Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSDALIFAH DJ. Pada dasarnya e-cofirmerce adalah melakukan bisrus online. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce meniual produk kepada konsumen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSDALIFAH DJ. Pada dasarnya e-cofirmerce adalah melakukan bisrus online. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce meniual produk kepada konsumen."— Transcript presentasi:

1 MUSDALIFAH DJ

2 Pada dasarnya e-cofirmerce adalah melakukan bisrus online. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce meniual produk kepada konsumen secara online, tapi faktanya jenis bisnis apapun, dilakukan secara elektronik adalah e-Commerce. Sederhananya, e-commerce adalah membuat. mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online.

3 Usaha e-commerce yang sukses mungkin melibatkan pembayaran, pengembangan dan perencanaan produk, mengelola produksi atau manufaktur, pemasaran dan per"wakilannya, penjualan, layanan kolaborasi di antara sesama bisnis atau afiliasi, distribusi produk, riset, penyebaran informasi. penyusunan komunitas komersial, pendidikan, hiburan, dan mungkin juga semua jenis bisnis lain yang belum terpikirkan.

4  Konsumen mempelajari produk online sebelum membelinya di lokasi'duni nyata'  Konsumen memesan produk online dan menerimanya via pengiriman tradisional maupun Internet  Mahasiswa berpartisipasi dalam program pendidikan online untuk menerima pelatihan bergelar atau profesional  Penduduk memperbarui SIM-nya, mendaftarkan mobil, memfilekan surat pajak, melaksanakan izrn bangunan, atau melakukan bisnis lain dengan agen pemerintah secara online

5  Bisnis menjual produk danlayanan kepada konsumen atau ke bisnis lain.  Proyek pelacakan bisnis online atau mentransfer file elektronik (gambar catatan database, atau file teks) melalui Internet  Bisnis menyediakan dukungan teknis atau dukungan pelanggan 24 jam sehari, tuiuh hari seminggu

6  hiburan dan usaha lain mempromosikan event mereka secara online, atau bahkan membuat peristiwa online  Pemerintah dan agen mereka menerima dan memproses permohonan proposal dan dokumen lain melalui Internet  Lembaga pendidikan mengintegrasikan komponen dan teknik rises online di ruang kelas harian

7 e-commerce juga menimbulkanbanyak mitos. Orang orang baru dalam e-commerce mungkin berpikir bahwa itu semua pengambilan pemesanan online dan jika orang menyusun pajangan, jumlah pelanggan akan memborong seluruh isi gudang. Tidak demikian. Bisnis yang sukses di dunia virtual membutuhkan upaya yang sama besarnya dengan sukies bisnis di dunia nyata. Beberapa orang lagi mengira e-commerce mahal karena bersifat teknis.

8 Situs e-commerce yang hebat tidak selalu membutuhkan pemrogram yang mahal, tapi juga tidak bisa dilakukan oleh lulusan kursus yang sekadarnya dan asal murah. Akhirnya, usaha e-commerc e yartg solid tidak harus mencakup semua fasilitas teknik terbaru- perlengkapan Java, Flash, Extensive Markup Language, dan apa pun yang akan muncur lagi. Tidak ada satu pun di antara itu semua yang dipedukan untuk situs e-commerce terkemuka. Lalu, apa yang diperlukan? Perencanaan, pelaksanaan, promosi, dan pemelihara an yang cerdik. Lanjutkanlah membaca bab-bab dalam buku ini.

9 Untuk berhasil dalam e-commerce, Anda harus pertama-tama menjadi yang terbaik, atau berbeda. Dengan menjadi yang pertama, Anda mempunyai kelong- garan untuk menetapkan pasar dan menyusun ukuran yang membuat para pengikut akan dinilai berdasarkan itu. Tapi ingat: Meskipun Anda yang pertama kali menawarkan suatu produk atau layanan dan menjadi penentu pasarnya, kalau yang Anda tawarkan itu tanggung- tanggung, pasti ada orang lain yang akan menyingkirkan Anda dengan produk yang lebih baik. orang lain juga akan mendapatkan manfaat dari peniualan ke pasat yang sudah ditentukan itu pasar yang diupayakan oleh Anda.

10 Anda telah membuka jalan yang akan bisa diikuti oleh orang lain, dan kalau mereka pintar, mereka akan bisa memasuki pasar target Anda dan berupaya agar bisa memberikanlayanan yang lebih baik atau dengan cara yang lain. cara terbaik dalam pertaruhan Anda di e-commerc e adalah menjadi yang terbaik, tapi juga perlu bisa disesuaikan sehingga bersamaan.

