Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 11 Allah sebagai Ahli Seni

10 Pokok Pikiran Allah sebagai seniman? Apakah artinya itu? Dan apakah maknannya itu bagi kita?

11 Kata-kata Pembuka: Pelajaran pekan ini berfokus kepada kesanggupan daya cipta Allah yang tak terbatas. Walaupun dosa telah merusak ciptaan Allah, itu tidak menutupi keindahan ekspresi daya cipta Allah, yang ditemukan di alam rohani dan fisik

12 Ayat Hafalan “Suatu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya” (Mazmur 27:4).

13 Allah sebagai Ahli Seni Selayang Pandang 1. Allah sebagai Arsitek ( Ibrani 8:1-5 ) 2. Allah sebagai Ahli Musik dan Pengarang (2 Samuel 23:1,2) 3. Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat (Kisah Para Rasul 1:6)

14 Pengantar: Allah sebagai ahli seni, yang digambarkan di dalam kitab suci sangat jarang mendapatkan perhatian. Banyak penulis Kristen yang jarang membuat usaha untuk menghubungkan konsep “keindahan” kepada doktrin-doktrin utama orang Kristen.... sesungguhnya Allah adalah Kebenaran, dan Kebenaran itu indah. Semua ciptaan-Nya menyaksikan fakta bahwa Allah adalah ahli seni dan pecinta keindahan.

15 Allah sebagai Ahli Seni 1. Allah sebagai Arsitek ( Ibrani 8:1-5 )

16 Ibrani 8:1-5 “... kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia... sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya,... membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."

17 Kaabah Duniawi Setengah bagian pertama dari kitab Keluaran dengan rinci menceritakan keajaiban pembebasan Bangsa Israel keluar dari Mesir. Setengah bagian kedua dari kitab itu menguraikan...“cetak biru” Allah untuk kemah pertemuan..., perlengkapannya, dan jubah imam..., lengkap dengan catatan penyelesaiannya. Catatan ini termasuk rincian luas tentang keahlian seni.

18 Allah adalah arsitek dari semuanya itu, bahkan mengilhami para tukang ahli bangunan untuk dekorasi sekecil apa pun. Tidak ada yang merupakan rancangan manusia.

19 Jika kemah suci duniawi hanya “bayangan” dari bait suci surgawi, kita sulit untuk membayangkan jenis keindahan yang harus ada di dalam bait suci yang sesungguhnya, yang dibuat oleh Allah sendiri.

20 FAKTA PENTING Allah menciptakan keindahan selalu memiliki tujuan yang lebih dalam, memberkati manusia dan menghormati Allah

21 DISKUSIKAN Menurut Anda mengapa bait suci itu harus begitu indah? Bagaimanakah pemahaman akan kemuliaan bait suci menolong kita lebih mengerti karakter Allah yang sangat berbeda dengan sifat keduniawian kita yang penuh dosa?

22 Allah sebagai Ahli Seni 2. Allah sebagai Ahli Musik dan Pengarang (2 Samuel 23:1,2)

23 Allah Sebagai Ahli Musik dan Pengarang “Inilah perkataan Daud... orang yang diangkat tinggi, orang yang diurapi Allah Yakub, pemazmur yang disenangi di Israel: Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;” 2 Samuel 23:1,2

24 Dalam Tata Peribadatan Israel Ekspresi daya seni Allah tidak terbatas pada seni-seni gambar. Dalam Kitab Suci kita menemukan bahwa, bersamaa dengan arsitektur kudus, tata peribadatan Bangsa Israel pun telah diilhami oleh Tuhan. Allah adalah pecinta musik yang indah, juga.

25 Dalam Tata Peribadatan Israel Daud dengan jelas menerangkan bahwa dia diilhami oleh Tuhan untuk menulis lagu-lagu yang digubahnya. Meskipun ini tidak berarti bahwa Allah menulis kata-kata dan musik itu baginya, itu berarti bahwa Allah peduli dengan jenis musik yang dimainkan. Kalau tidak, mengapa harus mengilhaminya?.

