Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PASCA SERTIFIKASI, LALU APA? Bahan Presentasi Forum Sertifikasi Dosen IAIN Sunan Ampel 14-15 Nopember 2008 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PASCA SERTIFIKASI, LALU APA? Bahan Presentasi Forum Sertifikasi Dosen IAIN Sunan Ampel 14-15 Nopember 2008 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi."— Transcript presentasi:

1 PASCA SERTIFIKASI, LALU APA? Bahan Presentasi Forum Sertifikasi Dosen IAIN Sunan Ampel Nopember 2008 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel

2 VISI DAN MISI IAIN SUNAN AMPEL Visi IAIN Sunan Ampel adalah menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitif. Misi IAIN Sunan Ampel adalah: menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan berdaya saing, mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat berbasis religiositas keislaman.

3 TRADISI IAIN KE DEPAN2TradisiKerjaKeras 3TradisiKohesiSosial 4TradisiReligiositas 5TradisiManajemenBerbasisMutu 1TradisiKeilmuan

4 BUDAYA AKADEMIK Tersedia jaminan mutu (Quality Assurance) Tersedia perpustakaan yang berkualitas (ILL, digital Library, OPAC, dsb) Tersedia ICT Tersedia Laboratorium yang berbasis kebutuhan Tersedia infrastruktur pendidikan (kelas, ruang diskusi, seminar, ruang dosen, ruang pimpinan dan sebagainya)

5 BUDAYA AKADEMIK Terselenggara forum diskusi, seminar dan workshop Terselenggara tradisi akademik berbasis kebutuhan mahasiswa (pembelajaran berbasis kebutuhan, seperti program bahasa asing, ketrampilan komputer dan sebagainya) Terselenggara tradisi penulisan ilmiah baik berbasis riset lapangan atau pemikiran Terselenggara eksperimentasi pengembangan masyarakat

6 BUDAYA AKADEMIK Dihasilkan dosen yang memiliki kapabilitas Dihasilkan karya tulis ilmiah melalui jurnal, koran, majalah dan buku) Dihasilkan karya ilmiah berupa research report yang out standing. Dihasilkan out put dan out come pendidikan yang memadai.

7 JUMLAH PENGGUNA INTERNET Berdasarkan catatan, bahwa pengguna TI khususnya internet, maka di Indonesia terdapat sebanyak 20 juta orang atau kira- kira 9% dari total penduduk Indonesia. Perkembangan dalam setiap tahun sangat signifikan. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2007 diperkirakan bertambah sebanyak 5 juta orang.

8 PENGGUNA INTERNET Menurut Internet World Stats (IWS), tahun 2000 pengguna Internet di Indonesia baru 2 juta orang. Kemudian dalam kurun waktu 6 tahun meningkat menjadi 18 juta orang atau tingkat penetrasi sebesar 9,1%. Indonesia berada di urutan tengah bersama tiga negara lainnya, yaitu Brunei Darusalam, Thailand dan Filipina dengan angka penetrasi yang hampir berimbang, yaitu masing-masing 14,2%,12,7% dan 9,1%. Namun Indonesia masih jauh dibanding Singapura dan Malysia.

9 KARYA ILMIAH DIJURNAL Dari aspek karya ilmiah jurnal, maka Indonesia juga kalah dibanding Singapura bahkan dengan Nepal. Jumlah jurnal ilmiah Indonesia dalam skala internasional hanya menempati prosentase sebesar 0,012%, sementara Nepal 0,014% dan Singapura 0,179%. Nilai prosentase tersebut diperoleh dari jumlah naskah jurnal ilmiah Indonesia yang dikutip oleh penerbit internasional. Salah satu sebabnya adalah karena masih jarang hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan sehingga tidak dikenal oleh komunitas ilmiah internasional. Ilmuwan Indonesia jarang memasukkan karya ilmiahnya ke dalam jurnal, sehingga karyanya tersebut tidak dikenal oleh masyarakat. Hal ini sangat berbeda dengan Singapura, di mana masyarakat ikut serta menanyakan tentang publikasi hasil penelitian yang didanai oleh APBN.

10 DOSEN KE DEPAN Kenaikan gaji dan tunjangan tentunya harus berimplikasi terhadap kinerja dosen, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam mengemban tugas darma perguruan tinggi lainnya. Makanya, dosen harus dapat menunjukkan kualitas maksimalnya. Misalnya meningkatnya jumlah karya tulis yang dihasilkannya dalam setiap tahun, berupa buku, artikel, dan paper ilmiah yang berhasil dipublikasikan, serta karya inovatif lainnya.

11 TUGAS KE DEPAN Dosen harus memenuhi standart pelayanan minimal (SPM), sebab yang menjadi tujuan pokok proses pelayanan jasa pendidikan adalah kepuasan pelanggan. Dosen memanggul tugas untuk menjaga bangunan imej yang sudah terbentuk. Pengembangan kewibawaam individu dosen diikuti dengan pengembangan kewibawaan institusi.

12 TERAKHIR Mari kita wakafkan hidup ini pada pilihan profesi yang sudah kita pilih. Wassalam


Download ppt "PASCA SERTIFIKASI, LALU APA? Bahan Presentasi Forum Sertifikasi Dosen IAIN Sunan Ampel 14-15 Nopember 2008 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google