11 Sebuah survei pada tahun 1999 menunjukkan bahwa 90 persen pengguna internet berharap untk melakukan pembeyaran online, dan menuut Forrester Research pada tahun 1999 lebih banyak pemasaran dilakukan melalui internet daripadan daripada per telepona atau faks di 10 persen dari 500 perusahaan.  Sebuah perusahaan pemasok pasir bagi pelanggan kontruksi mereka menyusun situs web yang memungkinkan foreman unuk melakukn pemesanan setiapa saat, siang atau malam, untuk penyampaian hari berikunya.  Sebuah agen layanan sosial meneyediakan forum bagi remja untuk bertanya tanpa identitas melalui dan tanggapannya diletakkan pada database yang gampang dicari untuk dilihat oleh orang lain

12  Sebuah percetakan menerima file dari seseoarang peranang via dari suatu situs web, dan percetakan itu melcak tugasnya secara online sehingga siperancang bisa melihat perkembangan tugas itu serta mengetahui kapan akan mememeriksa penyiarannya  Seorang perancang butik kecil dalam bidang aksesoris mode dan item-item hadiah menaruh katalog online-nya sehingga tenaga penjual freelance bisa menunjukkan rancangan barunya ke pembeli keseluruh penjuru negeri

13  Sebuah oganisasi komunitas mnediakan informasi bagi anggotanya tentang pertemuan, layanan bagi komunitas, event-event yang akan datang  Sebuah perusahhan menyediakan suatu otlet-outlet bisnis untuk pembelian dan penjalan barang-barang kimia yang digunakan dalam industri

14 Hampir bisa dipastikan Anda tidak akan membuka cabang lagi atau mmembuat program waralaba tanpa indikasi yang jelas bahwa hasilnya akan sukses. Anehnya, pedu dicatat betapa banyaknya orang yang meluncurkan situs web tanpa berpikir panjang tentang apa yang akan dihasiikannya, dan apa dampak yang akan ditimbulkan oleh situs itu bagi bisnisnya..

15 Meskipun Anda barangkali biasanya menentukan sukses dengan angka-angka di spreadsheet Microsoft Excel, beberapa macam sukses web tidak sebegitu jelasnya. Misalnya, bagaimana Anda benar-benar mengukur nilai iklan? Berbagai situs memiliki berbagai tujuan, dan sukses harus diukur dengan cara berbeda bagi situs yang tidak memperlakukan penghasilan produksi sebagai sasaran primernya. Situs layanan pelanggan bisa mensurvei pelanggan untuk mengukur suksesnya, Situs bisnis-ke-bisnis bisa befianyakepada mitranyatentang tingkat kepuasan mereka.

16 Pemeriksaan realitas: Anda ingin membangun eBay berikutnya, tetapi Anda hanya memiliki satu orang yang hanya memiliki sedikit pengalaman HTML (Hypertext Markup Language) untuk membangun situs Anda, maka hal itu tidak akan tetiadi. Anda perlu menetapkan kembali sasaran Anda atau menemukan dan mengalokasikan sumber daya t^mbahan. Di pihak lain, Anda tidak memerlukan sumber daya tidak terbatas atau anggaran $5 dollar untuk meluncurkan suatu situs e- commerce. Lihat bcentral untuk solusi mengenai pembangunan suatu situs pemajang yang ekonomis dan mudah diluncurkan.

17 Pelanggan Anda di dunia nyata mungkin hanya pelanggan lokal di wilayah Anda, tapi situs web Anda mungkin menarik pengunjung nasional atau internasional. Anda harus membuat sejumlah keputusan tentang menjual ke pasar yang lebih luas ini. Bila operasi Anda di Boise, Idaho, akankah Anda melakukan pengiriman ke pangkalan militer AS di luar negeri? Ke wilayah yang dianggap United States Postal Service sebagai domestik (meskipun tidak tercakup dalam 50 United States) sepefti Puerto Rico dan Guam? Ke Perancis? Bagaimana Anda akan menampilkan isi halaman web Anda? Akankah Anda menerjemahkannya ke bahasa lain sehingga pelanggan asing bisa membacanya? Akankah Anda menerima berbagai mata uang? Bagarmana Anda akan menangani paiak penjualan,

18 Apakah Anda memiliki waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran khusus e-commerce Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus tahu sebanyak mungkin tentang sasaran dan apa yang diperlukan untuk memenuhinya. Anda pedu tahu teknologi, waktu, dana. dan sumber daya pro- mosional yang diperlukan agar segaTanya berjalan lancar. Membuat suatu rencana proyek atau bisnis (seperi didiskusikan diakhir buku ini) mungkin tidak terlihat seperti pesiar ke pantai,.

