Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,"— Transcript presentasi:

1 Manusia sebagai Makhluk Budaya

2 Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan, dan bertanggung jawab sebagai makhluk berbudaya manusia mendaya gunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan,baik bagi dirinya maupun bagi masyrakat demi kesempurnaan hidupnya.

3 2. Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari topik ini ialah agar mahasiswa mampu memahamikonsep konsep dasar tentang manusia sebagai makhluk budaya serta pemahaman konsep tersebut dijadikan dasar pengetahuan dalam mempertimbangkan dan menyikapi berbagai problema budaya yang berkembang dalam masyarakat.

4 A. Fungsi Akal dan Budi Bagi Manusia 1.Alam dan isinya merupakan ciptaan Tuhan. Salah satu makhluk ciptaan Tuhan adalah manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Hal ini disebabkan oleh karena mansia diciptakan Tuhan dibekali dengan akal dan Budi yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

5 2.Akal adalah kemampuan berpikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki oleh masnusia.Berpikir merupakan perbuatan oprasional yang mendorong untuk aktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia. Sedangkan budi adalah merupakan unsur rohani dalam kebudayaan Budi diartikan sebgai bathin manusia panduan akal dan perasaan yang dapat menimbang baik dan buruk segala sesuatu.

6 3.Adapun fungsi akal adalah untuk berpikir,kemampuan berpikir manusia mengingat kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku. 4.Dengan akal dan budi yang dimiliki manusia akan dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pemenuhan yang bersifat primer maupun yang bersfat scunder.

7 5.Dengan akal budi yang dimiliki itu manusia dapat memfungsikannya untuk menciptakan sesuatu baik berupa barang yang berujud benda (material ) maupun yang tidak berujud benda ( imatrial ). 6.Dengan akal budi tersebut manusia memiliki daya cipta rasa dan Karsa sehingga manusia mempunyai kemampuan untuk menciptakan sesuatu mempunyai keinginan untuk melakukan sesuatu dan semua itu dilakukan dengan penug rasa (keindahan ).

8 7.karya cipta manusia tersebut merupakan kebudayaan karena sesungguhnya manusia adalah makhluk budaya. 8.Manusia adalah pelaku kebudayaan ia menjalankan kegiatannya untuk mencapai sesuatu yang berharga baginya,dan dengan demikian kemanusiaanya menjadi lebih nyata. Sesuatu yang merupakan angan angan kemudian diciptakan dan diwujudkan.

9 9.Manusia sebagai makhluk budaya memiliki kemampuan untuk menciptakan kebaikan,kebenaran,keadilan dan bertanggung jawab.Sebagai makhluk berbudaya manusia dapat mendaya gunakan akal budinya yang halus untuk menciptakan kebahagiaan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat demi untuk kesejahtraan dan kesempurnaan hidupnya.

10 B.Pengertian Budaya dan Kebudayaan Budaya adalah bentuk jamak dari kata budi dan daya yang berarti Cipta Rasa dan Karsa. Kata budaya sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal.sedangkan dalam bahasa Inggris budaya berasal dari kata culture,dalam bahasa Belanda disebut cultuur dalam bahasa Latin berasal darikata colera berarti mengolah,menyuburkan,(bertani ).

11 Kemudian pengertian diatas berkembang dalam artian culture,yaitu sebagai segala daya dan aktifitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Pengertian Budaya atau kebudayaan : 1.E.B.Tylor : budaya adalah suatu keseluruhan komplek yang meliputi pengetahuan,kepercayaankesenian,moral,

12 Keilmuan, hukum,adat istiadat, dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai kemampuan masyarakat. 2R. Linton : Kebudayaan dapat dip[andang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang dipelajari.dan hasil tingkah laku yang dipelajari dimana unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.

