari masuknya air hujan

14 Kabel Coaxial Konektor Coaxial Konektor Coaxial

15 Modem Receiver Digital STB memiliki sistem operasi linux Mempunyai LAN Card yang bisa terhubung ke jaringan Modem Receiver Digital STB memiliki sistem operasi linux Mempunyai LAN Card yang bisa terhubung ke jaringan

16 Actuator Positioner Actuator adalah alat yang digabungkan dengan positioner sebagai alat tuas untuk mengontrol pergerakan solid dish yang diatur dengan Reed sensor dan waterproof.

17 Televisi Definisi: 1. sistem penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi (suara) melalui kabel atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang mengubah cahaya (gambar) dan bunyi (suara) menjadi gelombang listrik dan mengubahnya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat dilihat dan bunyi yang dapat didengar 2. pesawat penerima gambar siaran televisi


Download ppt "Parabola. Kebutuhan 1. Antena Parabola 2. LNB 3. Toolkit 4. Kabel Coaxial 5. Modem receiver 6. Actuator Positioner 7. Televisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google