Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANUSIA DAN LINGKUNGAN By. Djunijanto. TUJUAN 1. Saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan 2. Dampak perubahan lingkungan terhdp kehidupan manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANUSIA DAN LINGKUNGAN By. Djunijanto. TUJUAN 1. Saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan 2. Dampak perubahan lingkungan terhdp kehidupan manusia."— Transcript presentasi:

1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN By. Djunijanto

2 TUJUAN 1. Saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan 2. Dampak perubahan lingkungan terhdp kehidupan manusia 3. Pengolahan lingkungan

3 Manusia dan Lingkungan Hidup Konsep Geografi 1. Determinisme : manusia dipengaruhi oleh alam 2. Posibilisme : manusia mempengaruhi alam

4 Masyarakat dan kebudayaan Masyarakat : suatu organisasi kelompok manusia secara individu memiliki kebudayaan sendiri. Kebudayaan : suatu keseluruhan pandangan hidup suatu penduduk. Kebudayaan : suatu desain penduduk bagi kehidupannya

5 Isi dari setiap kebudayaan terdiri dari: 1. Sistem kepercayaan (ideologi) 2. Lembaga sosial (organisasi) 3. Ketrampilan indisutri dan peralatan (teknologi) 4. Barang-barang yg dimiliki (sumber daya) Sedangkan karakteristik susuanan kebudayaan secara eksplisit adalah sistem standarisasi dari bentuk-bentuk tingkah laku manusia.

6 Ahli geografi dari Jerman Carl Ritter ( ) Sangat perhatian terhdp sejarah perkembangan kebudayaan umat manusia yg berada di permukaan bumi. Pendapatnya: Tuhan menciptakan bumi sebagai sekolah bagi umat manusia, di tempat ini (bumi) manusia akan mengalami perkembangan prilaku bagi bangsa yg babarian yg sangat kejam menjadi bangsa yg beragama dan beradab. Kebudayaan akan mengalami perubahan terus menerus apakah adanya penemuan baru atau gagasan dari dalam maupun dari luar.

7 Konsep kebudayaan dalam geografi Alexander Van Humblodt ( ) Melalui pengetahuan dari hasil studi tentang lahan, iklim, dan vegetasi di Amerika latin juga mencoba membahas adanya perbedaan kebudayaannya. Contoh : Orang Eropa dengan Asia

8 Tokoh Aristoteles : mengeneralisasi ttg karakter nasional dan unsur politik. Bangsa di Eropa : mempunyai semangat juang yg tinggi, ttp lemah dalam inteligensinya, dan ketrampilan sehingga mereka hrs berjuang terus-menerus secara bebas (demokrasi). Penduduk Asia : mempunyai inteligensi yg tinggi dan kemampuannya unggul dlm temperamen tetapi tdk memiliki semangat juang yg tinggi. Penduduk Yunani : mempunyai karakter dari kedua-duanya karena letak yunani di tengah-tengah.

9 enviromentalisme Enviromentalisme sangat berperan penting dlm difusi dan akulturasi kebudayaan. Pandangan faham ini bahwa aktivitas manusia kondisinya sedemikian kuat dipengaruhi oleh lingkungan alam. Frederik Ratzal, orang pertama yg menyanggah keyakinan kaum inveromentalisme dalam argumentasi di salah satu esainya ia menegaskan posisi yg paling penting adl faktor kebudayaan.

10 MUTASI GEN MANUSIA Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada tingkat kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi-variasi baru pada spesies. Mutasi terjadi pada frekuensi rendah di alam, biasanya lebih rendah daripada 1: individu. Mutasi di alam dapat terjadi akibat zat pembangkit mutasi (mutagen, termasuk karsinogen), radiasi surya maupun radioaktif, serta loncatan energi listrik seperti petir. Individu yang memperlihatkan perubahan sifat (fenotipe) akibat mutasi disebut mutan. Dalam kajian genetik, mutan biasa dibandingkan dengan individu yang tidak mengalami perubahan sifat (individu tipe liar atau "wild type").

11 Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan DNA (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun organisme. Di dalam sel, DNA umumnya terletak di dalam inti sel.bahasa Inggris Asam ribonukleat (bahasa Inggris:ribonucleic acid, RNA) senyawa yang merupakan bahan genetik dan memainkan peran utama dalam ekspresi genetik.bahasa Inggris

12 HUJAN ASAM Istilah Hujan asam pertama kali diperkenalkan oleh Angus Smith ketika ia menulis tentang polusi industri di Inggris. Tetapi istilah hujan asam tidaklah tepat, yang benar adalah deposisi asam. Deposisi kering : Peristiwa terkenanya benda dan mahluk hidup oleh asam yang ada dalam udara. Ini dapat terjadi pada daerah perkotaan karena pencemaran udara akibat kendaraan maupun asap pabrik. Biasanya deposisi jenis ini terjadi dekat dari sumber pencemaran. Deposisi basah ialah turunnya asam dalam bentuk hujan. Deposisi asam dapat pula terjadi karena hujan turun melalui udara yang mengandung asam sehingga asam itu terlarut ke dalam air hujan dan turun ke bumi. Deposisi jenis ini dapat terjadi sangat jauh dari sumber pencemaran.

