Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kendala Eksekusi Corporations Gap Personal Gap Group gap Organization Gap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kendala Eksekusi Corporations Gap Personal Gap Group gap Organization Gap."— Transcript presentasi:

1 Kendala Eksekusi Corporations Gap Personal Gap Group gap Organization Gap

2 Personal Gap Knowledge Gap How to / Skill Gap Implementing Gap Situational Gap

3 Stay Hungry, Stay Foolish

4 Knowledge Gap

5 Andi adalah seorang mahasiswa dari Jawa Tengah dia kuliah pada perguruan tinggi X. Untuk menunjang perkuliahannya Andi membeli sebuah sepeda motor dengan cara kredit. Namun karena kebutuhan biaya yang tinggi maka uang kiriman orang tua Andi tidak dapat mencukupi kebutuhan kuliah dan hidupnya sehari- hari. Menurut anda, apakah yang sebaiknya dilakukan oleh Andi??

6 Andi memutuskan untuk mencari pekerjaan. Dengan penuh keberanian Andi melamar pada salah satu perusahaan dan setelah melalui beberapa seleksi ternyata Andi dapat diterima di perusahaan tersebut. Saat pertama bekerja Andi diberikan training singkat mengenai pekerjaannya. Training tersebut hanya berlangsung satu hari karena trainer yang bersangkutan pindah ke perusahaan lain. Dalam keterbatasan praktek yang dimilikinya, Andi merasa benar-benar kesulitan menyelesaikan pekerjaannya. GAP apakah yang muncul ???

7 Pekerjaan Andi ternyata tidak seperti yang ditawarkan pada saat wawancara. Ternyata Andi harus bekerja serabutan, mulai dari pengolahan data elektronik, mengelola toko yang dimiliki perusahaan, mengelola supplier, keuangan sampai harus menjadi kasir…..!!! Apa yang harus dilakukan Andi?

8 Andi mengalami Knowledge Gap : Kesenjangan yang terjadi karena seseorang tidak memiliki pengetahuan yang memadai

9 Eksplorasi Diri!!! Mengetahui bakat, kemampuan, peluang, kekuatan, keterbatasan, dan kelemahan Menyadari bakat, kemampuan, peluang, kekuatan, keterbatasan, dan kelemahan MAMPU MEMAHAMI DIRI SENDIRI !!! SKALA PENGETAHUAN DIRI

10 Hal-hal yang dilakukan Andi Dia sadar bahwa dia adalah seorang mahasiswa yang memiliki tugas utama yaitu menyelesaikan kuliah Dia sadar tidak memiliki pengalaman praktis di dunia bisnis Dia sadar bahwa orang-orang sekitarnya berumur jauh di atasnya Dia sadar bahwa tidak semua orang akan menyukainya Dia sadar walaupun mahasiswa tapi dalam segi ketrampilan jauh di bawah rekan-rekannya yang hanya tamat SMU bahkan SMP. Dia sadar problem yang dihadapi adalah PELUANG EMAS untuk meningkatkan “nilai”-nya Dia menemukan kekuatan dalam dirinya bahwa dia orang yang rajin, dapat bergaul dengan baik. Apa lagi yang harus dilakukan Andi ??

11 Pembelajaran  Meningkatkan Skill Dia sadar bahwa dia adalah seorang mahasiswa maka dia berusaha membaca banyak buku-buku.. Dia mau bertanya pada karyawan-karyawan yang sudah lama bekerja Dia mau mengerjakan banyak hal mulai dari stock barang, melayani pembeli, dll Walau part-time tapi dia mau untuk memberikan waktu lebih di perusahaan agar dapat memahami perusahaan tersebut dengan baik Dia seringkali menemui pemilik untuk bertanya banyak hal (berdiskusi) Dia menemui vendor dan seringkali berdiskusi Membuat sistem perusahaan agar dapat efisien dan efektif

12 Dampak… Andi dapat memahami sistem perusahaan Andi dapat ‘bergaul’ dengan baik (karyawan, vendor, bahkan konsumen) Andi memiliki banyak ketrampilan di perusahaan mulai dari stock barang, negosiasi vendor, mengatur lay out toko, mencari bahan-baku produksi yang tepat, dll… Andi menerima kepercayaan yang besar dari bosnya.. Hasil: Omset Perusahaan Naik !!! APA RAHASIANYA???

13 Manusia dapat mengadakan proses transformasi di dalam dan di luar dirinya, pertama-tama karena ia memiliki kemampuan untuk belajar. Belajar adalah kesediaan untuk meninjau keseluruhan diri dan mengadakan perubahan yang serius Selama seseorang mau menyadari perbedaan antara diriya yang ideal dengan kenyataannya, ia masih dapat terdorong untuk belajar. MAU BELAJAR

14 Proses belajar: Pendidikan formal Pendidikan informal autodidaktik SD SMP SMA Akademi Universitas Kursus Training Les, dll “If you stop being better, you stop being good”.


Download ppt "Kendala Eksekusi Corporations Gap Personal Gap Group gap Organization Gap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google