13 3.Koencaraningrat : Kebudayaan Adalah keseluruhan sistim gagasan milik diri manusia dengan belajar. 4. Selo Soemarjan dan Soelaeman soenardi : Kebudayaan adalah semua hasil karya,rasa,dan cipta masyarakat. 5.Herkovit : Kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

14 6. Murdowo : Cultut itu mengenai nilai kerohanian moral, etik, dan estetika yang telah dicapai oleh suatu bangsa. Dari pandangan diatas bahwa kebudayaan atau budaya menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik material,maupun non material. Sebagain besar sarjana diatas dipengaruhi oleh teori evolusionisme yaitu :

15 Suatu teori yang mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan yang sedehana menuju tahapan yang lebih komplek,. Kedudukan manusia dalam kebudayaan adalah sebagai sentral kepadanyalah dsegala kegiatan diarahkan sebagai tujuan. Aspek formal dari kebudayaan terletak dalam karya budi yang mentranformasikan data fakta,situasi dan

16 Kejadian alam yang diadapi itu menjadi nilai bagi manusia. Kebudayaan adalah penciptaan penertiban dan pengo;ahan nilainilai insani.Terlingkup didalamnya adalah usaha memanusiakan bahan alam mentah dan hasilnya. Membudayakan alam memanusiakan hidup.menyempurnakan hubungan keinsanian merupakan kesatuan yang tak dapat

17 dipisahkan.inilah inti dan batas kebudayaan. Kebudayaan lama dan asli merupakan puncak kebudayaan diseluruh Indonesia,terhitung sebagai kebudayaan bangsa Usaha kebudayaan harus menuju kearah kemajuan adab,budaya dan persatuan dengan tidak menolak bahan bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan bangsa sendiri.

18 Serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa indonesia. -Kebudayaan bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyt Indonesia seluruhnya. Atas dasar kepercayaan bangsa Indonesia tehadap Tuhan Yang maha Esa maka kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia harus benar benar selaras dalam hubunganna dengan uhan yang Maha esa.

19 Dengan sesama dan alam sekitarnya serta memiliki kemantapan kesehimbangan dalam kehidupan lahiriah dan bathinniah serta mempunyai jiwa yang dinamis dan semangat gotong royong yang berkembang,sehingga sanggup dan mampu untuk melanjutkan perjuangan bangsa dalam mencapai tujuan nasional dengan memanfaatkan landasan ekonomi yang sehimbang.

20 -Bentuk bentuk kebedayaan sebagai pengejawatahan pribadi manusia Indonesia harus benar benar menunjuk nilai hidup dan makna kesusilaan. --Kebudayaan itu harus merupakan penghaya tan nilai nilai yang luhur sehingga tidak dipisahkan dari manusia budaya Indonesia,sebagai pendukungnya.

21 Kebudayaan Indonesia yang terdiri dari macam macam suku bangsa yang berbeda tetapi setiap kebudayaan mempunyai ciri yang sama secara universal.yaitu tanpa membedakan antara faktor rasa,lingkungan alam atau pendidikan. -Sifat umum yang berlaku bagi semua budaya adalah : -1Budaya terwujud dan tersalurkan dari pri

22 Laku manusia 2. Budaya telah ada terlebih dahulu dari pada lajhirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya usia genenari yang bersangkutan 3. Budaya di perlukan oleh manusia dan diwujudkannya dalam tingkah lakuknya. 4.Budaya mencakup aturan aturan yang berisikan kewajiban kewajiban tindakan =

23 Tindakan yang terima dan ditolak,tindakan tindakan yang dilarang dan tindakan tindakan yang di ijinkan.

24 Manusia sebagai Pencipta kebudayaan. Suatu kebudayaan merupakan hasil interaksi antara manusia dengan isi alam ini.Manusia memiliki kermampuan daya antara lain akal intelenjia,intuisi,perasaan dan emosi kemauan fantasi dan prilaku. Kebudayaan adalah pruduk manusia namun manusia adalah produk kebudayaan artinya kebudayaan ada karena ada manusia sebagai penciptanya dan manusia da[pat hidup di

25 Tengah kebudayaan yang diciptakannya dan kebudayaan akan terus hidup bila ada manusia sebagai pendukungnya. Menurut L Berger : kebudayaan itu sebagai fundamental yang terdiri dari tiga tahap a. Ektsternalisasi. : Proses penyerahan diri manusia secara terus menerus kedalam dunia fisik dan mental.

