Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Carl Cosaert, PhD, Kontributor Utama

5 "... kitab Galatia (ditambah surat Roma). Adalah penyebab lahirnya Protestanisme. Ketika Martin Luther membaca kitab Galatia maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) juga berhutang pada kitab Galatia. Dengan mempelajari kitab Galatia, E.J. Waggoner dan A.T. Jones telah menolong GMAHK pada tahun 1880-an dan 90-an menemukan kembali kebenaran dari kebenaran oleh iman (righteousness by faith). Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 "... kitab Galatia... padat dan jelas,... kaya akan tema-tema yang sangat berkuasa meskipun dibawakan dari sudut penggembalaan dan bersifat lebih pribadi...“ Pelajaran Sekolah Sabat Triwulan ini... memberikan kepada kita kesempatan untuk merefleksikan pengertian kita tentang Injil." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Injil Dalam Kitab Galatia Daftar Isi 1. Paulus: Rasul bagi Bangsa Non-Yahudi 2. Otoritas Paulus dan Injil 3. Kesatuan Injil 4. Pembenaran oleh Iman Saja 5. Iman Perjanjian Lama 6. Prioritas Janji 7. Jalan Menuju Iman 8. Dari Budak Menjadi Ahli Waris 9. Nasihat Penggembalaan Paulus 10. Dua Perjanjian 11. Kemerdekaan Dalam Kristus 12. Hidup oleh Roh 13. Injil dan Gereja 14. Bermegah dalam Salib

9 Discipleship in Action Injil dan Gereja Pelajaran 13 ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

10 Kata-kata Pembuka Allah telah menugaskan gereja sebagai agen transformasi- Nya di atas bumi

11 Ayat Hafalan “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.” (Galatia 6:10)

12 Untuk Diketahui Hukum Kehidupan: “hasil panen merupakan cerminan dari apa yang ditanam.”

13 Nasehat Paulus dalam Galatia 6:1-10 Gantinya saling “menggigit dan menelan,” gereja seharusnya menjadi tempat di mana Roh Allah menuntun kita untuk mengutamakan orang lain lebih daripada diri kita sendiri. Dengan memahami bahwa kita diselamatkan oleh kasih karunia akan menjadikan kita lebih rendah hati dan lebih sabar dan memperlakukan orang lain dengan penuh belas kasihan.

14 Black Injil dan Gereja Sekilas Pandang 1. Memulihkan orang yang Berdosa (Galatia 6:1) 2. Menanggung Beban ( Galatia 6:2-5 ) 3. Menabur dan Menuai (Galatia 6:6-10)

15 Black Injil dan Gereja 1. Memulihkan orang yang Berdosa (Galatia 6:1)

16 Galatia 6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan. ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

17 FAKTA Nasihat Paulus kepada umat percaya dalam Galatia 6:1 sangat realistis. Manusia tidaklah sempurna, umat Kristen yang penuh penyerahan sekalipun tidak kebal dari kesalahan. Paulus adanya kemungkinan terjadi suatu situasi tertentu dalam gereja di kemudian hari. Sehingga Paulus merasa perlu memberikan nasihat praktis kepada jemaat Galatia untuk menghadapi situasi tersebut.

18 Kesalahan atau dosa yang bagaimanakah yang dimaksudkan Paulus Dalam Galatia 6:1? Kesalahan yang Paulus sedang bicarakan di sini bukanlah suatu perbuatan yang disengaja, ini dapat terlihat dari istila yang digunakannya. Kata yang diterjemahkan “pelanggaran” (KJV) atau “dosa” (NIV), berasal dari kata paraptoma dalam Bahasa Yunani, kata ini tidak merujuk pada perbuatan dosa yang disengaja melainkan lebih menunjuk pada sebuah kesalahan, kejatuhan, atau kekeliruan. Dalam kasus ini Paulus tidak membahas tentang dosa yang disengaja (1 Korintus 5:1-5).

19 DISKUSIKAN Menurut Paulus, bagaimana seharusnya sikap orang Kristen jika seorang umat percaya terjatuh dalam perbuatan dosa? Galatia 6:1; Matius 18: Apakah sebenarnya tujuan gereja,menghukum anggotanya yang berdosa atau memulihkan mereka!

