Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA AKADEMIS PENULISAN KARYA ILMIAH Sumber dari: R.Soedradjad/Bab IX : Etika Penulisan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA AKADEMIS PENULISAN KARYA ILMIAH Sumber dari: R.Soedradjad/Bab IX : Etika Penulisan."— Transcript presentasi:

1 ETIKA AKADEMIS PENULISAN KARYA ILMIAH Sumber dari: R.Soedradjad/Bab IX : Etika Penulisan

2 Tridharma Perguruan Tinggi Pengabdian Pada Masyarakat Pendidikan dan Pengajaran Penelitian Tridharma Perguruan Tinggi Hasil

3 TUGAS UTAMA : Mendorong, Mengembangkan, Memantapkan KEBEBASAN ILMIAH Harus ada Pedoman Moral ( E T I K A )

4 akan terwujud apabila ada Kemandirian dalam Kegiatan Akademis ETIKA AKADEMIS ? K E J U J U R A N (dalam mencari dan menemukan kebenaran serta mengungkapkannya)

5 1.Bekerja dengan JUJUR. 2.Jangan Menukangi DATA. 3.Selalu bertindak TEPAT, TELITI dan CERMAT. 4.Berlaku ADIL terhadap pendapat orang lain yang muncul terlebih dahulu. 5.Jauhilah pandangan BERBIAS terhadap data dan pemikiran orang lain. 6.Jangan BERKOMPROMI tetapi usahakanlah menyelesaikan permasalahan secara tuntas. PEDOMAN KERJA BAGI ILMUWAN :

6 Tidak menggunakan hasil pemikiran/ temuan/ teori yang dimiliki ilmuwan lain yang sudah ada, tanpa menyebutkan namanya sebagai acuan untuk karya tulis ilmiah. KEJUJURAN, dalam pengertian :

7  OBYEKTIF, (berdasarkan kondisi faktual)  UP TO DATE, (yang ditulis merupakan perkembangan ilmu paling akhir)  RASIONAL, (berfungsi sebagai wahana penyampaian kritik timbal-balik)  RESERVED, (tidak overcliming, jujur, lugas dan tidak bermotif pribadi)  EFEKTIF dan EFISIEN (tulisan sebagai alat komunikasi yang berdaya tarik tinggi) KRITERIA TULISAN ILMIAH (dipandang dari sudut etika akademis)

8 1. Mempersiapkan mahasiswa agar dapat menjalankan pekerjaan tertentu (ada jalur akademis dan profesional) 2. Pusat perubahan revolusioner (PT sering menjadi titik pangkal atau sumber perubahan mendasar di dunia IPTEKS, berlandaskan intelektualitas yang memihak pada INTEGRITAS ILTELEKTUAL dan KEBEBASAN AKADEMIK) TUGAS DAN KEWAJIBAN PERGURUAN TINGGI :

9 Alur Pengembangan Produk Perguruan Tinggi yang Bermanfaat bagi Masyarakat :


Download ppt "ETIKA AKADEMIS PENULISAN KARYA ILMIAH Sumber dari: R.Soedradjad/Bab IX : Etika Penulisan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google