Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan fisik dan kognitif masa dewasa awal Kelompok 3 :  Anisa Dewi Z (2013.71.001)  Aulia Rabiaturisky (2013.71.036)  Ayu Kumala Sari (2013.71.055)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan fisik dan kognitif masa dewasa awal Kelompok 3 :  Anisa Dewi Z (2013.71.001)  Aulia Rabiaturisky (2013.71.036)  Ayu Kumala Sari (2013.71.055)"— Transcript presentasi:

1 Perkembangan fisik dan kognitif masa dewasa awal Kelompok 3 :  Anisa Dewi Z ( )  Aulia Rabiaturisky ( )  Ayu Kumala Sari ( )  Dara Arfina Bella ( )  Febi Mantovanni ( )  Tina Hidayat ( )  Yogi Tiara F ( )

2 Apa itu perkembangan ?  Serangkain perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.  Perkembangan berarti perubahan secara kualitatif (Van Den Daele)

3 Dewasa Awal (Young Adult) Usia 18 – 40 tahun

4 Masa Dewasa Awal Masa dewasa ini dimulai pada umur 18 tahun sampai kira-kira umur 40 tahun, saat perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang menyertai berkurangnya kemampuan reproduktif. Masa dewasa ini dimulai pada umur 18 tahun sampai kira-kira umur 40 tahun, saat perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang menyertai berkurangnya kemampuan reproduktif.

5 Perkembangan Masa Dewasa Awal Terdapat beberapa perkembangan dalam diri dewasa awal (young adulthood) yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan fisik, kognitif dan psikososial (Papalia, Olds & Feldman, 2007).

6 Perkembangan Fisik Masa Dewasa Awal

7 Kebanyakan orang dewasa awal berada di puncak kesehatan, kekuatan, energi dan daya tahan, serta di puncak fungsi sensori dan motorik. Kesehatan pada sebagian orang dipengaruhi oleh faktor perilaku, namun dapat juga dipengaruhi oleh faktor gen (Papalia, Olds & Feldman, 2007).

8 Pada masa dewasa awal ini terdapat pula tiga masalah penting yang berkaitan dengan masalah reproduksi, seperti : 1) Premenstrual syndrome Gangguan yang menyebabkan ketidak nyamanan fisik dan ketegangan emosi selama 2 minggu sebelum menstruasi, seperti lelah, sakit kepala, keram, bertambahnya berat badan, cemas, dan lain lain. 2) Sexually transmitted disease / penyakit menular sexual Hal ini bisa disebabkan oleh seks bebas

9 3) Infertelitas Ketidak mampuan untuk menghasilkan anak setelah 12 – 18 bulan berusaha melakukan hubungan seksual secara rutin.

10 Perkembangan Fisik Masa Dewasa Awal Menurut Santrock Menurut Santrock (dalam Lim, 2011) aspek aspek perkembangan fisik meliputi beberapa hal yaitu: 1) Kekuatan dan energi. 2) Ketekunan. 3) Motivasi

11 Perkembangan Kognitif Masa Dewasa Awal

12 Perkembangan Kognitif Masa Dewasa Awal Menurut Piaget Pada perkembangan kognitif, meskipun Piaget menyatakan bahwa dewasa muda berada pada tahap berpikir formal operational sebagai tahapan yang terakhir, namun beberapa ilmuwan menyatakan bahwa perkembangan kognitif terus berlanjut diluar tahapan tersebut.

13 Beberapa teori yang menyempurnakan pandangan Piaget adalah: 1) Reflective thinking Merupakan jenis berfikir logis yang sering terjadi pada masa dewasa, dimana terjadi proses informasi dan keyakinan yang berkelanjutan, evaluasi aktif berdasarkan bukti dan implikasi. Hal ini pertama kali dikemukakan oleh John Dewey.

14 2) Postformal thought Merupakan tahap kognisi orang dewasa yang tertinggi, ditandai dengan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian, tidak konsistensi, kontradiksi, ketidaksempurnaan, dan kompromi. Beberapa kriteria postformal thought adalah : a. Shifting gears Mampu mengalihkan antara penalaran abstrak dan praktis. b. Problem definition Mampu mendefinisikan masalah.

