Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Matrik dan Ruang Vektor Jurusan/Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : III Tahun : 2012/ 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Matrik dan Ruang Vektor Jurusan/Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : III Tahun : 2012/ 2013."— Transcript presentasi:

1 Matrik dan Ruang Vektor Jurusan/Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : III Tahun : 2012/ 2013

2 Manfaat Mata Ajaran Mahasiswa memahami konsep dasar matrik dan ruang vektor serta mahasiswa dapat menyelesaikan masalah-masalah tentang matrik berdasarkan konsep aljabar linier matrik dan ruang vektor. Memberi contoh aplikasi matrik di bidang teknik industri.

3 Deskripsi Mata Ajaran Mata kuliah ini menjelaskan tentang operasi aljabar linier untuk matrik dan vektor pada ruang dua, ruang tiga hingga ruang.

4 Tujuan Instruksional (TIU) Mata Ajaran Mahasiswa mampu mendefinisikan model dari matrik, Mahasiswa mampu mengoperasikan matrik dengan operasi aljabarnya. Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi aljabar atas vektor di ruang-2 dan ruang-3. Mahasiswa mampu menyelesaikan dan membuktikan sifat- sifat operasi aljabar atas vektor diruang-n. Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi aljabar atas vektor di ruang-n. Mahasiswa mampu membuktikan sifat-sifat hasil kali dalam pada ruang-n. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal- soal eigen.

5

6 Strategi Pembelajaran Dosen menerapkan metode ceramah, dan tanya jawab untuk materi sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) dan setelah UTS dilanjutkan diskusi, dan pembahasan soal- soal tentang matrik dan ruang vektor. Memberi contoh aplikasi matrik di bidang teknik industri serta aplikasi dengan bantuan software.

7 Materi/Bahan Bacaan Mata Ajaran [ANT87]Anton, Howard. Aljabar Linear Elementer. Erlangga, [LEO01] Leon, Steven J., Aljabar Linear dan aplikasinya. Erlangga, 2001 Tambahan bacaan perkuliahan bisa download dari internet, artikel, dan referensi lain yang berhubungan dengan materi perkuliahan diatas.

8 Tugas-tugas Mata Ajaran Setiap bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus sudah dibaca sebelum mengikuti kuliah. Tugas Individu dengan kuis Ujian Tengah Semester (UTS) tertulis dilaksanakan tanggal yang ditentukan dan Ujian Akhir Semester (UAS) tertulis dilaksanakan tanggal yang ditentukan.

9 Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan kriteria sebagai berikut : Interval NilaiNilai HurufPoint A AB3, B BC2, C D1 0 – 40E0 Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan bobot penilaian sebagai berikut : a.Kehadiran: 10 % (Minimal 75% dari total pertemuan) a.Tugas Kuliah (presentasi): 20 % b.Ujian Tengah Semester: 35 % c.Ujian Akhir Semester: 35 % Total: 100%

10 Pokok/Sub Pokok Bahasan Pendahuluan Mengenal matrik dan Jenis Matriks Berdasarkan Susunan Elemennya Operasi Dengan Matriks Perkalian Vektor Baris Dengan Matriks Perhitungan Determinan Dengan Operasi Baris Elementer Persamaan Linier Simultan 1.Penyelesaian Persamaan Linier Simultan dengan Metoda Cramer 2.Penyelesaian Persamaan Linier Simultan dengan Eliminasi Gauss UJIAN TENGAH SEMESTER Persamaan Linier Simultan 1.Penyelesaian Persamaan Linier Simultan dengan Gauss-Jordan 2.Penyelesaian Persamaan Linier Simultan dengan Cara Dekomposisi Penyelesaian Persamaan Linier Simultan dengan Metoda Gauss- Seidel Matriks Tridiagonal dan Algoritma Thomas Matriks Inversi Nilai Karakteristik (Harga Eigen) dan Vektor Karakteristik (Vektor Eigen) UJIAN AKHIR SEMESTER Evaluasi perkuliahan dan rekomendasi

11 SEMOGA KITA BISA MENEMPUH MATAKULIAH INI DENGAN BAIK. AMIN


Download ppt "Matrik dan Ruang Vektor Jurusan/Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : III Tahun : 2012/ 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google