26 b. Obyetivitas tahap aktivitas manusia menghasilkan suatu realitas obtif yang berada diluar diri manusia. c. Internalisasi : tahap dimana realitas obyektif hasil ciptaan manusia diswerap oleh manusia kembali.jadi ada hubungan berkelanjutan antara rialitas internal dengan realitas ekternal.

27 Guna Kebudayaan : Kebudayaan memilki kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan manusia 1.Manusia merupakan mkhluk yang berbudaya dengan akal budinya manusia dapat mengembangkan kebudayaannya 2.Manusia nhidup tergantung pada kebudayaannya sebagai hasil ciptaannya.

28 3.Kebudayaan memberikan pedoman,norma aturan bagimanusia dan aturan bagi manusia mengolah lingkungan dengan teknologi hasil ciptaannya.yang memilki kegunaan utama dalam mwelindungi lingkungan alamnya. 4. Kebudayaan memilki peran sebagai : a.Suatupedoman hubungan antar manusia atau klompoknya.

29 bWadah untuk menyalurkan perasan perasaan dan kemampuan kemampuan. c. Sebagai pembingbing kehidupan dan penghidupan manusia d. Pembeda manusia dengan binatang. e.Petujuk petunjuk bagaimana manusia harus bertindak dan berperilaku didalam pergaulan.

30 f.Pengaturan agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya berbuat.bertindak dan menentukan sikapnya. Jika berhubungan dengan orang lain. g. Sebagai modal dasar pembangunan.

31 -Kebudayaan memilki fungsi yang besar bagi manusia dan masyarakat berbagai macam kekuatan harus dihadapi oleh manusia dan masyarakat seperti kekuatan alam dan kekuatan lain. Selain itu manusia dan masyarakat memerlukan kepuasan baik spiritual dan matrial. -Kebudayaan masyarakat sebagian besat dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber

32 masyarakat itu sendiri Hasil karya masyarakat melahirkan teknologi atau kebudayaan kebendaan yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi masyarakat terhadap lingkungan didalamnya -Sikap melindungi diri dari lingkungan alam : 1.Pada mulanya manusia menyerah. 2.Hasil karya teknlogi yang memberikan kemungkinan untuk memanfaatkan hasil alam

33 Koencara ningrat membagi kebudayaan menjadi tiga bahagian : 1.Wujud sebagai suatu komplek dari ide ide,gagasan nilai nilai,norma norma dan peraturan :Wujud tersebut masih merupakan ide ide dari kebudayaan yang memilki sifat abstrak tak dapat diraba dan tempatnya ada dialam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan itu hidup.

34 2.Wujud kebudayaan sebagai suatu komplek,aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. : Wujud ini diberinama Sistim sosial karena menyangkut tindakan berpola dari manusia itu sendiri.Wujud ini dapat di foto,didukumentasikan karena sistim sosial ini mendapat aktivitas manusia,dan berhubungan serta bergaul satu dengan yang lainnya dalam masyarakat.

35 3.Wujud Kebudayaan sebagai karya manusia : Wujud ini sering pula disebut kebudayaan fisik Contoh pendirain Candi Brobudur. Wujud kebudayaan ini merupakan perwujudan kebudayaan yang bersifat kongrit dalam bentuk materi.

36 Subtansi (isi ) utama kebudayaan merupakan wujud abrak dari semua macam ide dan gagasan manusia yang bermunculan di masyarakat yang memberi jiwa pada masyarakat itu sendiri baik dalam bentuk berupa : Sistim pengetahuan,Nilai,pandangan hidup,kepercayaan,persepsi dan etos kebudayaan.

37 1 Sistim Pengetahuan : Sistim pengetahuan yang dimiliki manisia sebagai mahkluk sosial merupakan suatu akumulasi dari perjalanan hidup nya dalam hal berusaha memahami :: a. Alam sekitar.b Alam flora di daerah tempat tinggal.c Alam fauna didaeah tempat tinggal.d. Zat zat bahan mentah dan benda benda dalam lingkungannya, e. Tubuh manusia f Ruang dan waktu.

38 Untuk memperoleh pengetahuan tersebut diatas maka manusia mempergunakan tiga jalan : a.Melalui pengalaman dalam kehidupan sosial. b.Berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui pendidfikan formal. c.Melalui petunjuk yang bersifat simbolik yang sering disebut sebagai komunikasi simbolis.

