Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Hand Out Perkuliahan Manajemen Keuangan Pendidikan, Program S2 Universitas Galuh Tahun 2009 Oleh : Udin S. Sa’ud,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Hand Out Perkuliahan Manajemen Keuangan Pendidikan, Program S2 Universitas Galuh Tahun 2009 Oleh : Udin S. Sa’ud,"— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Hand Out Perkuliahan Manajemen Keuangan Pendidikan, Program S2 Universitas Galuh Tahun 2009 Oleh : Udin S. Sa’ud, Ph.D

2 RASIONAL Pembiayaan pendidikan merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan nasional pada berbagai jenis dan jenjang penddikan untuk memfasilitasi pelaksaaan kegiatan yang ditetapkan dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Pembiayaan pendidikan merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan nasional pada berbagai jenis dan jenjang penddikan untuk memfasilitasi pelaksaaan kegiatan yang ditetapkan dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Pemanfaatan dana secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan memerlukan sistem manajemen yang dapat memfasilitas para administrator/pengelola satuan pendidikan melaksanaan tugas secara benar dan teratur sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pemanfaatan dana secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan memerlukan sistem manajemen yang dapat memfasilitas para administrator/pengelola satuan pendidikan melaksanaan tugas secara benar dan teratur sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Pemahaman yang komprehensif terhadap konsep dasar, sistem, tujuan, dan aplikasi manajemen keuangan pendidikan merupakan bekal dasar bagi para administrator/pengelolan satuan pendidikan menafaatkan dana yang ersedia untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan secara efektif dan efisien. Pemahaman yang komprehensif terhadap konsep dasar, sistem, tujuan, dan aplikasi manajemen keuangan pendidikan merupakan bekal dasar bagi para administrator/pengelolan satuan pendidikan menafaatkan dana yang ersedia untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan secara efektif dan efisien.

3 KONSEP DASAR Manajemen Keuangan Pendididikan merupakan aplikasi konsep dan unsur-unsur manajemen dalam mengatur, memanfaatkan, dan mendayagunakan keuangan organisasi/satuan pendidikan unuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pendidikan secara efektif dan efisien melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, dan pengawasan secara sistematis dan sinergis. Manajemen Keuangan Pendididikan merupakan aplikasi konsep dan unsur-unsur manajemen dalam mengatur, memanfaatkan, dan mendayagunakan keuangan organisasi/satuan pendidikan unuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pendidikan secara efektif dan efisien melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, dan pengawasan secara sistematis dan sinergis. Manajemen Keuangan Pendidikan mencakup kegiatan penetapan sumber-sumber keuangan, pengalokasian dana yang tersedia, distribusi penggunaan secara benar, pengawasan dan pertanggungjawaban penggunaan dana Manajemen Keuangan Pendidikan mencakup kegiatan penetapan sumber-sumber keuangan, pengalokasian dana yang tersedia, distribusi penggunaan secara benar, pengawasan dan pertanggungjawaban penggunaan dana

4 FUNGSI MANAJAMEN KEUANGAN PENDIDIKAN Memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan sesuai dengan program kerja satuan pendidikan untuk mencapai tujuan-tujuan lembaga yang ditetapkan. Memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan sesuai dengan program kerja satuan pendidikan untuk mencapai tujuan-tujuan lembaga yang ditetapkan. Alat kontrol penilaian kinerja orang/kelompok orang dalam melaksanakan kegiatan organisasi sesuai dengan tupoksi masing-masing. Alat kontrol penilaian kinerja orang/kelompok orang dalam melaksanakan kegiatan organisasi sesuai dengan tupoksi masing-masing. Acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam program pendidikan di sekolah/satuan pendidikan dalam melaksanakan tupoksinya, sehingga program-program sekolah dapat dilaksanakan secara benar. Acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam program pendidikan di sekolah/satuan pendidikan dalam melaksanakan tupoksinya, sehingga program-program sekolah dapat dilaksanakan secara benar.

5 TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI TINGKAT SEKOLAH/SATUAN PENDIDIKAN 1. Memanfaatkan dana yang tersedia secara optimal berdasarkan prioritas kegiatan yang ditetapkan. 2. Mensinergikan kegiatan antar bidang secara harmonis untuk mencapai tujuan-tujuan sekolah/satuan pendidikan. 3. Mengembangkan perilaku transparancy dan akuntabilitas dari pemanfaatan keuangan sekolah sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

6 JENIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI TINGKAT SEKOLAH (PP N0.48/2008) Biaya investasi, yaitu biaya untuk sarana dan parasaran dasar penyelenggaraan pendidikan. Biaya investasi, yaitu biaya untuk sarana dan parasaran dasar penyelenggaraan pendidikan. Biaya operasi, yaitu biaya untuk mengoperasikan kegiatan yang ditetapkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Biaya operasi, yaitu biaya untuk mengoperasikan kegiatan yang ditetapkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Biaya personal, yaitu biaya yang diperlukan untuk kepenting pribadi peserta didik dalam proses pendidikan. Biaya personal, yaitu biaya yang diperlukan untuk kepenting pribadi peserta didik dalam proses pendidikan.

7 SEMOGA BERMANFAAT TERIMA KASIH WASSALAMU’ALAIKUM WR,WB


Download ppt "MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Hand Out Perkuliahan Manajemen Keuangan Pendidikan, Program S2 Universitas Galuh Tahun 2009 Oleh : Udin S. Sa’ud,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google