Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DECOUPLING (PEMISAHAN) Pemisahan hubungan antar subsistem yang terlalu erat, sehingga kedua sistem dapat beroperasi secara bebas. Cara yang dilakukan :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DECOUPLING (PEMISAHAN) Pemisahan hubungan antar subsistem yang terlalu erat, sehingga kedua sistem dapat beroperasi secara bebas. Cara yang dilakukan :"— Transcript presentasi:

1 DECOUPLING (PEMISAHAN) Pemisahan hubungan antar subsistem yang terlalu erat, sehingga kedua sistem dapat beroperasi secara bebas. Cara yang dilakukan : Inventories, Buffer atau jalur tunggu Kelenturan Sumber Daya (Feasible Resources) Standarisasi

2 INVENTORIES, BUFFER DAN JALUR TUNGGU Dalam contoh subsistem bahan baku dan subsistem produksi, jalur persediaan (inventories) akan memungkinkan kedua subsistem beroperasi lebih bebas. Subsistem Bahan Baku Inventories Subsistem Produksi Buffer pada sistem komputer digunakan untuk menyeimbangkan antara tingkat masukan (input) dan tingkat Keluaran (output).

3 KELENTURAN SUMBER DAYA Prinsip dasarnya adalah bahwa dengan sumber daya yang lentur maka akan menyederhanakan komunikasi antar subsistem Contoh : Organisasi yang menggunakan konsep gabungan sistem analis dan programmer akan mempunyai kelenturan lebih besar dalam memenuhi kebutuhan daripada organisasi dengan jumlah orang yang sama namun memakai sistem analis dan programmer secara terpisah

4 STANDARISASISTANDARISASI Adanya standarisasi standar, standarisasi biaya memungkinkan sebuah subsistem dirancang dengan sedikit komunikasi (karena sudah ada standarnya) Contoh : adanya standar kode produk memungkinkan bagian produksi dapat merancang modul pengolahan data mengenai barang jadi tanpa harus berunding dengan pihak lain untuk menentukan kode yang harus digunakan.

5 MANUSIA SEBAGAI PENGOLAH INFORMASI MODEL DASAR Masukan dari indra penerima Saluran Ingatan Pengolahan Mental Saluran Hasil Keluaran Filter

6 SISTEM PENGOLAH INFORMASI MANUSIA Pengolah Pengolah Indera Masukan ( Sensory Output ) Indera Masukan ( Sensory Output ) Penggerak Keluaran ( Motor Output ) Penggerak Keluaran ( Motor Output ) Ingatan : Ingatan : – Ingatan Jangka Panjang (long-term memory) – Ingatan Jangka Pendek (short-term memory) – Ingatan Luar (external memory)

7 KETERBATASAN MANUSIA SEBAGAI PENGOLAH INFORMASI Keterbatasan dalam pengolahan dataKeterbatasan dalam pengolahan data Keterbatasan dalam menemukan perbedaan-perbedaanKeterbatasan dalam menemukan perbedaan-perbedaan Keterbatasan dalam menangani data ProbabilistikKeterbatasan dalam menangani data Probabilistik


Download ppt "DECOUPLING (PEMISAHAN) Pemisahan hubungan antar subsistem yang terlalu erat, sehingga kedua sistem dapat beroperasi secara bebas. Cara yang dilakukan :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google