Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

The Sumatran Subduction Project Untuk membantu masyarakat Sumatra Barat dalam mengantisipasi bencana gempabumi Untuk mengerti bagaimana gempabumi terjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "The Sumatran Subduction Project Untuk membantu masyarakat Sumatra Barat dalam mengantisipasi bencana gempabumi Untuk mengerti bagaimana gempabumi terjadi."— Transcript presentasi:

1 The Sumatran Subduction Project Untuk membantu masyarakat Sumatra Barat dalam mengantisipasi bencana gempabumi Untuk mengerti bagaimana gempabumi terjadi bagaimana siklus nya Untuk merekam dan mungkin memprediksi gempabumi besar di masa datang August 2004 Danny H. Natawidjaja

2 7 cm/yr Indian ocean plate Kepulauan Mentawai Padang Silabu

3 Kedua lempeng biasanya merekat erat. Ketika sambungan antara dua lempeng pecah, Kepulauan Mentawai melenting kembali ke atas. Inilah yang disebut gempabumi. Jadi ketika lempeng samudra bergerak ke arah bawah Sumatra, Kepulauan Mentawai tertekan ke bawah, seperti sebuah per-pegas.

4 Gempabumi pada tahun 1681, 1797 (M 8.3), 1833 (M >8.5) dan 1861 (M 8.5) adalah yang terbesar dalam sejarah.

5 Dari studi terumbu karang, kami mengetahui bahwa gempa- gempa besar biasanya terjadi berturut-turut dalam satu rangkaian selama 1 abad, dan rangkaian gempa tersebut berulang setiap ~230 tahun.

6 Ingat, kita bilang bahwa pulau-pulau tenggelam perlahan-lahan karena mereka terkunci erat pada lempeng samudra yang bergerak ke bawah. Bagaimana kita tahu itu?

7 Desa silabu Pohon-pohon yang tenggelam dan data dari terumbu karang di dekat Desa Silabu

8

9

10

11

12

13

14

15

16 Lokasi di dekat Desa Simanganya, Pagai Utara

17

18 Berapa meter Silabu terangkat ketika terjadi gempabumi besar? 1833……… cm (2 meters) 1797……….. 60 cm (0.6 meters)

19 The Sumatran GPS Array (SuGAr)

20 Bulasat, Pagai Selatan

21

22 Apa yang terjadi apabila pulau- pulau tiba-tiba melenting ke atas ketika gempabumi besar terjadi?

23

24 Jadi, kita mulai memonitor deformasi kerak bumi dengan GPS dan juga memberi penyuluhan kepada masyarakat Sumatra Barat tentang gempabumi Silabu

25 Posters in English, Indonesian, and Mentawaian Brochures in English and Indonesian What can you do to prepare for big earthquakes and waves?


Download ppt "The Sumatran Subduction Project Untuk membantu masyarakat Sumatra Barat dalam mengantisipasi bencana gempabumi Untuk mengerti bagaimana gempabumi terjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google