20 Jawab: Reaksi yang pantas dalam situasi seperti itu bukanlah dengan memberikan hukuman, celaan, atau pemecatan namun pemulian. Kata Yunani yang diterjemahkan “memulihkan” (dalam Terjemahan Indonesia=memimpin) adalah katartizodan kata ini memiliki arti “menambal” atau “menyusun kembali.”

21 Pelajaran SSD, Minggu 18 Desember 2011 Dalam hal yang sama janganlah kita membuang saudara kita seiman yang terjatuh dan patah kaki, sebagai anggota tubuh Kristus kita harus merawat saudara-saudara kita dalam Kristus dengan lemah lembut, sebab mereka dapat saja terjatuh pada saat kita berjalan bersama dalam perjalanan menuju kerajaan Allah. ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

22 Untuk Diingat Gereja bekerja bergandengan tangan dengan Tuhan untuk menginjili dan memelihara manusia yang telah jatuh. Transformasi dan reformasi ajaib terjadi terus menerus dalam persekutuan yang di kuduskan dan yang berasal dari ilahi Tujuan gereja adalah pemulihan, bukan penghukuman

23 Kalau Begitu Apakah Disiplin Gereja Tidak Perlu? Disiplin gereja itu perlu! Tetapi kita harus mengingat bahwa disiplin gereja akan menjadi penebusan bukan hukuman, dan reputasi gereja akan bergantung pada cara umat percaya memerangi penyakit dosa dengan belas kasihan dan penuh kasih sayang. Umat Kristen harus tegas dalam memerangi dosa, bukan orang berdosa Disiplin dalam penggunaan Paulus, mengacu pada mendidik orang dalam kebenaran...bertujuan membentuk hubungan yang lebih intim dengan Tuhan

24 Disiplin Paulus adalah restoratif (memulihkan) dan positif

25 Nasehat Yesus Dalam Berhadapan Dengan Masalah Dosa Baca Matius 18: tegorlah dia di bawah empat mata 2. bawalah seorang atau dua orang lagi 3. sampaikanlah soalnya kepada jemaat

26 Selain memberi petunjuk bagaimana kita harus memperlakukan saudara kita yang jatuh ke dalam dosa, apakah nasehat Paulus berikutnya bagi setiap orang Kristen? ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

27 Nasehat Paulus Berikutnya: 1.“perhatikanlah dirimu” jangan sampai dosa dengan tiba-tiba masuk dalam kehidupanmu. (Galatia 6:1). Disini Paulus menyatakan bahaya dari melakukan dosa yang sama, apa pun itu 2.Jangan “gila hormat” (Galatia 5:26) Disini Paulus melarang kita untuk merasa memiliki kerohanian yang lebih tinggi dari orang yang sedang bergumul bangkit dari kesalahan mereka.

28 Pelajaran SSD, Senin 19 Desember 2011 Salah satu bahaya terbesar pada perjalanan iman umat Kristen adalah kesombongan rohani yang membuat kita berpikir bahwa kita telah kebal dari kecendrungan berbuat dosa. Pada kenyataannya kita semua memiliki sifat alamiah yang berdosa—suatu sifat alami yang berlawanan dengan Allah... tanpa pengendalian kuasa Roh Allah, kita dapat jatuh ke dalam perbuatan dosa apa saja, bilamana situasinya mengizinkan.

29 Black Injil dan Gereja 2. Menanggung Beban ( Galatia 6:2-5 )

30 Galatia 6:2-5 “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri. Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.”

31 Setelah memberikan nasehat bagaimana umat Tuhan memperlakukan orang yang berdosa dan kemudian menasehatkan agar masing-masing menjaga diri dan tidak memelihara sifat “kesombongan rohani,” Paulus juga memberikan nasehat agar sebagai anggota gereja, masing-masing harus saling menolong untuk menanggung beban sesamanya.

32 Pandangan Paulus Mengenai Kehidupan Kristen 1.Semua umat Kristen memiliki beban ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire “Semua umat Kristen memiliki beban. Tanggungan kita berbeda- beda dalam ukuran, bentuk dan jenisnya bergantung pada kehidupan kita masing-masing... tidak ada umat Kristen yang tidak memiliki beban.”—Timothy George, Galatians,hlm.413.