15 c. Process product shift Mampu menyelesaikan masalah baik melalui proses umum lewat permaslahannya yang hamper sama maupun melalui solusi kongkrit. d. Pragmatism Mampu memilih yang terbaik dari antar solusi logis. e. Multiple solutions Kesadaran bahwa masalah memiliki lebih dari satu penyebab.

16 f. Awareness of paradox Mengenali bahwa masalah atau solusi merupakan konflik yang tidak tuntas. g. Self refrential thought Kesadaran untuk melakukan penilaian terhadap solusi mana yang logis. Dapat dikatakan orang tersebut menggunakan postformal thought.

17 Perkembangan Kognitif Masa Dewasa Awal menurut Schaie Berbeda dengan Piaget, Schaie melihat bahwa perkembangan kognitif dewasa awal dengan memperhatikan perkembangan intelektual dalam konteks social.

18 Terdapat 7 tahap perkembangan Sachie, yaitu: 1) Acquisitive stage ( kanak kanak dan remaja) 2) Achieving stage ( remaja akhir atau awal 20 tahun – awal 30 tahun) 3) Responsible stage ( akhir tahun 30 – awal 60 tahun) 4) Executive stage (30 – 40 tahun – paruh baya) 5) Reorganizational stage ( akhir paruh baya – awal lansia) 6) Reintegrative stage ( lansia) 7) Legacy creating stage ( di atas lansia)

19 Perkembangan Kognitif Masa Dewasa Awal Menurut Stanberg Sejalan dengan Sachie, menurut Sternberg perkembangan kognitif pada dewasa muda dapat dilihat dari aspek kecerdasannya. Menurut Sternberg, ada 2 aspek kecerdasan yang luput dari pengujian psikometri: Sejalan dengan Sachie, menurut Sternberg perkembangan kognitif pada dewasa muda dapat dilihat dari aspek kecerdasannya. Menurut Sternberg, ada 2 aspek kecerdasan yang luput dari pengujian psikometri: 1)Experiental element atau insight yang kreatif 2)Contextual element atau kecerdasan praktis.

20 Insight And Know-How Menurut Stenberg : “Orang yang berhasil dibangku pendidikan belum tentu berhasil dalam pekerjaan”

21 Perkembangan Kognitif Masa Dewasa Awal Menurut Peter Salovey & John Mayer Peter Salovey & John Mayer menciptakan istilah emotional intelligence (EI), yaitu kemampuan untuk memahami dan mengatur emosi. Menurut Golemen terdapat kompetensi EI pada dewasa awal, yaitu: 1) Self awereness Emotional self awereness, penilaian diri yang akurat dan percaya diri. 2) Self management Kontrol diri, kepercayaan, kesungguhan, adaptasi, dorongan mencapai hasil, dan inisiatif.

22 3) Social awereness Empati, orientasi pelayanan, dan kesadaran organisasi 4) Relationship management Membangun orang lain, menggunakan pengaruh, komunikasi, manajemen konflik, kepemimpinan, menjadi katalisator perubahan, membangun ikatan dan kerja sama, serta kolaborasi.

23 Daftar Pustaka  _c/perkembangan-fisikkognitif-dewasa- awal _c/perkembangan-fisikkognitif-dewasa- awal _c/perkembangan-fisikkognitif-dewasa- awal  /2013/06/makalah-psikologi-dewasa- awal.html /2013/06/makalah-psikologi-dewasa- awal.html /2013/06/makalah-psikologi-dewasa- awal.html  013/09/perkembangan-dewasa-awal-pi- gw.html 013/09/perkembangan-dewasa-awal-pi- gw.html 013/09/perkembangan-dewasa-awal-pi- gw.html

24 Thank You Terimakasih


Download ppt "Perkembangan fisik dan kognitif masa dewasa awal Kelompok 3 :  Anisa Dewi Z (2013.71.001)  Aulia Rabiaturisky (2013.71.036)  Ayu Kumala Sari (2013.71.055)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google