26 Musik dalam Ibadah Israel Dalam seluruh Perjanjian Lama... Peranan musik sangat besar dan mengesankan (Baca 1 Tawarikh 23:5) Mazmur-mazmur yang digubah oleh Raja Daud digunakan bangsa Israel dalam peribadatan mereka (Baca 2 Samuel 23:1,2) Tuhan memerintahkan orang-orang Lewi untuk memainkan alat-alat musik di rumah Tuhan (Baca 2 Tawarikh 29:25)

27 Musik dalam ibadah terus menjadi salah satu pokok persoalan yang paling kontroversial dalam gereja saat ini Fakta:

28 DISKUSIKAN Menurut anda apakah semua alat musik dapat dimainkan di dalam acara perbaktian di gereja kita saat ini? Atau apakah anda setuju jika hanya alat-alat musik tertentu saja yang layak digunakan dalam acara perbaktian. Jenis lagu dan musik yang bagaimanakah yang pantas ditampilkan dalam acara perbaktian?

29 4 Catatan Mengenai Musik dalam Perbaktian berdasarkan pengalaman bangsa Israel (Pelajaran SS, Selasa14 Maret 2012) Apa pun musik yang dimainkan oleh 4000 instrumen dalam 1 Tawarikh 23:5 itu pasti mempunyai (1) suara yang menyenangkan, dan tentu saja (2) tidak membosankan atau kering! Meskipun kita tidak mengetahui musik yang dipakai dalam ibadah Bangsa Israel, itu pasti (3) indah dan (4) mengangkat jiwa kita kepada Allah.

30 Sebagai orang Kristen, kita mempunyai berkat tidak hanya menikmati keindahan kata-kata Kitab Suci tetapi mempelajari kebenaran tentang Allah sebagaimana dinyatakan di dalamnya. Juga, bentuk cerita dan puisi yang indah, semuanya dipengaruhi oleh Roh Tuhan (ditulis melalui kata-kata para nabi-Nya), terus menolong kita dalam memahami kebenaran yang terkandung di dalamnya. Allah Sebagai Ahli Musik dan Pengarang

31 Kwalitas Sastra Alkitab Paulus menunjukkan irama kata-kata yang halus beberapa kali dalam tulisan dan surat-suratnya: pemikiran teologi yang rumit dijalin dengan pujian kepada Allah sebelum diakhiri dengan nasihat praktis.

32 Kwalitas Sastra Alkitab Kitab Wahyu juga berisi kata-kata mosaic yang mengagumkan yang digunakan Allah untuk menggambarkan sejarah keselamatan. Banyak dari kitab itu diambil dari Perjanjian Lama. Pembaca dihadapkan dengan permadani kata-kata, ungkapan, dan tema yang rumit, yang dipinjam dari beberapa penulis Alkitab tetapi sekarang dirajut bersama-sama ke dalam kain yang sama sekali baru.

33 DISKUSIKAN Manakah bagian Alkitab yang paling indah menurut anda? Apakah anda sudah pernah mengalami kuasa Firman Allah yang indah itu di dalam dirimu? Sebutkanlah satu saja ayat Alkitab yang anda senangi dan kemudian berikan kesaksian bagaimana ayat itu telah membantu anda dalam mengarungi hidup ini

34 Allah sebagai Ahli Seni 3. Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat (Kisah Para Rasul 1:6)

35 Yesaya 64:8 “Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu.”

36 Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat Alkitab dibuka dengann Allah menciptakan manusia pertama dari “debu tanah.” Kenyataannya, kata dalam Bahasa Ibrani untuk “manusia,” Adam sangat bertalian erat dengan kata untuk “tanah,” yaitu adamahsebuah ikatan kata yang menguatkan kebenaran ajaib mengenai ketrampilan Allah sebagai “Tukang Tembikar.” Pembentukan Adam:

37 Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat Di antara konsep-konsep yang (Baca Yer 18:3-10; Yes 64;5-8; Mzm. 51:10) adalah suatu gambaran betapa tak berdayanya kita tanpa kuasa Allah. Dalam satu pengertian, kita adalah seperti tanah liat di tangan seorang tukang tembikar; tukang tembikar itulah yang berwenang, bukan tanah litanya. Pembentukan Adam:

38 Pelajaran SSD, Minggu 11 Maret 2012 “Allah sedang bekerja menciptakan kembali gambar- Nya di dalam kita. Jika Allah begitu peduli dengan fisik ciptaan-Nya, betapa lebih pedulikah Dia akan keindahan yang Dia dapat lakukan di dalam kita? Kita harus berserah, mati terhadap diri, dan bekerja sama dengan Tuhan, yang berusaha untuk menciptakan kembali dan memulihkan kita, sedapat mungkin, kepada kehidupan rohani yang asli dan keindahan moral yang pernah kita miliki. Tentu saja, penampilan luar dapat kelihatan indah tetapi keindahan dari dalam diri adalah perkara yang sungguh sangat penting.”