33 Pandangan Paulus Mengenai Kehidupan Kristen 2. Allah tidak bermaksud agar kita menanggung semua beban kita sendirian ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire “Persahabatan manusia, yang di dalamnya kita saling menanggung beban satu sama lain, adalah bagian dari rencana Allah untuk umat-Nya.”—John R. W. Stott, The Message of Galatians, hlm.158.

34 Diskusikan Biasanya apakah yang mencegah seseorang meminta tolong kepada sesamanya? Kesombongan, rasa malu, kurang percaya, rasa puas diri? Saran apakah yang akan saudara berikan kepada orang segan meminta pertolongan? Apa sebabnya Allah menganjurkan agar kita untuk saling menanggung beban satu sama lain?

35 Pelajaran SSD, Selasa, 20 Desember 2011 Allah memanggil kita untuk menanggung beban orang lain karena melalui tindakan kitalah pertolongan Allah dinyatakan. Konsep ini berdasarkan fakta bahwa gereja adalah anggota tubuh Kristus...

36 Paulus mengaitkan kesediaan menanggung beban dengan menggenapi hukum Kristus. Apakah dia maksudkan dengan “hukum Kristus?” Galatia 5:14, 6:2; Yohanes 13:34; Matius 22:34-40.

37 Pelajaran SSD, Rabu, 21 Desember 2011 “...konteks dan istilah yang sama dengan Galatia 5:14 memberi kesan bahwa “menggenapi hukum Kristus” merupakan sebutan lain untuk menggenapi hukum Musa dengan kasih.... Dalam menanggung beban orang lain, kita tidak hanya mengikuti jejak Yesus, namun kita juga menggenapi hukum-Nya.”

38 Black Injil dan Gereja 3. Menabur dan Menuai (Galatia 6:6-10)

39 Paulus menggunakan [perumpamaan tentang menabur dan menuai] untuk memperjelas komentarnya yang terdahulu tentang daging dan Roh. ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

40 James D.G. Dunn mencatat, “sebuah persamaan modern menyatakan bahwa kita bebas memilih, namun kita tidak bebas memili akibat dari pilihan kita.”— Galatians, hlm.330.

41 Sebuah Fakta Kehidupan “Etika Kristen memiliki focus ganda: [1] universal dan mencakup secara keseluruhan, ‘marilah kita berbuat baik kepada semua orang’ [2] memiliki fokus yang lebih khusus, ‘tetapi terutama kepada saudara- saudara seiman kita.’

42 Timothy George Imbauan Paulus yang bersifat menyeluruh didasarkan kepada fakta bahwa setiap orang di mana pun dia berada diciptakan menurut peta Allah dengan demikian sangat berharga dalam pemandangan-Nya.”—, Galatians, hlm. 427,428.

43 RANGKUMAN Indikasi tentang hadirat Allah diantara umat- Nya ada pada Roh yang menyerupai tabit Kristus yang dinyatakan di dalam gereja. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana pengampunan dan pemulihan diberikan kepada mereka yang bersalah, dalam hal bertolong-tolongan satu sama lain pada saat menghadapi pencobaan, dan dalam kebaikan-kebaikan yang dilakukan bukan hanya diantara sesama mereka namun juga untuk umat yang tidak percaya.

44 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Bilamana hukum Kristus digenapi dalam hidup kita, kita akan perduli terhadap mereka yang telah jatuh yang mengalami kesusahan. Kita akan mengenali kelemahan kita sendiri dan dengan rendah hati tunduk kepada setiap bukti kebenaran, jika tidak maka kita akan menjadi sombong dan buta rohani Sebagai seorang anggota bekerja kita harus selalu siap untuk memulihkan saudara kita yang bersalah, saat yang sama menjaga diri agar tidak jatuh, rela menanggung beban bersama dan tidak memiliki kesombongan rohani atau merasa diri lebih benar Saya lemah dan tidak menyadari hal ini Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan siap membantu saudara seiman yang lemah, siap menanggung beban mereka dan selalu melakukan hukum Kristus.

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google