39 2.Nilai Nilai adalah sesuatu yang baik yang selalu diinginkan,dicita citakan dan dianggp penting oleh seluruh manusia sebagai anggota masyarakat. Sesuatu ysng memiliki nilai apabila berguna dan berarga. Antara lain. : Nnilai kebenaran, nilai keindahan,nilai moral atau etis, Nilai religius ( Agama.

40 Yang menentukan nilai di dunia ada 5 dasar :: 1.Hakekat hidup manusia (MH ) 2 Hakekat karya manusia (M.K.) 3.Hkekat waktu manusia (Mw ) 4.Hakekat alam manusia (MA ) 5. Hakekat hubungan antar manusia ( Kluchohn )

41 3.Pandangan Hidup : Merupakan pedoman dari suatu bangsa atau masyarakat dalam menjawab atau mengatasi berbagai masalah yang diadapinya. Pandangan hidup ini mengandung konsep nilai kehidupan yang dicita citakan sehingga pandangan hidup merupakan nilai nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh individu kolompok atau bangsa.

42 4.KEPERCAYAAN : yang mengandung arti yang luas dari pada agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang maha Esa.Dasar kepercayaan : a.Manusia memilki naluri untuk mengambakan diri yang maha tinggi yang dipandang mampu mengendalikan hidup manusia b.Hal ini muncul karena manusia tidak mampu menghadapi tantangan hidup.

43 5. Persepsi : Suatu titik tolak pemikiran yang tersusun dari seperangkat kata kata yang digunakan untuk memahami kejadian atau gejala dalam kehidupan. a.Persepsi sensorik yaitu persepsi yang terjadi tanpa mempergunakan salah satu indra manusia. b. Persepsi telepati: Pengetahuan a.Un tuk mengetahui kegiatan individu lain

44 c.Persepsi clairvoyance : Kemampuan melihat peristiwa atau kejadian ditempat lain. 6.Etos Kebudayaan : berarti watak,ciri khas. Etos sering tampat pada perilaku warga an : kegemaran waqrga masyarakat serta berbagai benda budaya hasil karya mereka dilauhat dari luar oleh orang asing. Misak Keb. Batak dilihat oleh orang Jawa sebagai Krb. Yang agresip dllnya.

45 -Sistim Budaya :merupakan komponen dari kebudayaan yang bersifat abstrak yang terdiri dari ; pikiran,gagasan,komsep,sistim keyakinan. Yang dalam bahasa Indonesia lebih lazim disebut Adat istiadat yang didalamnya mengandung norma yang menata tingkah laku manusia.

46 Sistim Kebudayaan ( Malinowski ) : 1.Sistim norma yng memungkinkan kerjasama anatara anggota masyarakat didalam upaya menguasai alam sekeliling. 2.Organisasi ekonomi 3.Alat alat dan lembaga pendidikan 4.Organisasi kekuatan.

47 Unsur pokok Kebudayaan menurut Herkovit : 1.Alat alat Teknologi 2. Sistim Ekonomi. 3. Keluarga 4 kekuasaan politik.

48 Pengelompokan kebudayaan daerah : 1.Keb Material : hasil cipta karsa yang berujud benda. Al gedung pabrik jalan dll 2.Keb Non Material :hasil cipta karsa yang berwujud kebiasaan adat istiadat,ilmu pengetahuan dsb. Contoh : Norma kelaziman,Norma kesusilaan,Norma hukum,Fishion.

49 Wujud Kebudayaan ditinjau dari segi dimensi : 1 Sistim budaya : Ide ide, gagasan,nilai nilai peraturan dsb. 2Sistim sosial Merupakan aktivitas yang berpola dari manusia dalam masyarakat /organisasi. 3. Sistim kebendaan Wujud kebudayaan fisik atau benda benda yang diciptakan manusia untuk memudahkan hidupnya.


Download ppt "Manusia sebagai Makhluk Budaya. Manusia sebagai makhluk Budaya 1.Bagian ini membahas tentang manusia sebagai makhluk budaya yang berkemampuan menciptakan:kebaikan,kebenaran,keadilan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google