Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Bahan-bahan dan Rantai Suplai Sesi 4: Memadukan Semuanya & Penerapan Pemulihan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Bahan-bahan dan Rantai Suplai Sesi 4: Memadukan Semuanya & Penerapan Pemulihan."— Transcript presentasi:

1 Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Bahan-bahan dan Rantai Suplai Sesi 4: Memadukan Semuanya & Penerapan Pemulihan dan Rekonstruksi Hijau: Panduan Pelatihan untuk Bantuan Kemanusiaan PANDUAN HIJAU UNTUK

2 2 Mod 5 Ses 4 Tujuan Sesi 4 Di akhir sesi ini, Anda diharapkan mampu:  menjelaskan manfaat dan batas-batas dalam pembuatan keputusan berwawasan lingkungan untuk pemilihan dan pengadaan bahan bangunan pasca bencana  menerapkan pelajaran yang diperoleh dari lokakarya ini pada tugas dan proyek Anda sendiri

3 3 Mod 5 Ses 4 Soal Biaya  Apakah pemilihan bahan dan pengadaan ‘hijau’ lebih mahal biayanya? Tidak – perancangan yang baik serta penggabungan bahan dan pengadaan hijau ke dalam proyek, di awal proses bahkan dapat lebih menekan pengeluaran Ya. Ada beberapa bahan ‘hijau’ tertentu yang memang lebih mahal. Selain itu, rencana sertifikasi (khususnya sertifikasi proses atau produk baru) memang perlu biaya. Pertanyaannya di sini adalah “bukankah biaya itu setara dengan manfaatnya”?” Apa pengalaman Anda? Apa yang mesti dilakukan?

4 4 Mod 5 Ses 4 Batasan-batasan dalam Memperoleh Bahan dan Pengadaan Hijau Apa saja hambatan yang Anda temui ketika memilih bahan yang lebih ‘hijau’ atau ketika melakukan pengadaannya secara lebih berwawasan lingkungan? Apakah Anda merasa “terbelenggu” saat hendak bertindak?

5 5 Mod 5 Ses 4 Sedikit contoh…  Analisis jelas membutuhkan waktu.  Ada beberapa prosedur analisis yang mungkin tidak cocok diterapkan dalam konteks lokal.  Isu-isu kemanusiaan yang ada di depan mata mungkin perlu diberi prioritas.  Lainnya?

6 6 Mod 5 Ses 4 Peluang  Sertakanlah faktor- faktor lingkungan ketika melakukan analisis manfaat-biaya terhadap opsi-opsi pemilihan bahan dan pengadaan.

7 7 Mod 5 Ses 4  Perancangan agar hemat bahan (dan bahan yang energi riilnya (ER) lebih rendah)

8 8 Mod 5 Ses 4 Gunakan sumber-sumber lokal (jika hal ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih berkelanjutan). Hindari terbuangnya bahan selama proses pengadaan dan transit. Dua orang remaja sedang membuat campuran tanah dan air yang digunakan untuk membangun rumah mereka di Haveli, India UN HABITAT photo

9 9 Mod 5 Ses 4 Kenali bahan-bahan yang memiliki kandungan daur ulang Beton, misalnya, dapat dikenali sebagai bahan yang memiliki persentase tertentu untuk agregat daur ulang dari penghancuran struktur bangunan yang rusak.

10 10 Mod 5 Ses 4  Gunakan kembali puing-puing sisa bencana sebagai bahan rekonstruksi State of Connecticut – Department of Encvironemntal Protection photo

11 11 Mod 5 Ses 4  Dukung pengambilan bahan yang berkelanjutan dan dengan cara yang legal Kekurangan kayu di Sudan Utara kini diupayakan agar dapat terpenuhi, terutama melalui metode penebangan kayu yang berkelanjutan di Sudan Tengah. Alternatif yang layak dan berkelanjutan tersebut dapat pula berupa meningkatnya pemanfaatan perkebunan (untuk diambil kayunya). UNEP photo – Jun Sudan

12 12 Mod 5 Ses 4  Pelajari arti, peluang dan batasan-batasan standar dan merek dalam sertifikasi lingkungan

13 13 Mod 5 Ses 4  Gunakan bahan-bahan berkelanjutan untuk mengurangi kerentanan terhadap bencana di masa mendatang. Carilah tempat di mana Anda bisa membangun kapasitas masyarakat lokal ketika bahan dan sistem setempat digunakan. UN Photo/Eskinder Debebe Kayu dari Hutan Nasional Tapajos – satu-satunya hutan di Brasil yang menerapkan program manajemen bagi produksi kayu industri secara berkelanjutan

14 14 Mod 5 Ses 4 Aceh, Indonesia, 2005 – Bangunan rumah yang sudah direkonstruksi berdiri di samping tenda darurat. UN HABITAT photo  Jangan biarkan tekanan jangka pendek memengaruhi keputusan proyek jangka panjang. Sempatkan untuk memilih bahan-bahan terbaik untuk rekonstruksi, segera setelah kebutuhan lainnya yang lebih mendesak telah terpenuhi.

15 15 Mod 5 Ses 4 Forum Tanya Jawab

16 16 Mod 5 Ses 4 Penyegaran  Kuis pendek ini akan membantu kita mengetahui seberapa baik pemaparan materi hari ini.

17 17 Mod 5 Ses 4 Evaluasi Lokakarya  Isilah lembaran evaluasi. Masukan dari Anda akan membantu kami memperbaiki materi pelatihan ini di masa mendatang.

18 18 Mod 5 Ses 4 Penutup Terima Kasih.


Download ppt "Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Bahan-bahan dan Rantai Suplai Sesi 4: Memadukan Semuanya & Penerapan Pemulihan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google