Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi bermain  Suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang, sukarela, bersungguh- sungguh tetapi bukan merupakan suatu kesunguhan atau keharusan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi bermain  Suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang, sukarela, bersungguh- sungguh tetapi bukan merupakan suatu kesunguhan atau keharusan,"— Transcript presentasi:

1

2 Definisi bermain  Suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang, sukarela, bersungguh- sungguh tetapi bukan merupakan suatu kesunguhan atau keharusan, dan semata-mata hanya memperoleh kesenangan dari bermainnya.  Bermain adalah tindakan atau kesibukan suka rela yang dilakukan dalam batas-batas tempat dan waktu

3 Syarat-syarat Bermain  Mempunyai tujuan, yaitu permainan itu sendiri untuk mendapatkan kepuasan  Memilih dengan bebas dan atas kehendak sendiri, tidak ada paksaan  Menyenangkan dan dapat dinikmati  Mengkhayal untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas  Melakukan secara aktif dan sadar

4 Alasan Bermain  Pada umumnya manusia sangat senang mobilitas, dari pada duduk berdiam diri, bergerak dan dinamis itulah jatidirinya.  Manusia dewasa maupun anak-anak sangat membutuhkan pengalaman yang kaya, bervariasi, bermakna sekaligus mengasyikkan.  Otak usia anak-anak sangat senang dengan hadirnya sesuatu yang baru, menarik, menantang, dan menakjubkan  Permainan cenderung menstimuli otak, apalagi dengan melibatkan indra manusia secara seluruhan (visual, audio, dan kinetic ). Dalam permainan semuanya akan terlibat.  Pengulangan (repetitive]) diperlukan dalam pembelajaran, namun nuansa acapkali membonceng kebosanan. Permainan akan menjadi jembatannya.  Fetique (kelelahan ) selalu muncul dalam situasi yang kurang menyenangkan, dengan permainan hambatan ini menjadi terkurangi.

5 Tujuan Bermain  Membangun konsep diri  Mengembangkan kreativitas  Mengembangkan komunikasi  Mengembangkan aspek fisik dan motorik  Mengembangkan aspek sosial  Mengembangkan aspek emosi dan kepribadian  Mengembangkan aspek kognisi  Mengasah ketajaman penginderaan  Mengembangkan ketrampilan tari dan olahraga

6 Fungsi bermain dalam pendidikan Menurut A.Bigot, Kohstam, dan Palland :  Wahana hidup bermasyarakat ( tumbuh kebersamaan)  Mengetahui kekuatannya,alat bermain dan sifat alat.  Mengungkapkan sifat aslinya ( perlakuan berbeda antara laki dan perempuan )  Mengungkapkan emosinya, tidak mengarah pada prestasi  Senang,gembira, dan bahagia dalam dunia anak,  Pembinaan watak jujur dalam bermain ( fair play )  Bahaya dalam bermain merupakan pembelajaran hidup

7 Permainan dalam penjas  Permainan Invasion (Sepak Bola, Bola Basket, dll)  Permainan Net dan Dinding (Bolavoli, Bulutangkis, Tenis Meja, Squash, dll)  Permainan Striking/Fielding (Softball, Baseball, dll)  Permainan Target (Golf, Bowling, dll)  Permainan Tradisional (gobak sodor, bentik, dll)

8 fungsi bermain dalam penjas 1. Pertumbuhan dan Perkembangan anak. 2. Kemampuan Gerak 3. Kesegaran Jasmani 4. Kesehatan 5. Sasaran psikis 6. Rasa Sosial 7. Sasaran Rasa Ketuhanan

9 Modifikasi Permainan  Pemain  Tujuan  Pergerakan pemain  Perlengkapan  Organisasi  Jarak/area  Peraturan  Keterampilannya

10

11

12

13 permainan lompat

14 permainan Jala Ikan


Download ppt "Definisi bermain  Suatu kegiatan yang dilakukan dengan rasa senang, sukarela, bersungguh- sungguh tetapi bukan merupakan suatu kesunguhan atau keharusan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google