Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kualitas Fluida Membran Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Nama: Siti Amelia NIM : 109016100040 Biologi 3B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kualitas Fluida Membran Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Nama: Siti Amelia NIM : 109016100040 Biologi 3B."— Transcript presentasi:

1 Kualitas Fluida Membran Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Nama: Siti Amelia NIM : Biologi 3B

2 Pendahuluan Puji syukur kepada allah SWT yang telah mengizinkan saya menyelesaikan tugas media ini. Rasa terima kasih saya ucapkan kepada dosen media pembelajaran Ibu Yanti Herlanti yang telah membimbing saya, keluarga saya yang mendukung secara moril maupun materil serta teman-teman yang memberikan dukungannya.

3 Pengantar Struktur membran ialah dua lapis lipid (lipid bilayer) dan memiliki permeabilitas tertentu sehingga tidak semua molekul dapat melalui membran sel. Struktur membran sel yaitu model mozaik fluida yang dikemukakan oleh Singer dan Nicholson pada tahun Pada teori mozaik fluida membran merupakan 2 lapisan lemak dalam bentuk fluida dengan molekul lipid yang dapat berpindah secara lateral di sepanjang lapisan membran. Protein membran tersusun ecara tidak beraturan yang menembus lapisan lemak. Jadi dapat dikatakan membran sel sebagai struktur yang dinamis dimana komponen-komponennya bebas bergerak dan dapat terikat bersama dalam berbagai bentuk interaksi semipermanen. Komponen penyusun membran sel antara lain adalah phosfolipids, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.

4 Menu Apa Itu Membran? Apa Itu Fluida? Bagaimana Membran berinteraksi? Bagaimana Protein dan lipid berpindah dalam membran? Bagaimana protein membran bergerak? Sejauh mana fluidalitas membran itu?

5 Apa itu membran? Fitur universal yang dimiliki oleh semua jenis sel berupa lapisan antarmuka yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel, terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.

6 Apa itu Fluida? zat yang dapat mengalir, misalnya zat cair dan gas.

7 Membran tidak berikatan kuat di tempatnya karena interaksi hidrofobik yang lemah Bagaimana Membran berinteraksi?

8 Interaksi Hidrofobik yang lemah antar membran

9 Interaksi hidrofobik adalah prinsip fisika dasar yaitu partikel hidrofobik (menolak air) berakumulasi dalam lingkungan yang aqueous dan terikat satu sama lain melalui kekuatan molekul air di sekitarnya.

10 Sebagian besar protein dan lipid berpindah secara acak dalam bidang membrannya dan jarang menukar tempat secara melintang Bagaimana Protein dan lipid berpindah dalam membran?

11 Pergerakan lipid dalam membran

12 Sebagian protein membran bergerak lambat dan sangat terarah Sebagian besar protein membran bergerak lambat dan terarah dibandingkan dengan fosfolipid Bagaimana protein membran bergerak?

13 Ilustrasi Gerak Lipid dan Protein Seperti ini geraknya...

14 Fluidalitas Membran Membran yang mengandung banyak fosfolipid dengan ekor hidrokarbon tidak jenuh tetap berwujud fluida pada suhu tertentu Sejauh mana fluidalitas membran itu?

15 Membran berwujud fluida dan kental

16 Fluidalitas membran Pada suhu tertentu, membran akan kurang bersifat fluida karena kolestrol menghambat penyusunan rapat fosfolipid. Sejauh mana fluidalitas membran itu?

17 Kolestrol yang menghambat penyusunan rapat fosfolipid dalam membran

18 Fluidalitas membran Membran bersifat fluida agar bekerja dengan baik Sejauh mana fluidalitas membran itu?

19 Perbandingan fluidalitas membran Membran yang bekerja dengan baik Membran yang kerjanya tidak baik

20 Terima Kasih


Download ppt "Kualitas Fluida Membran Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Nama: Siti Amelia NIM : 109016100040 Biologi 3B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google