19 Namun sungguh hakiki bila Anda merencanakan pencarian dana untuk usaha Anda. Meskipun Anda merencanakan untuk mendanai sendiri usaha Anda atau meluncurkannya sebagai pelengkap untuk bisnis Anda yang sudah ada, tetap saja melakukan pemikiran tentang isu-isunya akan membantu Anda untuk berfokus pada jawaban bagi pertanyaan yang relevan

20 Sebelum Anda meluncurkan usaha e-commerce, perhatikan sumber daya e-commerce yang terdapat dalam Microsoft online. Pertimbangkan bagaimana Anda akan membangun dan mendanai usaha Anda, bagaimana hal ini melayani pelanggan Anda, dan hasil apayang Anda harapkan dari investasi ini

21 Setelah Anda menentukan tentang pasar target Anda, akan menjadi lebih mudah bagi pihak lain di pasar Anda untuk melakukan bisnis dengan Anda. Anda segera ingin mencari tahu tentang kelompok umur, penghasilan, tingkat pendidikan, jenis kelamin pelanggan Anda; gairah untuk mudah diakses yang merupakan lawan dari kecanggihan dalam tancangan produk dan situs Anda; bagaimana mereka mengakses Internet (menggunakan ISP apa dan browser apa), dan sebagainya. Untuk pengidentifikasian pasar lebih lanjut.

22 Studi pasar yang dirakukan Forrester Research, Inc. mengindikasikan bahwa pada tahun 2oo3,90 persen e-commerc e akanmerupakan bisnis-ke- bisnis. usaha bisnis-ke-bisnis e-commerce mencakup industri, seperti transportasi, elektronika, biro perjalanan, teknik, dan energi yang masing- masingnya saat ini melibatkan uang milyaran, bahkan triliunan dorar. bisnis Anda bisa melupakan soal pengukuran sukses dengan,eplun krik atau melakukan peninjauan halaman yang diperhiiungkan adalah mendaparkan dan mempertahankan peranggan. Brandinj dan riwayanan yang menentukan perbedaan besar.

23 Dengan begitu, e-commerce bisnis-ke-bisnis tidak bisa menjadi lebih tradisional, tapi aplikasinya bisa sangat inovatif. Simak contoh dari chemconnect. sebuah portal untuk industri kimia yang memungkinkan bisnis ke-bisnis. PartMiner, usaha bisnis-ke-bisnis lainnya, mencarikan komponen_komponen elektronik bagi pelanggannya. contoh ketiga, verticalNet dilaporkan bahwa pada tahun 7999 menghasilkan 47.ooo. dan pembeli di pasar vertikal dan telah meluncurkan dua item bernilai masing- masing lebih dari $30 yuta via Internet.

24 situs e-commerce bisnis-ke-bisnis yang sukses bisa meminimarkan kunjungan penjualan rutin. pemesanan dapat dibuat lebih cepat dan lebih melalui formulir online yang tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Ini bisa men_ transfer file elektronik untuk mempercepat proses produksi. Bisa terdiri dari usaha virtual, kerja sama virtual, pasar virtu al, atau komunitas komersial yang dikombinasikan untuk manfaat blrsama. Beberapa ide ini tidak begitu baru dalam dunia bisnis, tapi secara historis telah dipertimbangkan terralu mahal untuk dilaksanakan. Teknologi Internet masa kini mengurangi hambatan dan memungkinkan model- model baru.

25 E-commerce memperkenalkan kemungkinan model penjualan yang lain. Misalnya, sejumlah bisnis mungkin membentuk kemitraan kerja sama bisnis atauberbagai perusahaan membentuk kemi_ traanyang lebih luas untuk menambahkanlayanan, nilai, dan fungsionalitas bagi situs khusus

26 Jelas situs Anda harus tampak kredibel. Ciptakan citra situs yang profesional dan memadai bagi pengunjung Anda, dan gunakafi rancangan yang melayani pengunjung dan produk Anda. Jangan mengotori situs Anda dengan hal-hal tidak perlu seperti counter pengunjung, animasi yang serampangan. dan link yang tidak bermakna. Situs Anda harus tersaji dengan baik dalam hal tipografi, hal-hal yang mengacaukan, dan kesalahan fakfual, agar sistem transaksi Anda bisa dimengerti dan menyenangkan. Periksalah segenap penjuru situs Anda dengan cermat, dan pastikan para pengguna akan mendapatka kenyataan bahwa pemapanan Anda itu bisa dipercaya.

27 Promosikan aset Anda. Kalau Anda telah dikenal secara lokal, tonjolkan hal itu. Tampilkan citra restoran Anda, kesaksian klien bisnis Anda, pujian dari orang-orangyang dikenal dalam industri Anda, penghargaan dari asosiasi profesional atau industri, pengakuan dari Better Business Bureau atau American Academy of optometry, atau apapun ungkapan yang menyatakan bisnis Anda solid.

