Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pilihan Kata (Diksi). Pengertian Diksi Pilihan kata atau diksi adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pilihan Kata (Diksi). Pengertian Diksi Pilihan kata atau diksi adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa."— Transcript presentasi:

1 Pilihan Kata (Diksi)

2 Pengertian Diksi Pilihan kata atau diksi adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa Contoh kata mati bersinonim dengan mampus, meninggal, wafat, mangkat, tewas, gugur, berpulang, kembali keharibaan, dan lain sebagainya.

3 Syarat Ketepatan Pemilihan Kata 1.Dapat membedakan antara denotasi dan konotasi 2.Dapat membedakan kata-kata yang hampir bersinonim 3.Dapat membedakan kata-kata yang hampir mirip dalam ejaan 4.Dapat memahami dengan tepat makna kata-kata abstrak 5.Dapat memakai kata penghubung yang berpasangan secara tepat 6.Dapat membedakan antara kata yang umum dan kata khusus

4 Perbandingan kata Indonesia-Inggris dalam upaya mendapatkan diksi yang tepat IndonesiaInggris Perencanaan rencana jadwal acara rancangan, desain planning plan schedule agenda design hampa, vacum lompong kosong blanko luang vacuum void empty blank free

5 Kesalahan Pemakaian Gabungan Kata yang mana, di mana, daripada 1.*Marilah kita dengarkan sambutan yang mana akan disampaikan oleh Pak Lurah. 2.*Demikian tadi sambutan Pak Lurah di mana beliau telah menghimbau kita untuk lebih tekun bekerja. 3.*Tujuan daripada pertemuan in adalah untuk memperkenalkan pejabat baru di lingkungan unit kerja kita.

6 Perbaikan Kesalahan Pemakaian Gabungan Kata yang mana, di mana, daripada 1.Marilah kita dengarkan sambutan yang akan disampaikan oleh Pak Lurah. 2.(a) Demikian tadi sambutan Pak Lurah. (b) Beliau telah menghimbau kita untuk lebih tekun bekerja. 3Tujuan pertemuan in adalah untuk memperkenalkan pejabat baru di lingkungan unit kerja kita.

7 Kesalahan Pemakaian Kata dengan 1.*Sampaikan salam saya dengan Dona. 2.* mari kita tanyakan langsung dengan dokter ahlinya. 3.*Rumahnya diagunkan dengan bank.

8 Perbaikan Kesalahan Pemakaian Kata dengan 1.Sampaikan salam saya kepada Dona. 2.mari kita tanyakan langsung kepada dokter ahlinya. 3.Rumahnya diagunkan kepada bank.

9 Kesalahan pemakaian kata berbahagia 1.Selamat malam dan selamat datang di tempat yang berbahagia ini. 2.Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak hadirin untuk …

10 Perbaikan kesalahan kemakaian kata berbahagia 1.Selamat malam dan selamat datang di tempat yang indah ini. 2.Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak hadirin untuk …

11 HOMONIM, HOMOFON, HOMOGRAF Homonim: Kata yang memiliki kesamaan ejaan, bunyi, dan berbeda maknanya dengan kata lain. “Tahu” Homofon: Kata yang memilki kesamaan bunyi, ejaan dan maknanya berbeda “bank&bang” Homograf: Kata yang memilik kesamaan ejaan/tulisan, bunyi dan makna berbeda. “apel”

12 TUGAS 1.Buatlah sinomim dan antonimnya! 1.Sedih, tampan, baik, benar 2.Buatlah 3 contoh kata untuk masing- masing jenis kata berikut ini. 1.Homonim, homofon, homograf 3.Buatlah 5 contoh kata umum beserta kata khususnya.

13 4. Perbaikilah kalimat berikut! a. Berikan uang ini dengan Dona. b. Mari bergabung dengan mereka. c. Waktu dan tempat kami persilahkan. d. Dia bertingkah laku tidak senonoh kepada temannya, sehingga dia tidak mempunyai banyak teman. e. Sekarang jam 5 sore.

14 Sekian dan Terima kasih


Download ppt "Pilihan Kata (Diksi). Pengertian Diksi Pilihan kata atau diksi adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google