39 Allah juga adalah pemahat, tetapi tidak terbatas pada satu besi maupun marmer. Malah, Dia memahat karakter kita. Dia dapat mengambil seorang yang penuh dosa lalu membentuk dan memahat serta menempa sampai orang itu memantulkan kemuliaan surga. Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat Pembentukan Tabiat:

40 Berikut ini beberapa Tokoh Alkitab yang memerlukan pemahatan kerohanian: Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat Pembentukan Tabiat: YakubKejadian 32:22-30 Mengandalkan akalnya sebagai manusia DaudMazmur 51Soal perzinahan dengan Bersyeba PaulusKisah 9:1-22Penganiaya orang Kristen

41 Contoh yang lainnya adalah Maria Magdalena. “Maria ….. besar dosanya,...Seorang yang telah jatuh dan yang pikirannya menjadi tempat tinggal Setan, telah dibawah lebih dekat kepada Juruselamat dalam persekutuan dan pelayanan….”— Ellen White, Alfa dan Omega, Jld. 6, hlm.188, 189. Allah sebagai Tukang Tembikar dan Pemahat Pembentukan Tabiat:

42 Pelajaran SSD, Kamis 15 Maret 2012 Dari pembukaan hingga penutup dalam Alkitab, kita menemukan Allah menerima orang-orang yang mungkin kita singkirkan sebagai orang yang tidak menarik dan tidak layak, dan Dia menempa mereka menjadi sesuatu yang indah.

43 Pelajaran SSD, Kamis 15 Maret 2012 “Sejarah keselamatan penuh dengan kreativitas Ilahi, memulihkan kembali “gambar Allah” yang hilang di dalam laki-laki dan perempuan yang telah jatuh. Injil bukanlah kosmetik pembersih wajah tetapi suatu orientasi perubahan hidup yang bergerak dengan kuasa yang memberihkan, membentuk, dan memperindah. Injil Yesus Kristus dengan kreatif membangun integritas dan keutuhan. Sifat baru yang murni adalah hasil dari pekerjaan yang dinamis dalam batin, suatu kreativitas Ilahi yang memulihkan keindahan di dalam kehidupan yang telah jatuh, dan penuh dosa.”

44 Memahat...memalu, mengikir,... mungkin menghancurkan bagian- bagian tertentu. FAKTA

45 Diskusikan Bagian-bagian manakah dalam kehidupan Anda yang perlu dipahat? Seberapa banyakkah perlawanan yang Anda lakukan selama proses yang tidak selalu menyenangkan itu? Aspek apakah dari tabiat anda yang paling anda sukai untuk diperindah Allah?

46 KUTIPAN ROH NUBUAT “... Kematian Yesus bukan semata-mata untuk pengampunan dosa saja. Dia membuat pengorbanan yang tidak terbatas bukan hanya supaya dosa kita bisa dihapuskan, tetapi agar sifat manusia boleh dipulihkan, diindahkan kembali, dibangun kembali dari keruntuhannya, dan menjadikannya cocok untuk hadirat Allah.”—Ellen G. White, Manuscript Releases, Jld.6, hlm.11.

47 RANGKUMAN Keahlian Allah sebagai seniman telah dipandang rendah. Dunia ciptaan-Nya sering dihargai, tetapi ekspresi keahlian artistik-Nya menunjukkan lebih jauh kesanggupan-Nya yang besar. Allah merancang bahwa orang Kristen khususnya harus menjadi sumber “keindahan” di dalam planet yang gelap dan sedang mati ini.

48 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Allah, Artis Agung, telah menyatakan keindahan-Nya melalui banyak ekspressi artistik, salah satu yang terbesar yang mengembangkan keserupaan-Nya di dalam hati kita. Dengan mengerti bahwa Allah itu adalah sebagai seorang ahli seni yang nampak melalui rancangan-Nya dalam bangunan bait suci Israel, dunia alam dan berbagai karya seni lainnya, ini akan membantu kita untuk menghargai tabiat Allah. Dia berusaha untuk membentuk kita menjadi bejana bagi kemulian-Nya Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan saya akan siap dibentuk oleh Allah untuk menjadi pengikut Kristus yang memiliki tabiat seperti tabiat-Nya. Saya akan lebih rajin lagi belajar firman Allah dan berdoa serta membiarkan hati saya untuk dikuasai oleh Roh- Nya. Saya siap dibentuk untuk menjadi manusia baru

49 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google