28 Manfaatkan semua hal yang diakrabi. Barangkali perusahaan atau produk Anda sudah dikenal baik. Bagus. Dengan begitu Anda tidak perlu menekankan isu untuk memantapkan identitas. Namun, jika usaha Anda baru dan Anda harus kerja keras untuk membuat usaha Anda dikenal, mungkin Anda ingin membentuk kemitraan strategis dengan perusahaan yang lebih besar dan mapan atau meminta pengakuan. Kalau tidak ada lagi yang bisa dilakukan, gunakan untuk pengembangan situs Anda, menjadi tuan rumah, untuk sistem transaksi, dan untuk penyampaian.

29 Membuat suatu situs yang menawarkan daftar produk sederhana dengan opsi untuk mengirim agar mendapatkan informasi labih banyak, pada umumnya memerlukan sumber daya dan keterampilan teknis yang lebih sedikit ketimbang membuat situs pencipta penghasiran. Namun, semakin Anda membuat pelanggan memberinya_dan membelinya sekarang makin memungkinkan mereka berkarir. layanan yang ditawarkan di bcentrar untuk solusi sekali masuk dalam pajangan e-commerce.

30  Menjual produk ataulayanan langsung secara online.  Menjual ruang iklan. (Tapi ingat bahwa iklan di situs Anda tidak akan menjadi proposisi menarik kalau lalu lintasnya tidak padat; dan untuk menciptakan lalu lintas yang padat, isi yang Anda tampilkan harus sangat, sangat meng-goda.)  Menjual kesponsoran situs (atau isi) ke pihak lain, seperri dilakukan public Broadcasting System (PBS) di teve.

31  Menjual peletakan produk, seperti yang terjadi dalam sejumlah usaha hiburan ketika produk tefientu muncul di layar. (ya, berbagai pen:sahaan membayar untuk peletakan macam itu.)  Menjual pendaftaran untuk informasi periodik, informasi rujukan, atau layanan situs.  Memberikan perizinan isi seperti teks, informasi, gambaq video, suara, dan sebagainya, kepada pihak lain.  Menyediakan komunitas dalam bentuk situs pelelangan pelanggan-ke- pelanggan atau bisnis-ke-bisnis serta membuat komisi mengenai penjualan.

32 Hubungan yang lebih baik dengan pelanggan bisa menjurus ke penghasilan yang lebih banyak atau menurunkanbiaya, dan upaya ini merupakan penghargaan bagi pelanggan. Kebanyakan situs yang sukses pertama-tama memikirkan pelanggannya. Mereka membuat pera.rgga, mudah untuk mencapai informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Di samping itu pelanggan juga diberi kemudahan untuk membeli produk yang ditawarkin. rayanan pelanggan bisa

33 Mengurangi biaya seringkali diremehkan tapi merupakan cara nyata bagi usaha e-commerce untuk bisa berlalan. Umpamanya, kalau produk Anda bisa disampaikan lewat Internet-artinya sudah didigitalkan,,.p..ti perangkat lunak, atau bisa didigitalkan, seperti gambar atau dokum..,.Ltrk lainnya-.maka biaya untuk memproduksi dan mendistribusikannya bisa dihemat. waktu untuk memasarkannya juga meningkat, karena Anda tidak perlu melewati saluran tradisional untuk melakukan manufaktur dan mengemas produk Anda.

34 Mendapatkan uang melalui penjualan produk, pemberian lavanan. biaya pendaftaran, dan model-model lain, jelas sangat menarik. metode untuk melakukan e-commerce barangkali jurusan yang paling jelas unruk ditempuh. Tapi tidak semua model bisnis yang dianjurkan dalam hal ini terbukti sukses. Penjualan eceran- penjualan barang macam buku, CD, pakaian. dan sebagainya-bisa berjalan, serta berjalan baik bila branding danlayanan pelanggannya baik. Namun, seperti halnya tulisan ini, terbukti lebih sulit bagi koran dan penerbitan serupa untuk membujuk publik agar membayat agar mendapatkan informasi. Meskipun orang sudah biasa membayar majalah dan sumber informasi cetak lainnya, tetapi karena Internet bisa didapatkan secara gratis, maka hal ini bisa menjadi hambatan bagi budaya online.

35 Banyak terdapat model bisnis yang potensial tugas Anda untuk mengidentifikasi sebuah model yang masuk akal untuk perusahaan Anda. Mari kita lihat sejumlah jalan yang mungkin ditempuh oleh usaha e-commerce Anda.


Download ppt "MUSDALIFAH DJ. Pada dasarnya e-cofirmerce adalah melakukan bisrus online. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce meniual produk kepada konsumen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google