Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.  Dorongan hati alamiah manusia untuk memuliakan Allah. DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.  Dorongan hati alamiah manusia untuk memuliakan Allah. DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah."— Transcript presentasi:

1 DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.  Dorongan hati alamiah manusia untuk memuliakan Allah. DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.  Dorongan hati alamiah manusia untuk memuliakan Allah.

2  Doa Pujian : untuk menyembah/memuji Allah dan menyatakan cinta kita pada Allah.  Doa Syukur : untuk bersyukur pada Allah atas segala yang kita miliki.  Doa Penyerahan : untuk memperoleh pengampunan dosa.  Doa Permohonan : untuk memohonkan Rahmat dan berkat Allah bagi diri kita dan sesama. Catatan: Doa tidak pertama-tama memohon atau meminta pemenuhan kebutuhan kita, melainkan upaya untuk menemukan kehendak Tuhan/mendengarkan kehendak Tuhan bagi diriku

3 NO TIME !!! NO PLACE !!! AWAS BAHAYA PEMBENARAN DIRI!!!

4 DDIMANA SAJA KITA BISA BERDOA. Dalam kisah Yesus bertemu dengan wanita Samaria, Ia mengajarkan bahwa Allah ada di mana-mana. BBERDOA DI TEMPAT PRIBADI “Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” (Mat 6: 6).

5

6  SETIAP SAAT Santo Paulus mengajarkan agar kita berdoa “tanpa henti-hentinya”, agar seluruh hidup kita menjadi sebuah doa; dan agar kita selalu ingat akan Tuhan dimanapun dan kapanpun. CATATAN : berdoalah secara spontan, singkat, dan jujur. Atau sekedar mengucap nama TUHAN dengan penuh kesadaran.

7  DOA LISAN: * doa-doa harian : Bapa Kami, Salam Maria * doa-doa devosi : Jalan Salib, Rosario, Novena * doa spontan  DOA BATIN: * merenungkan Kitab Suci * meditasi * doa yang berulang-ulang : doa Yesus, doa dengan tasbih, dll.

8  BERDOA ATAS NAMA TUHAN. bukan atas nama siapa-siapa (setan, arwah leluhur, roh-roh halus,dsb)  BERDOA DENGAN PENUH IMAN. percaya bahwa Tuhan ada dan mendengarkan kita. Belajar mendengarkan kehendak Tuhan.  BERDOA DENGAN KESUNGGUHAN HATI. berasal dari kehendak hati yang tulus; punya harapan; dan punya kepasrahan (tidak memaksa/mendekte Tuhan); tidak untuk pamer.  MOHON AMPUN ATAS DOSA-DOSA KITA

9 YESUS MENGAJARKAN DOA BAPA KAMI Dalam doa Bapa kami ada tiga bagian:  Kita diajak untuk menyapa Allah dengan sebutan Bapa (sapaan keakraban). “Bapa kami yang ada di surga”  Tiga permohonan yang berkenaan dengan ALLAH. “Dimuliakan nama-Mu”, “Datanglah kerajaan-Mu”, “Jadilah kehendak-Mu”.  Tiga permohonan untuk DIRI KITA/SESAMA. “berilah kami rejeki pada hari ini”, “ampunilah kesalahan kami”, “janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan”.


Download ppt "DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah.  Dorongan hati alamiah manusia untuk memuliakan Allah. DEFINISI:  Kepercayaan manusia terhadap Allah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google