Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia dan Lingkungan By: kangdadanthea. Terdapat hubungan mutualisme antara manusia dengan lingkungan Peradaban berkembang, Lingkungan Rusak, Manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia dan Lingkungan By: kangdadanthea. Terdapat hubungan mutualisme antara manusia dengan lingkungan Peradaban berkembang, Lingkungan Rusak, Manusia."— Transcript presentasi:

1 Manusia dan Lingkungan By: kangdadanthea

2 Terdapat hubungan mutualisme antara manusia dengan lingkungan Peradaban berkembang, Lingkungan Rusak, Manusia merugi Lingkungan: A. alam: Biotik dan Abiotik B. sosial: formal dan non formal

3 A. Manusia dan Lingkungan Alam Manusia mengawali dan mempertahankan hidupnya dgn cara berburu, meramu, ladang berpindah dan pertanian menetap (adaptasi ekologi). Artinya: 1. Sejak awal alam memanjakan manusia 2. Manusia tunduk terhadap alam

4 Alam sebagai anugerah vs Alam sebagai ancaman

5 Perubahan lingkungan alam 1. Kebutuhan manusia semakin meningkat 2. Ledakan penduduk 3. teknologi

6 Lingkungan berubah dan alam tidak bersahabat lagi dgn manusia: 1. Bencana alam: banjir, longsor 2. Penyakit: ISPA 3. Kemiskinan: hilangnya SDA 4. Kejahatan: Illegal Logging 5. Kehancuran generasi: punahnya kearifan lokal

7 B. Manusia dan Lingkungan Sosial Manusia tdk dapat hidup sendiri, tapi butuh orang lain (berinteraksi dan bersosialisasi). Dari interaksi, muncul kebudayaan dg bbg unsurnya: sistem kepercayaan, bahasa, simbol-simbol, pranata, teknologi, dll.

8 Wujud lingkungan sosial A. Non-Formal: Keluarga, masyarakat, gank B. Formal: Sekolah, pemerintahan

9 KELUARGA Sebagai unit atau satuan sosial terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga, anggota keluarga lain yang berkumpul dan tinggal dalam sebuah rumah tangga.

10 MASYARAKAT Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan mengahasilkan kebudayaan (Soemardjan)

11 Genk sekumpulan manusia yang terikat hubungan secara emosional karena persamaan “kesukaan” dgn tujuan yang cair (tidak permanen). Ex: genk Nero, genk motor, genk moge, dll.

12 Perubahan sosial-budaya Perspektif materialis Perspektif idealis Persfektif interaksional

13 Selesai, terimakasih


Download ppt "Manusia dan Lingkungan By: kangdadanthea. Terdapat hubungan mutualisme antara manusia dengan lingkungan Peradaban berkembang, Lingkungan Rusak, Manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google