13 Hujan secara alami bersifat asam karena Karbon Dioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. Hujan pada dasarnya memiliki tingkat keasaman berkisar pH 5, apabila hujan terkontaminasi dengan karbon dioksida dan gas klorine yang bereaksi serta bercampur di atmosphere sehingga tingkat keasaman lebih rendah dari pH 5, disebut dengan hujan asam.

14 Pada dasarnya Hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SO2) dan nitrogen oxides (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui pembakaran. Sekitar 50% SO2 yang ada di atmosfer diseluruh dunia terjadi secara alami, misalnya dari letusan gunung berapi maupun kebakaran hutan secara alami. Sedangkan 50% lainnya berasal dari kegiatan manusia, misalnya akibat pembakaran Bahan Bakar, peleburan logam dan pembangkit listrik. Kadar SO2 tertinggi terdapat pada pusat industri di Eropa, Amerika Utara dan Asia Timur. Di Eropa Barat, 90% SO2 adalah antrofogenik. Di Inggris, 2/3 SO2 berasal dari pembangkit listrik batu bara, di Jerman 50% dan di Kanada 63%.

15 Senyawa SO2 dan NOx ini akan terkumpul di udara dan akan melakukan perjalanan ribuan kilometer di atsmosfer, disaat mereka bercampur dengan uap air akan membentuk zat asam sulphuric dan nitric. Disaat terjadinya curah hujan, kabut yang membawa partikel ini terjadilah hujam asam. Hujan asam juga dapat terbentuk melalui proses kimia dimana gas sulphur dioxide atau sulphur dan nitrogen mengendap pada logam serta mengering bersama debu atau partikel lainnya.

16 DAMPAK RUMAH KACA Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO 2 ) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO 2. Energi yang diserap dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar inframerah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO 2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan bumi. Selain gas CO2, yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO 2 ) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana dan klorofluorokarbon (CFC). Gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.

17 Akibat 1. Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. 2. Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030.

18 LUBANG LAPISAN OZON Lapisan Ozon terbentuk dari molekul-molekul Ozon yang terkonsentrasi di bagian stratosfir pada ketinggian 15 – 60 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini dapat menyerap radiasi UV sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan. Keberadaan Ozon sangat dipengaruhi oleh aktifitas manusia seperti penggunaan bahan perusak Ozon, misalnya senyawa Chloro Fluoro Carbon (CFC), Halon, Karbon tetraklorida dan Metil kloroform. Kerusakan lapisan Ozon disebabkan emisi molekul gas yang mengandung Klor dan Brom dari proses alamiah maupun aktifitas manusia. Radiasi matahari memecah molekul gas tersebut menjadi radikal Klor dan Brom. Radikal Klor dan Brom ini akan memecah ikatan gas-gas lain di stratosfir termasuk molekul Ozon. Reaksi yang terjadi menyebabkan molekul Ozon terpecah menjadi Oksigen dan radikal Oksigen. Karena reaksi tersebut berlangsung secara berantai maka konsentrasi ozon di stratosfir akan terus berkurang, sehingga akhirnya dapat membentuk lubang Ozon.

19 Dampak negatif pada manusaia misalnya dapat menimbulkan kanker kulit, katarak mata serta mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi. Pada tumbuhan, menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi lambat, bahkan kerdil, sehingga hasil panen menurun dan tanahan hutan rusak. Pada ekosistem air, intensitas UV yang berlebihan memusnahkan organisme kecil yang hidup di permukaan air. Phytoplankton sebagai sumber rantai makanan musnah sehingga memengaruhi kehidupan biota laut. Untuk menjaga kondisi Ozon tetap baik dapat dilakukan dengan membatasi/mengurangi emisi bahan perusak ozon menggantinya dengan bahan yang ramah Ozon, melestarikan hutan dan mencegah pembakaran hutan, serta mengurangi tingkat polusi dengan penggunaan sumber energi ramah lingkungan.

20 PERANGKAT MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Merupakan telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting dari suatu usaha atau kegiatan yg direncanakan thp lingk hidup dimana hasilnya sangat berkepentingan dan diperlukan dalam suatu proses pengambilan keputusan.

21 UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN Merup perangkat preventif dlm pencegahan dan penanggulangan dampak lingk yg merup dokumen yg dibuat pada fase perencanaan suatu kegitan pembangunan/proyek, sebagai kelengkapan dlm memperoleh perizinan.

22 Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) adalah upaya yang dilakukan dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup oleh penanggung jawab dan atau kegiatan yang tidak wajib melakukan AMDAL. Kegiatan yang tidak wajib menyusun AMDAL tetap harus melaksanakan upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan. Kewajiban UKL-UPL diberlakukan bagi kegiatan yang tidak diwajibkan menyusun AMDAL dan dampak kegiatan mudah dikelola dengan teknologi yang tersedia.

23

24 TUGAS DISKUSIKAN PENYELESAIAN Hal Hal. 2.32


Download ppt "MANUSIA DAN LINGKUNGAN By. Djunijanto. TUJUAN 1. Saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan 2. Dampak perubahan lingkungan terhdp kehidupan manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google